Loading...
 

Resep Sambal Pedas Asam Thailand Untuk Menikmati Seafood

Sambal sudah menjadi salah satu kuliner atau makanan pendamping yang wajib bagi bangsa Indonesia bahkan sebagian besar masyarakat baru akan selera makan jika makanan itu pedas atau memiliki sambal. Apapun makanannya, sambal itu sudah wajib mulai dari nasi, daging, sayur hingga seafood. Jika Anda suka sambal, cobalah resep sambal pedas asam Thailand yang cita rasanya jauh berbeda dengan sambal yang ada di Indonesia namun cocok untuk makan seafood.

 

 

3 Resep Sambal Pedas Asam Thailand yang Akan Menggugah Selera Anda

Jika Anda memikirkan Thailand, maka cita rasa masakan mereka kebanyakan adalah asam dan pedas. Kebanyakan sambal di Indonesia lebih kuat rasa manisnya karena sesuai dengan lidah orang Indonesia yang lebih cenderung ke manis. Namun ada kalanya sambal yang rasa manisnya sedikit itu lebih segar apalagi jika dipadukan dengan seafood yang mengandung banyak lemak dan terkadang jika makan terlalu banyak, rasanya akan “eneg” sehingga sambal yang asam dan pedas akan enak.

Tidak perlu ke Thailand untuk merasakan sambal mereka bahkan tidak lagi harus selalu membeli sambal Bangkok yang cenderung lebih mengarah ke manis untuk mengonsumsi makanan. Ada beberapa resep sambal pedas asam Thailand yang bisa Anda coba dan semuanya cocok untuk dipadupadankan dengan seafood antara lain:

 

1. Nam Pla Phrik

Siapkan kecap ikan sebanyak satu hingga dua sendok makan. Kemudian siapkan pula air perasan jeruk nipis 2 hingga 4 sendok makan. Selanjutnya, Anda bisa menyiapkan cabe rawit merah sebanyak 1 hingga 10 buah terserah Anda karena tingkat toleransi seseorang akan pedas berbeda-beda. Campurkan kecap ikan dan air perasan jeruk nipis ke dalam wadah kecil. Iris halus cabai merah rawit itu dan masukkan ke dalam campuran saus tadi. Aduk rata dan jadikan cocolan untuk makan seafood. Namun Anda bisa merasakannya lebih dulu untuk tahu seberapa asam yang Anda inginkan karena setiap orang cita rasanya tak sama.

 

2. Nam Jim Jaew

Siapkan perasan air asam jawa sebanyak 1 hingga 11/2 sendok makan. Campurkan dengan kecap ikan untuk rasa asinnya sebanyak 2 sendok makan. Kemudian tambahkan pula cabe rawit sesuai dengan keinginan Anda bahkan bisa juga dengan cabai kering atai Chili Flakes sebanyak 1 sendok makan minimum atau lebih. Tambahkan sedikit beras panggang sebanyak ¼ sendok teh untuk memberikan tekstur. Masukkan pula gula palem atau gula aren sebanyak ¼ sendok teh saja. Kemudian Anda bisa memasukkan irisan daun bawang sebanyak ½ hingga 1 sendok teh. Aduk semuanya hingga rata dan jika kurang kental, maka Anda bisa memasukkan lebih banyak lagi beras panggang.

 

3. Nam Jim Seafood

Untuk membuat sambal atau cocolan ini, maka Anda harus menyiapkan 1 sendok makan kecap ikan. Kemudian siapkan pula 1 sendok makan perasan jeruk nipis. Cincang halus bawang putih sebanyak 1 sendok teh saja. Kemudian masukkan cilantro atau daun ketumbar yang telah dicincang halus sebanyak 2 sendok teh. Masukkan pula sejumput gula untuk penyeimbang. Terakhir, tambahkan cabe rawit sesuai dengan selera Anda dan cincang halus cabainya. Aduk merata seluruh bahan tersebut dan cicipilah untuk tahu apa yang ingin Anda tambahkan. Jika ingin lebih asin, maka tambahkan kecap ikan. Jika ingin pedas, tambahkan cabainya.

 

Semua itu merupakan beberapa resep sambal pedas asam Thailand yang sesungguhnya tidak hanya cocok untuk dikonsumsi dengan seafood melainkan beberapa hidangan yang lain seperti sate, ayam goreng, ayam bakar hingga steak sehingga menambahkan kesegaran di dalamnya dan juga menghilangkan bau anyir pada makanan.

Gilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per UnitGilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per Unit
Merek Vipoo, bahan pembuatnya merupakan perpaduan alumunium dan Stainless Steel. Ringan namun kuat dan anti Karat. Untuk menggiling atau menghaluskan: daging, kacang, Ikan, Sayur pasta dan bumbu. Baca selengkapnya...