Loading...
 

Sambal Terong Cabai Rawit, Pedasnya Nggak Nahan Tapi Menyehatkan

Walau tergolong makanan sederhana, Sambal terong merupakan salah satu menu yang sangat populer, tidak hanya di Jawa Barat saja bahkan di seluruh wilayah Indonesia. Ada beberapa alasan seperti citarasanya yang begitu fantastis, biaya pembuatan yang sangat terjangkau, serta kandungan nutrisinya yang cukup lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan serat, vitamin B6 dan Vitamin C, kalium serta fituonutrien yang terdapat didalamnya mampu memaksimalkan fungsi jantung dan menjaganya tetap sehat. Berikut kandungan flavonoid, untuk mencegah serangan jantung, menurunkan tekanan darah. Manfaat lainnya adalah menurunkan kadar kolesterol.

Dari hasil penelitian di Amerika Serikat, para ahli  menyatakan bahwa terong juga sangat kaya dengan kandungan asam klorogenat. Senyawa tersebut terbukti mampu menurun berat badan secara signifikan. Tidak hanya itu, klorogenat dapat melawan kolesterol jahat. Rajin mengkonsumsi terong juga terbukti meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan nasunin pada terong sangatlah melimpah. Zat antioksidan satu ini berfungsi untuk menjaga kinerja otak dan menjaganya agar tetap sehat. Kulit terong juga memiliki kandungan antosianin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan membran sel otak, terhindar dari peradangan saraf saraf di otak, dan gangguan kognitif otak pada saat Anda umur anda bertambah. Daya ingat Anda akan semakin kuat dengan konsumsi kulit terong secara rutin.

Manfaat besar lain yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi terong ini adalah mengurangi resiko terkena kanker. Tidak banyak yang tahu kalau terong juga memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Zat satu ini memiliki fungsi sebagai antioksidan yang akan menghindarkan Anda dari resiko terkena kanker dan menghambat penyebarannya.

Jika sudah tau manfaatnya, mengapa hari ini tidak memasak terong? Salah satu olahan terong  yang akan membuat ketagihan adalah Sambal Terong Cabai Rawit. Ini resepnya: 

 

Bahan:

  • 2 buah terong ungu (iris sesuai selera)
  • Minyak goreng (secukupnya)

 

 

Bumbu (Haluskan):

  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 15 buah cabai rawit
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • 1 buah tomat (pilih yang ukuran kecil)
  • Kaldu ayam bubuk (jika suka)

 

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu hingga harum.
  2. Masukkan terong, aduk-aduk hingga rata. 
  3. Terus diaduk agar terong tak berwarna hitam dan keras. 
  4. Tambahkan sedikit air panas agar terong empuk dan matang sempurna. 
  5. Angkat dan sajikan.

 

Nikmati kelezatannya dengan nasi putih hangat, kerupuk udang dan ikan goreng. Sangat mudah dibuat bukan? 

  • Tips Menjaga Dapur Agar Tetap Bersih Saat Lebaran

    Tips Menjaga Dapur Agar Tetap Bersih Saat Lebaran

    Lebaran menjadi moment yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Muslim di berbagai belahan dunia, tak terkecuali dari Indonesia. Pada perayaan Idul Fitri, di Tanah Air identik dengan berkumpul bersama keluarga dan maka bersama. Bak pesta yang meriah, saat Idul Fitri tiba berbagai hidangan tersuguh di atas meja, baik yang berupa makanan ringan maupun berat.
 

IAC Indonesia Automotive Community Aplikasi Android Terbaik untuk Pecinta Otomotif Dan Komunitasnya

Aplikasi Android khusus untuk Pecinta Otomotif Dan Komunitasnya, yang berisi  info terbaru tentang jadwal event, touring, pameran, kopdar, forum diskusi dan penawaran merchandise dari berbagai komunitas baik mobil ataupun motor. 

Baca selengkapnya...

 

  • Enjoy a Unique Holiday Experience in 4 Cities in Indonesia with the Best Culinary Tourism

    Enjoy a Unique Holiday Experience in 4 Cities in Indonesia with the Best Culinary Tourism

    Visiting a tourist destination for a holiday will not be complete without enjoying traditional local foods. Indonesia with its sheer natural beauty is not only popular with tourist attractions but also unique and tasty traditional cuisine. Interestingly, each place has its own traditional foods that different from one to another. This page has chosen the top 4 cities in Indonesia with the best culinary tourism. What are they? Check this out!
wisata kulinerMITOS YANG SERING MENGGAGALKAN RENCANA TRAVELLING 
Wisata kuliner adalah salah satu kegiatan traveling yang mengasyikan, namun adakalanya anda batal melakukannya karena mitos yang dipercaya oleh keluarga.  Apa saja mitos tersebut? Baca selengkapnya...