"PEPES SAGU PISANG" Suryakencana

"Olahan pepes ini memiliki cita rasa yang legit, manis, dan mengeluarkan aroma harum ketika dibakar."

Begitu mendengar Jalan Suryakencana, Bogor apa yang ada di pikiran Anda? Ya, benar sekali! Pusat kuliner pecinan yang menjajakan banyak sekali makanan enak di Bogor. Di sini kamu bisa menemukan banyak sekali makanan khas peranakan seperti ngo hiang, soto mie, dan satu lagi kudapan unik bernama pepes sagu pisang.

Dari namanya, pepes sagu pisang memang terlihat aneh. Bagaimana mungkin pepes yang biasanya merupakan olahan makanan asin atau pedas menggunakan sagu dan pisang? Apa rasanya tidak akan menjadi aneh? Untuk menjawab pertanyaan Anda itu, coba deh simak ulasan tentang pepes sagu pisang yang sudah terkenal seantero Bogor ini.

 

Sejarah Pepes Sagu Pisang

Pepes adalah adalah olahan makanan yang biasanya mengolah bahan seperti daging, ikan, atau jamur. Bahan ini akan diberi bumbu asin atau pedas sesuai dengan selera. Di beberapa daerah, pepesan juga yang menggunakan parutan kelapa muda yang dicampur dengan bumbu sehingga bisa saat dibungkus dengan daun pisang bisa meresap dengan sangat nikmat.

Di Bogor juga demikian, pepes adalah kuliner dengan rasa asin dan pedas. Namun ada juga olahan yang terbuat dari sagu yang dicampur dengan pisang dan gula jawa dengan citarasa yang berbeda yaitu manis dan legit.

Penjualan pepes ini sudah berlangsung selama tiga generasi. Saat ini orang yang menjual bernama Daniel. Dahulu kala nenek dan ibunya lah yang memulai bisnis ini. Mereka menjual pepes dengan berkeliling kampung. Dari banyak permintaan pelanggan, mereka membuat pepes jenis baru yang bisa digunakan untuk camilan. Dari sini terciptalah pepes sagu pisang yang hanya ada satu di Bogor.

 

Lokasi Pepes Sagu Pisang

Pada tahun 1970-an, penjualan dari pepes sagu pisang dilakukan dengan berkeliling lokasi. Namun sejak tahun 1984, ibu dari Daniel mulai menjual pepes ini di depan sebuah toko. Mereka membuat sebuah gerobak yang bisa didorong dan digunakan untuk menjual aneka jenis pepes yang sangat nikmat dan setiap hari diburu oleh banyak selai penikmatnya.

Kalau Anda ingin mencicipi cita rasa dari pepes sagu pisang, datanglah di Jalan Suryakencana. Ya, di pecinan inilah gerobak yang menjual makanan nikmat ini ada. Di kawasan ini, hanya Daniel lah yang menjual jajan pepes sagu pisang. Jadi Anda tidak perlu kebingungan lagi mencarinya.

 

Harga dan Rasa Pepes Sagu Pisang

Daniel mulai menjual dagangannya pada pukul 09.00 pagi setiap harinya dan tutup pada pukul 19.00. Dia sendiri yang membuat pepes ini di rumah lalu membakarnya setiap ada pembeli yang datang. Di sini Anda bisa menemukan aneka jenis pepes mulai dari jamur, daging, ikan, dan pepes sagu pisang yang saat dibakar aromanya sangat menggoda.

Rasa dari pepes sagu pisang dominan manis dengan sedikit asam dari pisang. Rasa ini berbaur menjadi satu dengan sagu yang diolah dengan sangat lembut. Jika Anda tinggal di Jawa Timur, mungkin pernah menyantap jajan bernama lemet. Rasa dan tekstur dari pepes sagu pisang seperti itu hanya saja tidak ada rasa pahit dari singkong yang digunakan untuk lemet.

Kuliner Bogor yang sangat terkenal ini memiliki harga yang relatif murah. Satu biji pepes sagu pisang hanya dibanderol Rp3.000,00 dan pepes lainnya dihargai antara Rp9.000-Rp15.00,00 tergantung bahan yang digunakan.

 

Inilah kisah tentang pepes sagu pisang yang masuk dalam khazanah wisata kuliner Bogor. Kalau datang ke kota hujan ini jangan lupa untuk mencobanya ya!

Hashtag

Info tambahan

  • Nama: "PEPES" Sagu Pisang
  • Alamat: Jl. Suryakencana, Bogor
  • Jam Buka: 09.00 - 19.00