Loading...
 

Kontol Kambing Khas Malang, Uenake Pol Rek!

Saat mendengar nama kota Malang, apa yang Anda pikirkan? Ya, sebagian besar dari Anda akan menyebut jika salah satu kota di Jawa Timur ini kaya akan tempat wisata beragam, kuliner yang gurih hingga pedas, juga buah apel yang segar alami. Namun, pernahkah Anda berpikir jika Malang juga memiliki kuliner yang namanya kelewat nyeleneh?

Bagaimana tidak nama kuliner ini adalah 'Kontol Kambing'. Meski namanya menggelitik telinga, dalam bahasa khas Jawa Timur makanan ini  uenake pol rek! (alias enak banget, dalam bahasa Indonesia). Apa sebenarnya yang membuatnya kue ini istimewa? Temukan jawabannya dalam uraian berikut, dan jangan beranjak sebelum penghujung paragraf! 

Kontol Kambing... Anda tak perlu langsung berpikir jika makanan ini berkaitan dengan alat kelamin kambing jantan. Pasalnya, antara nama dan kenyataan ‘sangat tak sesuai’. Kontol Kambing sama sekali tak berkaitan dengan ‘anunya si embek’. Bahannya pun sama sekali tak mengandung unsur kambing.

Viral dengan namanya yang bikin mengernyitkan dahi, Kontol Kambing tak lain hanyalah kue yang terbuat dari kacang hijau atau kacang tolo. Kacang tolo atau yang lebih dikenal dengan nama kacang tunggak adalah hasil panen berupa biji dari tanaman sejenis kacang panjang. Setelah dipisahkan dari kulitnya kacang tolo tersebut kemudiandihaluskan dan diberi gula.

Proses selanjutnya adalah membalutnya dengan adonan tepung. Selanjutnya, digoreng sampai kering. Sebenarnya proses tersebut tak jauh berbeda dengan membuat gorengan pada umumnya. 

Di beberapa daerah di Jawa Tengah, makanan ini mirip dengan onde-onde basah. Bedanya, onde-onde basah menggunakan tepung ketan untuk membuat kulitnya kemudian ditaburi wijen.

Lalu, bagaimana dengan bentuk dari kuliner Kontol Kambing ini? Sepintas tidak ada yang aneh, namun, jika diperhatikan lebih seksama, kue Kontol Kambing memang memiliki bentuk mirip bola-bola kembar dua. Oleh karena bentuknya yang demikian itulah, kue ini disebut Kontol Kambing. 

Jika melihat bahan-bahannya, relatip mudah didapatkan bukan? Jadi, Anda juga membuatnya langsung di rumah jika penasaran. Mengutip web ngalam.co, beberapa bahan yang harus disiapkan adalah: kacang tolo, gula merah, tepung terigu, tepung maizena, vanili, daun pandan, gula pasir serta garam secukupnya. Bahan yang tak boleh ketinggalan, tentunya adalah minyak untuk menggoreng.

Untuk cara memasaknya, rebus kacang tolo hingga merekah, tambahkan pula daun pandan agar aroma harum. Angkat setelah matang. Dalam kondisi masih panas, campurkan rebusan kacang tolo dengan rebusan gula merah, vanili, garam dan juga tepung maizena. Aduk-aduk hingga menjadi adonan halus,  beri tambahan gula pasir untuk menambah rasa manis sesuai selera. 

Selanjutnya, ambil adonan dengan ukuran tertentu, kemudian cetak atau bentuk menjadi bulat sambil dipipihkan sedikit. Rekatkan setiap 2 "bola" menjadi satu, hingga berbentuk seperti buah pelir kambing. Lalu celupkan kedalam adonan kental dari tepung terigu yang dicampur air dan ditambahkan sedikit garam. Maka Kontol Kambing siap digoreng, setelah matang langsung disajikan panas-panas sebgai 'teman' menikmati kopi atau teh.

Nah, demikian ulasan tentang kue khas Malang bernama Kontol Kambing. Jangan lupa untuk mencicipinya saat ke Malang suatu hari nanti. 

Gilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per UnitGilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per Unit
Merek Vipoo, bahan pembuatnya merupakan perpaduan alumunium dan Stainless Steel. Ringan namun kuat dan anti Karat. Untuk menggiling atau menghaluskan: daging, kacang, Ikan, Sayur pasta dan bumbu. Baca selengkapnya...