Bendungan Hilir Surganya Takjil di Kawasan Jakarta Pusat

Ada fenomena yang berbeda setiap tahunnya di wilayah Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jelang bulan Ramadhan, sejumlah pasar kaget akan mulai bermunculan dan memenuhi jalanan di tempat ini untuk menjual berbagai macam makanan. Tak pelak, kegiatan pasar kaget ini membuat kondisi jalanan di sekitarnya menjadi sangat macet jelang berbuka.

Keberadaan surga takjil di Bendungan Hilir atau yang kerap disingkat Benhil oleh kebanyakan orang ini memang sudah sangat terkenal di kalangan warga Jakarta. Sejumlah pedagang akan bernaung di bawah tenda untuk membuka lapak jualan aneka kudapan dan hidangan untuk berbuka. Umumnya para pedagang akan mulai berjualan sejak siang hari hingga menjelang waktu berbuka. Beberapa pedagang bahkan sudah mulai menjajakan jualan mereka sejak siang hari untuk menyasar para pelanggan yang tidak sedang berpuasa.

Tak heran tempat ini begitu dipenuhi berbagai orang. Selain menawarkan banyak menu, harga yang dipatok juga relatif terjangkau jika menilik dari Upah Minimum Provinsi (UMP) yang ada di Jakarta. Tentunya hal ini akan sangat membantu mengingat banyak diantara para pembeli merupakan pegawai kantoran yang tidak bisa menyiapkan sendiri makanan berbuka mereka.

Sejak tahun 2017, lokasi pasar Benhil mulai dipindahkan ke lokasi lahan kosong yang ada di dekatnya untuk mengurangi kemacetan di jalan raya. Lokasinya sendiri kini sangat dekat Pasar Bendungan Hilir. Sayangnya penyediaan lokasi parkir di tempat ini terbilang kurang luas mengingat pada bulan Ramadhan tempat tersebut akan menjadi lautan manusia.

Untuk menuju lokasinya yang baru, para pelanggan yang datang dari Slipi atau Palmerah bisa melewati Jalan Penjernihan II sebelum memasuki Jalan Raya Benhil. Para pegawai kantoran yang berasal Jalan Jenderal Sudirman tak jarang juga kerap berhamburan mendatangi tempat ini.

Meskipun cukup dekat, pada awal-awal pemindahan sejumlah pedagang mengaku mengalami penurunan omzet yang drastis. Akan tetapi, mereka berpikir positif kemungkinan besar hal tersebut disebabkan banyak dari konsumen yang belum mengetahui lokasi baru tersebut. Terbukti pada tahun 2018, para pembeli mulai kembali memadati tempat ini.

Berburu takjil di pasar benhil bisa membuat Anda serasa jelajah kuliner Nusantara dalam sehari. Bagaimana tidak, aneka makanan khas dari berbagai daerah banyak dijual di tempat ini. Beberapa diantaranya adalah menu nasi Padang, bubur kampiun khas Minang, hingga pempek Palembang. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat Jakarta merupakan kota besar dengan banyak pendatang dari berbagai daerah, sehingga banyak penjual di tempat ini yang menjual makanan asli dari daerah mereka.

Aneka gorengan juga sangat laris diburu di tempat ini. Berbagai hidangan seperti sate, ikan bakar, hingga siomay juga bisa dibeli di dalamnya. Tentunya yang sangat tak tertahankan dari orang-orang berpuasa di tempat ini adalah aneka es manis yang banyak dijual di tempat ini.

Tak ketinggalan berbagai jenis kue basah tradisional seperti surabi, putu ayu, apem, gethuk juga bisa ditemui saat menjelajah tempat ini. Apabila menyukai hidangan nasi yang praktis, kudapan seperti lontong dan lemper yang juga bisa dipilih para pengunjung.

Dengan merogoh kocek 25 ribu rupiah saja, Anda bahkan bisa mendapatkan macam-macam makanan, lengkap dengan minumannya. Bulan Ramadhan bisa dibilang membawa keberkahan tersendiri bagi sejumlah pedagang musiman di tempat ini. Meski hanya ada saat sebulan sekali, namun keriuhan suasana dan sambutan dari para konsumen membuat keberadaannya selalu dinanti setiap tahunnya. (AS)

Item terkait

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

  • Peuyeum, Fermented Delicacies for West Java Peuyeum, Fermented Delicacies for West Java
    Peuyeum, Fermented Cassava from West Java - Indonesia has several delicious fermented foods, one of which is peuyeum. It is fermented cassava usually eaten as snacks. Although it is a traditional West Javanese snack, similar food also is known in other parts of Java but it is called Tape.
    Read more...

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini