"SATE & SOP KAMBING" Pak Gino Bogor

Nikmatnya sate dengan bumbu ala Sidareja

Kalau pernah mendengar atau mencicipi Sate Kambing Pak Gino di Bandung, Anda pasti sudah tahu bagaimana kelezatannya. Sate yang buka pertama kali tahun 1978 ini ternyata memiliki cabang di Bogor. Sama seperti Sate Kambing Pak Gino di Bandung yang jadi primadona, cabangnya di Kota Hujan kini juga menjadi salah satu pilihan kuliner enak di Bogor.

Sate Kambing Pak Gino berlokasi di daerah Yasmin, Bogor. Warungnya yang cukup sederhana ini berada tidak jauh dari showroom Auto 2000. Berbeda dengan sate lain di Jawa Barat, Pak Gino membuat menu satenya dengan bumbu ala Sidareja, Cilacap, yang tentu saja memiliki cita rasa khas yang berbeda. Kalau Anda menggemari daging kambing, tak lengkap rasanya kalau tak mencicipi makanan di Bogor ini.

 

Daging Kambing Muda dan Paduan Bumbu Spesial

Kalau orang-orang biasanya enggan menyantap daging kambing karena baunya, di tempat makan Bogor satu ini Anda tak perlu cemas. Daging yang dijual oleh Pak Gino hanya menggunakan kambing muda yang berusia antara 1-2 tahun. Selain tampak segar, daging kambing muda lebih lembut. Pengolahan yang tepat membuat sate olahan Pak Gino tidak berbau.

Berpusat di Bandung, Sate Kambing Pak Gino sekarang memiliki 5 cabang, termasuk yang berada di Tanah Sareal Bogor ini. Meski dari luar kelihatan sederhana, warung yang beralamat di Jl. KH. Sholeh Iskandar, Tanah Sareal, Bogor ini cukup luas.

Dengan dinding yang dilapisi anyaman bambu, Warung Sate dan Sop Kambing Pak Gino dibagi menjadi dua bagian. Dapur, kasir, dan sebagian meja makan ada di posisi depan.Sementara di bagian belakang ada tambahan meja-meja dengan sebuah ruang salat kecil.

Potongan daging kambingnya terasa lembut dengan bagian permukaan yang gurih. Sebelum dibakar, sate diberi bumbu ala Sidareja berupa campuran gula merah, asam dan garam. Dalam keadaan setengah matang, sate kembali dicelup ke dalam bumbu dan dipanggang hingga matang. Proses pemberian bumbu yang berulang inilah yang membuat rasa bumbu benar-benar meresap hingga ke serat dagingnya.

Karena kebanyakan sate di Jawa Barat menggunakan kuah kacang, Pak Gino pun menyediakan sajian serupa. Di atas hotplate, satu porsi sate yang terdiri dari 10 tusuk disajikan lengkap dengan bumbu kecap, saus kacang dan acar segar. Kalau tak suka nasi, Anda bisa memilih lontong yang pulen sebagai gantinya.

 

Aneka Menu Lain Berbahan Kambing

Seperti kebanyakan restoran di Bogor, penjual sate kambing biasanya juga menyertakan menu lain. Di sini ada gulai kambing, sop kambing, nasi goreng kambing, dan tongseng kambing yang tak kalah sedapnya.

Kuah tongsengnya berwarna kuning menggugah dengan teksturnya yang kental. Selain irisan dagingnya yang banyak dan tidak pelit, seporsi tongseng ini masih dilengkapi dengan irisan kol, tomat iris dan bawang goreng yang ditabur di atasnya. Rasanya gurih, bumbunya pas dan sama sekali tidak ada aroma kambing yang tercium. Sajian yang pas disantap dengan sepiring nasi hangat.

Jika kebetulan Anda sedang berkunjung dengan teman yang tak suka daging kambing, Warung Sate dan Sop Kambing Pak Gino ini juga menyediakan aneka olahan berbahan ayam. Untuk menjaga keseimbangan santapan serba kambing ini, Anda bisa memesan jus timun yang akan membantu mengontrol tekanan darah. Pilihan minuman lain mulai dari jus alpukat sampai teh dan kopi pun tersedia di sini.

Kalau Anda adalah penggemar daging kambing dan sedang mencari tempat wisata kuliner di Bogor yang terjamin kelezatannya, silakan datang ke sini. Antreannya yang panjang serta cabangnya yang sudah tersebar di mana-mana menjadi jaminan kelezatan sate racikan Pak Gino ini.

Info tambahan

  • Nama: Sate dan Sop Kambing Pak Gino
  • Alamat: Jl. KH. Sholeh Iskandar, Tanah Sareal, Bogor