"AYAM GEPREK" Sambal Matah Warung Solar

Solusi Buat Lupain Mantan

Satu tahun belakangan, hidangan ayam geprek mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia. Ayam geprek pertama kali dibuat di Yogyakarta pada 2003. Pemilik warung makan di Jalan Wulung Lor, Papringan, yakni Ruminah yang pertama kali membuat ayam geprek secara tidak sengaja. Berawal ketika ada mahasiswa asal Kudus yang meminta Ruminah untuk menaruh sambal di atas ayam goreng tepungnya, dan akhirnya menjadi kegemaran para pelajar disekitar warungnya.

Dari penjelasan Ruminah, ayam geprek merujuk pada hidangan berupa ayam goreng tepung garing yang diulek bersamaan dengan sambal. Pertama kali olahan ini disebut sebagai ayam gejrot, kemudian ayam ulek. Pada akhirnya Ruminah menamai masakannya sebagai ayam geprek. Ayam geprek bisa digolongkan  hidangan cepat saji dengan cita rasa Indonesia, walaupun resep ayam goreng tepung sendiri berasal dari Amerika Serikat.

Pembedanya adalah penambahan sambal khas Nusantara. Semua sambal Nusantara mulai dari sambal bawang, sambal cabai hijau, sambal matah, sambal korek, dan sambal terasi, terbilang cocok untuk menikmati hidangan ini. Keunikan lain dibanding dengan ayam goreng tepung yang biasa adalah cara penyajiannya, yaitu daging ayam geprek diulek sampai lepas dari tulangnya dan bercampur rata dengan sambel.

Pada 2017, selebriti Ruben Onsu merintis bisnis ayam geprek di Jakarta. Sejak saat itu warung ayam geprek bertebaran di Tanah Air. Salah satu olahan ayam geprek yang layak dicoba adalah Crispy Geprek dengan berbagai macam sambel:

  • Crispy Geprek Sambel Ijo
  • Crispy Geprek Sambel Jablay
  • Crispy Geprek Sambel Matah

Dan gak cuma crispy geprek aja loh ... Masih banyak menu yg lainnya.

Instagram : @warungsolar_

Whatsapp : 083813415971

Jl. Ceremai Ujung Bantarjati Kaum, Bogor


Item terkait

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

  • Peuyeum, Fermented Delicacies for West Java Peuyeum, Fermented Delicacies for West Java
    Peuyeum, Fermented Cassava from West Java - Indonesia has several delicious fermented foods, one of which is peuyeum. It is fermented cassava usually eaten as snacks. Although it is a traditional West Javanese snack, similar food also is known in other parts of Java but it is called Tape.
    Read more...

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini