Khas Jember, Proll Tape Bisa Jadi Alternatif Buka Puasa dan Oleh-oleh Lebaran

Puasa adalah waktu yang spesial, khususnya bagi umat Muslim. Bulan yang penuh dengan keistimewan dimana semua amalan kebaikan dilipatgandakan ini sekaligus menjadi bulan berkah bagi para penjaja makanan.

Pasalnya, pada periode ini makanan-makanan khas ‘unjuk gigi’. Di pasar-pasar takjil di berbagai daerah banyak dijumpai makanan yang enak. Acap kali tampilannya cukup ‘menggoda iman’ sebelum waktu buka puasa.  

Tak lengkap rasanya berbuka puasa tanpa hidangan yang bercita rasa manis. Berbuka dengan kurma, kolak atau manisan serta aneka es barangkali sudah biasa. Nah, agar menu buka puasamu tak membosankan, cobalah kue khas Jember satu ini. Ya, namanya adalah proll tape. Seperti namanya, kue basah satu ini memang berbahan dasar tape singkong.

Tak mengherankan jika cita rasanya berbeda dengan kebanyakan jenis kue bolu yang umumnya manis saja. Kandungan tape pada adonan, membuat kue ini memiliki rasa gurih sekaligus kecut atau sedikit asam. Bagi Anda yang tak terlalu menyukai rasa manis berlebihan, sepertinya proll tape sangat cocok untuk dicoba.

Selain sebagai hidangan alternatif berbuka, proll tape juga cocok dijadikan oleh-oleh saat Lebaran. Sebagai oleh-oleh khas, tidak mengherankan jika penjualan proll tape Jember pun biasanya meledak saat musim Lebaran tiba. Apabila Anda berkunjung ke Jember saat musim Lebaran, jangan heran jika menjumpai banyak orang berjubel mengantre di banyak penjual proll tape untuk membelinya sebagai oleh-oleh.

Barangkali di tempat lain juga banyak didapati proll tape, tetapi khusus yang berasal dari Jember memang memiliki cita rasa berbeda. Barangkali penggunaan bahan tape yang berbeda yang membuat rasanya berbeda-beda. Konon, kue proll tape asli Jember hanya dibuat dengan tape pilihan yang tidak boleh terlalu matang dan juga tidak boleh terlalu mentah. Dengan demikian, saat sudah menjadi kue rasa tapenya tetap terasa dan tidak keras juga tidak terlalu lembek.

Kekhasan rasa itu tak terlepas dari bahan-bahan pilihan yang digunakan. Proll tape khas Jember dibuat dari tepung terigu, tape singkong, susu, mentega dan telur. Soal nama proll tape sendiri, sejauh ini masih belum diketahui asal-usulnya. Kata proll yang melekat pada nama kue itu mungkin lantaran kue ini saat dimakan ngeprol yang artinya rontok. Tentu saja, untuk embel-embel nama tape yang melekat pada nama kue itu karena bahan bakunya yang berasal dari tape.

Seiring perkembangan zaman dan memenuhi selera pasar, inovasi rasa proll tape pun dilakukan. Berbagai rasa proll tape yang umum dijumpai di banyak toko oleh-oleh di Jember antara lain, proll tape rasa coklat, keju, kismis dan original.

Tak perlu khawatir soal harga, karena kue tradisonal dari Jember ini dibanderol cukup terjangkau. Umumnya, satu potongnya dijual mulai harga belasan ribu rupiah saja untuk ukuran kecil, sedangkan untuk potongan kemasan besar dibanderol mulai dua puluhan ribu rupiah saja. Bagaimana sudah terbayang?

Ya, bagi Anda yang kebetulan mudik ke Jember atau melewati jalur kabupaten ini, sempatkanlah membeli proll tape sebagai buah tangan untuk saudara dan rekan di perantauan. Bisa dipastikan, proll tape khas jember akan membuat mereka senang dan terngiang dengan rasanya yang begitu khas. Selain menyenangkan sanak dan rekan dengan oleh-oleh, membelinya, mengkonsumsinya adalah wujud nyata partsipasi Anda terhadap kelestarian kuliner tradisional di tengah banyaknya makanan global yang keberadaanya terus menjamur di banyak tempat. (y)

Item terkait

Tips & Trik Mengolah Daging

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Mobil Sejuta Umat

colt t 120

Colt T Series: Maha Karya Mitsubishi yang Tak Lengkang Oleh Waktu

Berbicara soal mobil tua, bukan saja tentang mobil-mobil mewah di zamannya yang menjadi tunggangan para elite, melainkan juga soal mobil-mobil yang rela dijadikan kuda beban. Salah satunya adalah Mitsubishi Colt T Series. Seri besutan pabrikan Jepang satu ini rasanya layak disebut sebagai kendaraan tangguh lintas medan dan zaman. Lebih dari itu, kiranya tak berlebihan menyebut Colt T Series sebagai maha karya Mitsubishi yang tak lengkang oleh waktu.


Sebutan ini tak terlepas dari kemampuan Mitsubishi Colt T Series yang siap melibas berbagai medan bahkan kekuatannya masih bisa diandalkan hingga kini oleh para ‘juragannya’. Seri yang baru saja disebut sejatinya bernama asli Delica di negeri asalnya. Nama yang terdengar manis di telinga itu adalah singkatan dari Delivery Car. Sebagaimana nama yang disematkan tersebut, pada kenyataannya Delica memang dikeluarkan Mitsubishi sebagai senjata untuk merebut pasar kendaraan angkutan.

Baca selengkapnya...

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini