"SOTO KUNING" Pak Yusup

Kuahnya berwarna kuning, kental dengan citarasa yang gurih bercampur aneka rempah yang menggugah selera.

Lagi-lagi Jalan Suryakencana, Bogor menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah Ngo Hiang yang memiliki rasa nikmat khas kuliner peranakan, kali ini Anda harus mencoba yang namanya soto kuning Pak Yusup. Berbeda dengan makanan peranakan lain, soto ini diracik menggunakan bumbu khas Indonesia sehingga lebih merakyat dan sesuai dengan lidah semua orang.

Soto ini dikenal sangat melegenda dan telah ada selama puluhan tahun. Mengenai rasa, jangan ditanya lagi, banyak orang rela antre untuk mendapatkan semangkuk kuliner Bogor yang gurih ini. Kalau Anda penasaran seperti apa kiprah serta rasa dari Soto Kuning Pak Yusup, coba simak ulasannya di bawah ini.

 

Sejarah Soto Kuning Pak Yusup

Bukan perkara mudah membuka usaha kuliner di kawasan pecinan Bogor. Pak Yusup dengan keluarganya dahulu harus berjuang mati-matian. Apalagi mereka membuka itu di kawasan pecinan yang sudah jelas memiliki banyak saingan. Semua makanan di sini terkenal sangat nikmat, sehingga kalau mau bersaing harus memiliki ciri khas tersendiri. Dengan begitu, akan akan banyak orang mengenal dan menjadi pelanggan tetap.

Soto kuning yang dikelola oleh keluarga Pak Yusup juga demikian. Mereka membangun bisnis ini sejak tahun 90-an di pusat Bogor. Sebelumnya, generasi pertama juga pernah menjual soto namun tidak di kawasan ramai ini. Baru pada tahun 1998, Pak Yusup memberanikan diri membuat sebuah warung di tengah krisis yang mendera Indonesia.

Berkat perjuangan tiada henti, dedikasi yang tinggi, serta bertumpuan pada kualitas rasa, kedai ini tetap laris hingga sekarang. Kalau Anda pergi ke Bogor, jangan sekali-kali lupa untuk jajan di tempat yang tidak pernah sepi dikunjungi oleh banyak orang ini.

 

Alamat Soto Kuning Pak Yusup

Barangkali di kawasan Jalan Suryakencana ada lebih dari satu penjual soto dengan kuah kuning. Namun, yang dikenal paling nikmat hanya di kedai milik Pak Yusup. Kalau Anda ingin selalu makan enak di Bogor, datanglah ke kedai yang terletak di Jalan Suryakencana No. 287 atau di sekitaran Gang Aut yang dikenal memiliki banyak tempat nguliner yang nikmat.

Oh ya, Jam buka dari Soto Kuning Pak Yusup dimulai pada pukul 14.00 dan akan tutup pada pukul 19.30 atau sehabisnya. Kalau Anda ke Bogor lebih pagi, sempatkan berjalan-jalan ke Kebun Raya Bogor atau menghabiskan hari di Jalan Suryakencana untuk mencicipi kuliner nikmat lainnya seperti pepes sagu pisang..

 

Rasa dan Harga Soto Kuning Pak Yusuf

Yang membuat soto kuning Pak Yusup sangat digemari oleh banyak orang adalah rasanya yang sangat gurih. Kuah kental dengan warna kuningnya sama sekali tidak membuat serak. Anda  bisa menyeruputnya hangat-hangat dan merasakan aneka rempah bercampur di dalam mulut. Satu mangkuk dari soto mungkin akan membuat Anda kekurangan.

Di dalam mangkuk soto yang disediakan berisi banyak sekali daging sapi dan mi. Kalau Anda menyukai empal, otak, paru, iso, babat, dan kikil, mintalah kepada Pak Yusup untuk menambahkannya. Semua soto yang dijual di sini disajikan sesuai dengan permintaan pelanggan. Jadi Anda bisa menikmati isian soto sesuai dengan keinginan.

Harga soto kuning Pak Yusup beraneka ragam. Semakin banyak daging yang Anda ambil maka harganya menjadi sangat mahal. Misal Anda mengambil satu potong daging dan sepiring nasi, soto akan dihargai Rp15.000,00 dengan harga dagingnya Rp10.000,00 dan nasi Rp5.000,00.

 

Demikianlah uraian lengkap tentang soto kuning Pak Yusup. Semoga bisa dijadikan daftar wajib wisata kuliner Bogor Anda.

Hashtag

Info tambahan

  • Nama: "SOTO KUNING" Pak Yusuf
  • Alamat: Jl. Suryakencana No. 287, Bogor
  • Jam Buka: 14.00 - 19.30