Loading...
 

Sambal Goang Sudah Enak Walau Dimakan Pakai Nasi Doang

Sambal Goang adalah salah satu jenis sambal yang sangat populer di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat. Sambal ini biasa menjadi pasangan untuk menikmati  pepes ikan, nasi tutug oncom, juga ayam hingga ikan goreng. Bahan-bahan untuk membuat sambal goang juga sederhana yaitu cabai rawit, bawang putih, garam dan kencur.  Cara membuatnya sangat mudah dan cepat.

Pertama-tama goreng cabai dengan minyak panas beberapa menit saja. Selanjutnya cabai tersebut dihaluskan (diuleg) beserta bahan lain, siram dengan sedikit minyak panas yang tadi digunakan untuk menggoreng cabai. Diamkan beberapa saat agar aroma sedap merebak dan cabai agak layu.

Dilihat dari bahan dasar yang digunakan, Sambal Goang mirip dengan Sambal Cibiuk. Namun bahan isi dari sambal Cibiuk lebih lengkap karena diberi kencur, tomat hijau yang dipotong berukuran kecil, terasi, daun kemangi, dan jeruk nipis. 

Mengenai sejarah Sambal Goang sendiri tidak ada satupun ahli kuliner yang bisa menjelaskannya. Uniknya,  Sambal Goang memiliki nama yang berbeda beda meski masih berada di daerah Jawa Barat. Untuk orang sunda prahyangan seperti misalnya Bandung, Tasik, Garut dan berlanjut ke wilayah Pantai Selatan, nama goang ini terdengar akrab di telinga.

Tapi bagi mereka yang berasal dari wilayah Jawa Barat bagian tengah seperti misalnya Purwakarta, Subang dan Karawang, ada yang menyebutnya sebagai sambel atah dan sambel dadak, karena tidak dimasak dan dibuat secara mendadak beberapa saat sebelum dinikmati. Dengan demikian, sesungguhnya tidak ada perbedaan antara Sambal Goang, Sambal Atah dan Sambal Dadak, dengan segala variasinya.

Tidak hanya lezat, Sambal Goang dipercaya bermanfaat bagi kesehatan kulit, berkat kandungan Vitamin C yang sangat tinggi pada bahan-bahannya. Mungkin itu salah satu sebabnya jika wanita Sunda terkenal sebagai pemilik kulit terindah di negeri ini.

 

  • Martabak Encek, Kuliner Bogor Yang Legendaris

    Kedai martabak memang banyak dimana-mana, namun tidak banyak yang bertahan cukup lama. Salah satu contohnya adalah Martabak Encek, yang tergolong kuliner legendaris, karena tetap eksis sejak membuka usahanya pada puluhan tahun yang lalu. Martabak Encek atau yang dikenal juga dengan nama dengan Martabak Bangka ini, sudah ada sejak tahun 1975 dan terus melayani para pembelinya hingga saat ini.

Cara Melanjutkan Bisnis Kuliner Yang Berasal Dari Warisan Keluarga

Warisan berasal dari bahasa Arab Al-miirats, bentuk masdar dari kata waritsa- yaritsu- irtsan-…

Mengolah Daging Sapi Yang Benar Itu Jangan Dicuci Dahulu Jika Tidak Langsung Dimasak

Cara mengolah daging sapi memang sangat beragam, mulai dari pemilihan daging sapi, pembersihan…

Kopdar dan Kongkow Komunitas Otomotif Lebih Nyaman di Kedai Kopi

Sebagai anak komunitas otomotif, pastinya anda pernah berpikiran untuk bisa kongkow-kongkow asik…

Lebih Enak Rambak Kulit Kerbau Atau Kulit Sapi?

Kerupuk kulit atau biasa disebut kerupuk rambak adalah pendamping makan yang terbuat dari limbah…
Enjoying Exotism of the Island of Gods and Eat with the King of Jungle

Bali Adventure – Enjoying Exotism of the Island of Gods and Eat with the “King of Jungle”

Bali Island is very famous for its exotism and natural beauty. It is the place where traditions, cultures, and modernity blend perfectly. The island offers visitors a thrilling adventure and there are many tourist destinations options to visit. Not only that but visiting Bali will provide you opportunities to look closer at the island’s wildlife. You can even eat in a restaurant with a companion of wild animals like a lion. Sounds fantastic? Yep, and Wana Bali Zoo Restaurant will make it…