Loading...
 

Ternyata Hanya Ada 2 Jenis Sambal Yang Populer di Indonesia!

Setiap daerah di Indonesia memiliki aneka ragam makanan yang menggunakan cabai segar dan sambal. Sedemikian popularnya sambal, beberapa rumah makan bahkan menjadikan sambal sebagai salah satu menu, bukan sekedar pelengkap. Menurut pakar kuliner, sambal yang populer di Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa 2 jenis saja yaitu:

 

1. SAMBAL MENTAH

Sebagai contohnya adalah Sambal Goang atau dikenal sebagai sambal Goang. Jenis sambal sederhana ini sangat akrab dikalangan masyarakat Jawa Barat karena menjadi 'teman' untuk menemani makan sehari-hari. Cara mengolahnya sangat mudah dan praktis. Biasa dibuat sesaat sebelum makan oleh sebab itu bisa disebut juga sambal dadak, karena dibuat menggunakan bahan-bahan segar secara mendadak dan tanpa perlu dimasak.

Sambal ini tidak seperti jenis sambal pada umumnya karena tidak memakai bawang sama sekali, baik bawang merah maupun bawang putih. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal ini hanya cabai rawit, cabai merah keriting, terasi, tomat, garam, dan juga gula merah. Jika ingin lebih segar lagi, maka sambal ini bisa diberi sedikit air perasan jeruk limau. Rasa sambal ini memang tiada duanya, rasa pedas dan segar akan menambah nafsu makan anda tentunya.

Di warung atau rumah makan yang menawarkan masakan tradisional, sambal jenis ini hampir selalu tersedia. Di daerah Garut Jawa Barat, selain Sambal Goang, ada juga sambal segar yang sangat populer yaitu Sambal Cibiuk. Bahan dasarnya terdiri dari kemangi, tomat hijau, kencur, terasi bakar, dan juga tidak lupa cabai rawit yang hijau.

Karena namanya sambal mentah, maka sambal ini juga tidak memerlukan proses untuk memasaknya. Anda hanya perlu untuk mempersiapkan ulekan dan cobek kemudian diulek hingga alus dan beri irisan tomat tumbuk kasar serta yang terakhir ditambahkan kemangi.  Sambal ini akan terasa sangat enak jika dimakan dengan nasi yang hangat serta didampingi dengan lauk seperti ikan goreng, ayam goreng, ikan asin, dan bahkan kerupuk.

 

 

2. SAMBAL YANG DIMASAK

Sebagai contoh adalah sambal oncom yang difavoritkan oleh sebagian besar masyarakat Jawa Barat. Fungsinya selain sebagai makanan pelengkap, juga umum dijadikan lauk pauk.  Bahan utama dari sambal ini memang oncom khas Jawa Barat, kemudian diberi sejumlah bumbu seperti cabai rawit, bawang merah, bawang putih, lengkuas dan juga kencur.

Setelah itu semua bumbu tersebut dihaluskan kemudian ditumis hingga matang dan oncom yang sebelumnya sudah dihancurkan dicampurkan kedalamnya. Setelah hampir matang, ditambahkan leunca untuk memberikan tekstur yang renyah. Bisa menambahkan irisan cabe rawit jika ingin menjadikannya lebih pedas.

 

Diera milenial ini, para penggemar sambal tak lagi mau repot untuk membuatnya sendiri. Ada cara lebih praktis untuk menikmati sambal yang itu dengan cara membeli sambal dalam kemasan yang dikenal sebagai sambal botol. Pengolah sambal botol ini mulai dari industri rumahan hingga pabrik besar. Biasa ditawarkan dalam berbagai citarasa, misalnya saja sambal bangkok, sambal lampung, sambal extra pedas dan lain sebagainya. 

Gilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per UnitGilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per Unit
Merek Vipoo, bahan pembuatnya merupakan perpaduan alumunium dan Stainless Steel. Ringan namun kuat dan anti Karat. Untuk menggiling atau menghaluskan: daging, kacang, Ikan, Sayur pasta dan bumbu. Baca selengkapnya...