"RUJAK ULEG" Toko Bima

Pedas, asam, asin, bahkan manis pun terwakilkan semua didalam kuliner ini.

Judul tersebut diatas, sesungguhnya kurang tepat. Istilah "Rujak Uleg" aslinya menunjuk kepada makanan tradisional dari Surabaya, Jawa Timur, berupa olahan beberapa jenis sayuran yaitu mentimum, tauge, kangkung, dipadu dengan lontong, tahun dan tempe, kemudian  dicampur dengan adonan saus petis, kacang tanah, cabe dan bawang putih.

Sedangkan "Rujak Uleg" yang dimaksud sesuai dengan foto diatas adalah Rujak Manis, yaitu olahan berbagai macam buah seperti: mangga mengkal (setengah matang), belimbing, kedondong, bengkoang, jambu biji, nanas, nangka, apel, pepaya, mentimun, ubi merah dan jambu air. Setelah dipotong kecil, buah-buahan ini dicampur dengan saus pedas manis gurih, terbuat dari cabai, gula aren dan kacang tanah. Namun karena diolah dengan cara "diuleg", maka di Bogor disebut juga sebagai rujak uleg.

Apapun jenisnya, rujak adalah salah satu makanan kebanggaan Bangsa Indonesia, bersaing ketat dengan fruit salad ala negara-negara barat. Namun rujak tetap lebih unggul, selain karena keberadaan buah-buahan yang begitu melimpah di Indonesia, citarasa yang beraneka ragam seperti pedas, asam, asin, bahkan manis pun terwakilkan semua di dalam rujak.

Walaupun tergolong makanan yang sudah dikenal sejak jaman nenek moyang, tak pernah ada yang bisa menjelaskan sejarah dan asal usul rujak. Hanya sedikit jejak pada tradisi dikalangan masyarakat keturunan Jawa yang menggunakan rujak pada  acara selamatan tujuh bulanan untuk wanita yang sedang hamil. Ritual tersebut diadakan pada saat usia kehamilan genap tujuh bulan yang biasanya disajikan berbagai jenis makanan. Salah satunya adalah adanya rujak manis.

Berdasarkan kepercayaan, ketika sajian rujak manis tersebut memiliki rasa yang segar dan manis maka anak yang dikandung akan lahir berjenis kelamin perempuan. Tapi, saat rujak yang dijadikan ternyata memiliki rasa yang sepat dan pedas maka anaknya akan lahir laki-laki.

Seiring dengan berjalannya waktu, ternyata salah satu sajian makanan dalam ritual Jawa tersebut semakin banyak diminati orang. Bahkan, ketika seorang wanita hamil muda, banyak dari mereka yang menyukai mengkonsumsi rujak manis yang menyegarkan.

Terlepas dari asal-usul rujak manis dan tradisinya, kuliner ini terbukti sangat bermanfaat. Masing-masing buah yang digunakan untuk membuat rujak memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk kesehatan. Uniknya, ada beberapa jenis buah yang kurang nikmat saat dimakan langsung, seperti kedondong yang masam,  tetapi begitu dijadikan bahan pembuat rujak justru membuat citarasa rujak semakin nikmat.

Di Bogor, ada penjual rujak yang cukup terkenal karena kelezatannya. Bahan bakunya menggunakan buah-buahan pilihan yang diseleksi berdasarkan kualitasnya. Bumbu rujaknya  sendiri terlihat begitu kental dengan ulekan kacang yang masih terlihat. Namanya dikenal berdasarkan lokasinya yaitu "Rujak Uleg Toko Bima Bogor", karena berjualan didepan sebuah toko bernama Bima yang terletak di Jalan Suryakencana, Bogor.

Nah siang siang begini memang enaknya makan rujak sih, ayo.......

Item terkait

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

  • Peuyeum, Fermented Delicacies for West Java Peuyeum, Fermented Delicacies for West Java
    Peuyeum, Fermented Cassava from West Java - Indonesia has several delicious fermented foods, one of which is peuyeum. It is fermented cassava usually eaten as snacks. Although it is a traditional West Javanese snack, similar food also is known in other parts of Java but it is called Tape.
    Read more...

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini