Loading...
 

Sambal Terong Cabai Rawit, Pedasnya Nggak Nahan Tapi Menyehatkan

Walau tergolong makanan sederhana, Sambal terong merupakan salah satu menu yang sangat populer, tidak hanya di Jawa Barat saja bahkan di seluruh wilayah Indonesia. Ada beberapa alasan seperti citarasanya yang begitu fantastis, biaya pembuatan yang sangat terjangkau, serta kandungan nutrisinya yang cukup lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan serat, vitamin B6 dan Vitamin C, kalium serta fituonutrien yang terdapat didalamnya mampu memaksimalkan fungsi jantung dan menjaganya tetap sehat. Berikut kandungan flavonoid, untuk mencegah serangan jantung, menurunkan tekanan darah. Manfaat lainnya adalah menurunkan kadar kolesterol.

Dari hasil penelitian di Amerika Serikat, para ahli  menyatakan bahwa terong juga sangat kaya dengan kandungan asam klorogenat. Senyawa tersebut terbukti mampu menurun berat badan secara signifikan. Tidak hanya itu, klorogenat dapat melawan kolesterol jahat. Rajin mengkonsumsi terong juga terbukti meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan nasunin pada terong sangatlah melimpah. Zat antioksidan satu ini berfungsi untuk menjaga kinerja otak dan menjaganya agar tetap sehat. Kulit terong juga memiliki kandungan antosianin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan membran sel otak, terhindar dari peradangan saraf saraf di otak, dan gangguan kognitif otak pada saat Anda umur anda bertambah. Daya ingat Anda akan semakin kuat dengan konsumsi kulit terong secara rutin.

Manfaat besar lain yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi terong ini adalah mengurangi resiko terkena kanker. Tidak banyak yang tahu kalau terong juga memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Zat satu ini memiliki fungsi sebagai antioksidan yang akan menghindarkan Anda dari resiko terkena kanker dan menghambat penyebarannya.

Jika sudah tau manfaatnya, mengapa hari ini tidak memasak terong? Salah satu olahan terong  yang akan membuat ketagihan adalah Sambal Terong Cabai Rawit. Ini resepnya: 

 

Bahan:

  • 2 buah terong ungu (iris sesuai selera)
  • Minyak goreng (secukupnya)

 

 

Bumbu (Haluskan):

  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 15 buah cabai rawit
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • 1 buah tomat (pilih yang ukuran kecil)
  • Kaldu ayam bubuk (jika suka)

 

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu hingga harum.
  2. Masukkan terong, aduk-aduk hingga rata. 
  3. Terus diaduk agar terong tak berwarna hitam dan keras. 
  4. Tambahkan sedikit air panas agar terong empuk dan matang sempurna. 
  5. Angkat dan sajikan.

 

Nikmati kelezatannya dengan nasi putih hangat, kerupuk udang dan ikan goreng. Sangat mudah dibuat bukan? 

Gilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per UnitGilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per Unit
Merek Vipoo, bahan pembuatnya merupakan perpaduan alumunium dan Stainless Steel. Ringan namun kuat dan anti Karat. Untuk menggiling atau menghaluskan: daging, kacang, Ikan, Sayur pasta dan bumbu. Baca selengkapnya...