Loading...
 

Tidak Ada Di Daerah Lain, Makanan Enak Khas Bone Ini Patut Dicoba Untuk Buka Puasa Ramadhan

Di Tanah Arung Palaka ini terdapat beberapa makanan enak yang bisa disajikan saat bulan puasa Ramadhan hingga Idul Fitri tiba, diantaranya adalah Nasu Likku, Lawa dan Katri Sala. Ketiganya memiliki rasa yang begitu khas, sehingga hidangan Lebaran khas daerah yang mayoritas penduduknya adalah Suku Bugis ini patut Anda coba. Idul Fitri atau di Indonesia lebih populer disebut dengan Lebaran adalah moment yang membahagiakan bagi umat Muslim.

Dimaknai sebagai hari kemenangan, Lebaran adalah waktu istimewa setelah umat Muslim berjuang melawan hawa nafsu dan godaan selama 30 hari dalam rangkaian Puasa Ramadhan. Hari spesial ini biasanya diwarnai dengan acara mudik atau berkunjung ke sanak saudara dan rekan serta orang-orang yang lebih tua. Suasana berkumpul bersama keluarga dan sahabat pun menjadi semakin hangat kala makanan enak dan spesial dihadirkan dalam acara santap bersama.

Tak jarang, menu-menu spesial yang tak ada di hari-hari biasa, sengaja diolah dan disuguhkan pada momen istimewa itu. Setiap daerah maupun keluarga memiliki tradisi makanan Lebaran yang berbeda-beda, termasuk di Bone, Sulawesi Selatan. Berikut ini tiga makanan khasnya.

 

1. Nasu Likku

Nasu Likku adalah makanan enak dari olahan ayam kampung yang dibumbui dengan aneka rempah. Beberapa jenis rempah yang diracik untuk membumbui ayam antara laun ketumbar, merica dan juga lengkuas.

Nasu Likku dibuat dengan proses yang cukup panjang. Usai rempah dan ayam dicampurkan, pengolahan dilakukan di dalam panci selama berjam-jam. Tujuannya adalah agar kandungan air pada ayam mongering dan bumbunya pun meresap. Wal hasil, selain empuk, ayamnya pun sangat terasa bumbunya. Begitu juga dengan aromanya yang begitu menggugah selera.

Cita rasa rempahnya yang kaya, membuat orang yang pernah menyantap makanan enak ini  tak akan bisa lupa. Tak heran, jika para perantau pun saat mudik ke daerah asalnya selalu ingin mencicipi hidangan satu ini.

 

2. Lawa

Selain Nasu Likku, terdapat pula jenis makanan enak lain khas Bone yang tak kalah menarik untuk diicip. Namanya adalah Lawa. Makanan ini sangat digemari oleh masyarakat Bone di kawasan pesisir, seperti di Desa Panyulla, Palette, Bajoe, dan Tanete Riattang. Lawa berbahan utama ikan segar yang masih mentah. Untuk membuat makanan ini cukup mudah. Ikan segar dicuci terlebih dahulu hingga bersih. Tentu saja, bagian kepala dan isi perut serta tulangnya juga turut dibersihkan. Selanjutnya, daging tersebut dicampur dengan cuka agar matang.

Sekilas melihat cara pembuatan ini, mengingatkan dengan makanan Jepang, yaitu Sushi. Bagi Anda yang tak terbiasa makan ikan mentah, mungkin akan sedikit geli. Namun, bagi para penikmatnya, Lawa adalah makanan yang sangat enak dan menggugah selera. Selain itu, kandungan gizinya juga tinggi. Apalagi terdapat kepercayaan bahwa mengkonsumsi makanan ini bisa mendongkrak vitalitas pria.

 

3. Katrisala

Dari makanan enak yang sifatnya lebih berupa lauk atau tepatnya untuk makanan besar, mari sejenak mengintip kuliner Bone yang berupa camilan. Salah satunya adalah kue Katrisala. Bahan dasar kue ini adalah beras ketan hitam, gula merah serta telur. Tampilannya begitu unik dengan lapisan berwarna hitam dari beras ketan di bagian bawah dan lapisan atas yang berisi campuran gula merah dan telur.

Kue ini memiliki rasa manis dan bertekstur cukup lembut. Tak mengherankan jika makanan ini acap kali digunakan untuk ‘teman’ minum teh atau kopi. Saat bulan puasa Ramadhan, makanan satu ini bisa menjadi alternatif takjil. Sementara saat Lebaran, Katrisala acap kali hadir sebagai hidangan untuk menyuguh para tamu yang bersilaturahmi ke rumah.

Nah, demikian beberapa makanan enak khas Bone yang bisa untuk dicoba sebagai hidangan khas Lebaran. Bagaimana, kira-kira Anda tertarik mencicipi yang mana?

Hashtag

 

-------------------------------------------

JUAL CEMILAN KHAS "SUPER PANAS"

Baru digoreng sesaat sebelum dikirim. GRATIS ONGKIR, untuk wilayah dalam kota Bogor.

Lumpia Asli Semarang: Rp4.500/pcs 
Tahu Baso Daging Sapi  Rp2.500/pcs 
Rajungan Goreng  Rp6.000/pcs
Baby Crab Rp16.000/100gram
Baby Squid Rp20.000/100gram
Baby Lobster Rp20.000/100gram

 

Toko ARANDVI, Jalan Janaka 2, Nomer 13, Tegalgundil, Bogor. Telpon: 081321122227

-------------------------------------------

Inilah Sejarah Makanan Jaman Dulu Yang Disebut Wedang Tahu

Wedang tahu adalah makanan jaman dulu dengan cita rasa manis, beraroma jahe dan berisi kembang tahu yang dibuat dari sari kedelai. Berdasarkan tulisan dari Dosen sejarah Universitas Sanata Dharma, Heri Priyatmoko, berjudul Silang Sejarah dan Budaya yang diterbitkan di Koran Jakarta tahun 2015, wedang tahu adalah kuliner khas Semarang walaupun bukan asli dari Semarang. Baca Selengkapnya...

Green Tea Ovamaltine By Raincake Bogor Layak Diberi Acungan Jempol

Cheese cake adalah jenis kue yang dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa keju. Cheese cake awalnya sangat populer di negara Jepang. Seiring perkembangan zaman jenis kue ini mulai merambah luas dan dinikmati oleh banyak orang di berbagai negara dan kota, termasuk Bogor. Salah satu jenis cheese cake yang paling dicari adalah Green Tea Ovamaltine, yang dibuat oleh Raincake Bogor. Baca Selengkapnya...

Apa Sebenarnya Manfaat Minuman Fruit Tea Hingga Viral Di Media Sosial?

Fruit Tea adalah merek minuman teh rasa buah pertama di Indonesia yang diproduksi oleh PT. Sinar Sosro, pada tahun 1997. Bahan bakunya berasal dari daun teh pilihan yang diambil dari dari perkebunan milik sendiri demi menjaga kualitas teh yang bermutu, serta diberi tambahan ekstrak buah-buahan agar memiliki banyak manfaat. Minuman Fruit Tea tersedia dengan berbagai varian rasa yang menyegarkan. Baca Selengkapnya...

Camilan Untuk Penderita Diabetes, Yang Direkomendasikan Oleh Dokter

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa yang menumpuk dalam jumlah besar di dalam darah, jika tidak diserap oleh sel tubuh dapat menimbulkan berbagai gangguan organ serta komplikasi yang membahayakan nyawa. Baca Selengkapnya...

BBQ Night Bernuansa Eropa Ada Di Devoyage Bogor

Barbeque atau biasa disingkat dengan BBQ, adalah sebuah metode atau proses untuk memasak daging, dengan menggunakan panas yang berasal dari panggangan gas, asap kayu, arang atau panggangan gas propana. Kegiatan menyantap barbeque kini menjadi momen yang pas untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Jika ingin mengadakan BBQ Night dengan suasana berbeda, silahkan datang ke Devoyage Bogor. Baca Selengkapnya...

ARANDVI Food & Flora - Menjual Aneka Cemilan Khas Jawa Di Kota Bogor

ARANDVI adalah nama sebuah outlet di Kota Bogor, yang menjual produk seputar kuliner dan tanaman hias. Khusus untuk produk makanan, yang ditawarkan adalah kuliner khas Kota Semarang. Bukan sembarang kuliner, beberapa diantaranya adalah ikon Ibukota Jawa Tengah tersebut. Baca selengkapnya...