"BAKSO GULUNG" Bragi

"Daging sapi yang diolah dengan cara digulung bersama kulit tahu untuk menciptakan tektsur yang berbeda."

Bakso merupakan makanan favorit sejuta umat yang bisa kita temukan di berbagai tempat di seluruh Indonesia. Tiap daerah boleh saja memiliki kuliner tradisional yang menjadi ciri khas. Namun tampaknya kita tetap bisa menemukan bakso di mana pun kita menjejakkan kaki, tidak terkecuali di Bogor. Di kota yang identik dengan julukan kota hujan ini, Anda bisa mencicipi menu bakso yang lain daripada yang lain, Bakso Gulung Bragi namanya.

Bakso Gulung yang Dijamin Membuat Anda Ketagihan

Ini tidak hanya bualan belaka, hampir setiap orang yang pernah menjajal Bakso Gulung Bragi memang mengakui kenikmatan rasanya dan tidak ragu untuk mencoba lagi atau bahkan menjadi pelanggan setia kuliner Bogor ini. Lantas, apa sih yang membuat menu ini begitu diminati?

Ternyata kunci kelezatan makanan ini terletak pada tekstur dan rasa bakso gulung itu sendiri. Jika biasanya bakso hanya terbuat dari daging yang dibentuk menjadi bulat lalu direbus, bakso gulung dibuat dengan cara yang sedikit berbeda.

Sesuai namanya, bakso dibuat dari daging sapi yang digulung bersama kulit tahu dengan bentuk yang lonjong. Kemudian, bakso yang telah digulung tersebut direbus layaknya bakso biasa. Bila langkah pembuatan bakso biasa hanya berhenti sampai tahap perebusan, bakso gulung di sini masih harus melewati tahap terakhir, yaitu penggorengan.

Proses inilah yang membuat rasa bakso gulung menjadi lezat. Saat digigit, Anda bisa merasakan tekstur bakso yang renyah di bagian luar namun daging sapi di bagian dalam masih terasa kenyal. Rasanya juga menjadi lebih gurih karena digoreng. Ada banyak pilihan bakso gulung yang tersedia, yaitu bakso gulung urat, otak-otak, telur, dan daging.

Selain bakso gulung, Anda bisa memilih bakso urat, bakso halus, dan bakso daging untuk melengkapi santapan Anda. Banyak pembeli yang memesan bakso gulung bersama bakso daging, karena rasanya yang juga unik. Anda bisa merasakan keberadaan daging yang dicincang kasar di bagian tengah bakso, sehingga sensasi di mulut berbeda daripada menyantap bakso biasa.

Bakso Gulung Bragi disajikan seperti menu bakso pada umumnya. Pelayan akan menata bakso, mi kuning, bihun, dan sayuran di dalam satu mangkuk. Setelah itu, bakso kemudian disiram dengan kuah gurih yang masih hangat. Terakhir, daun seledri dan bawang goreng ditaburkan di atas seporsi bakso.

Harga satu porsi bakso tergantung dari jumlah bakso yang Anda pesan. Untuk harga bakso gulung per biji, Anda cukup membayar Rp11.000,00 hingga Rp16.000,00. Sedangkan untuk bakso urat dan bakso daging dihargai Rp11.000,00 per biji. Anda juga bisa memesan menu komplet yang terdiri dari bakso gulung, bakso urat, dan bakso daging dengan harga Rp22.000,00.

 


Lokasi dan Jam Buka

Untuk bisa mencicipi Bakso Gulung Bragi, datang saja ke kedainya yang berada di Jalan Palayu Raya nomor 37. Kedai ini buka setiap hari mulai pukul 09.30 hingga 21.30, kecuali pada hari Jumat kedai baru dibuka pada pukul 12.30.

Meskipun kedai bakso ini tidak terlalu luas dan sederhana, banyak pembeli rela mengantre untuk mencoba langsung kelezatan bakso gulung di sini. Menurut si pemilik, kedai yang telah beroperasi selama 5 tahun ini sangat ramai, terutama pada saat jam makan serta pada hari Sabtu dan Minggu.

Kenikmatan Bakso Gulung Bragi tidak hanya diketahui oleh masyarakat biasa. Konon, artis tersohor seperti Syahrini pun gemar jajan bakso di sini. Itu sebabnya foto Syahrini dengan membawa semangkuk bakso Bragi pernah dipajang di spanduk yang ada di depan kedai.

 

Nah, jika artis saja sudah mencicipi makanan enak di Bogor yang satu ini, masa Anda belum? Jangan lupa masukkan Bakso Gulung Bragi di daftar wisata kuliner Bogor Anda berikutnya.

Item terkait

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

  • Peuyeum, Fermented Delicacies for West Java Peuyeum, Fermented Delicacies for West Java
    Peuyeum, Fermented Cassava from West Java - Indonesia has several delicious fermented foods, one of which is peuyeum. It is fermented cassava usually eaten as snacks. Although it is a traditional West Javanese snack, similar food also is known in other parts of Java but it is called Tape.
    Read more...

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini