"SOTO MIE" Agih

"Olahan mie kuning kenyal yang disiram dengan kuah kaldu yang sangat gurih dan sedap."

Dengan julukan sebagai kota hujan, Bogor ternyata menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang sangat mengasyikkan. Di sini Anda akan menemukan Kebun Raya Bogor yang sudah termasyhur itu. Anda bisa piknik, menikmati udara sejuk sembari melihat rusa-rusa yang sedang makan di Istana Bogor yang sangat kuno itu.

Oh ya, selain Kebun raya Bogor yang sangat luas dan megah itu, Bogor juga memiliki banyak tempat untuk jajan atau wisata kuliner. Di sebuah jalan bernama Suryakencana atau gampangnya pecinan, Anda akan menemukan satu kuliner peranakan bernama Soto Mie Agih yang nikmatnya bisa bikin semua orang jadi ketagihan. Berikut ulasan lengkap tentang soto mie Agih.

 

Sejarah Soto Mie Agih

Seperti yang sedikit disinggung di atas, soto mie merupakan kuliner peranakan Tiongkok. Di masa lalu, pedagang yang berasal dari Negeri Tirai Bambu itu datang dengan membawa resep-resep masakan mereka. Setelah tiba di sini, mereka mulai berjualan di kawasan Bogor secara menyeluruh sebelum akhirnya dikumpulkan oleh Belanda di kawasan Jalan Suryakencana agar mudah diatur.

Di masa penjajahan, etnis Tionghoa kerap mendapatkan perlakuan tidak baik dari Belanda. Pengelompokan  para pedagang menjadi sebuah pecinan akan memudahkan Belanda dalam mengatur, mengecek, dan mencegah hal tidak diinginkan, misal pemberontakan pedagang.

Pengelompokan ini membuat kawasan pecinan menjadi sentra kebudayaan dan juga kuliner. Penduduk pribumi yang keluar masuk kawasan ini juga kerap mengonsumsi kuliner Tiongkok dan suka. Berangkat dari sini, soto mie yang merupakan kuliner kesukaan mulai dikembangkan sesuai lidah penduduk Bogor dan bertahan hingga sekarang.

 

Lokasi Soto Mie Agih

Soto Mie bisa ditemukan di hampir semua sudut kota Bogor khususnya pecinan. Kuliner Bogor ini sudah mengakar sehingga penjualnya tidak hanya warga keturunan saja. Warga lokal Bogor juga banyak mengolah Soto Mie yang nikmat dan sesuai dengan lidah orang Indonesia. Tidak jarang, mereka menambahkan komponen tertentu agar lebih khas dan konsumen tidak bosan.

Dari semua kedai yang menjual soto mie di Bogor, ada satu tempat yang dikenal mampu menyajikan soto mie dengan sangat sempurna. Tempat itu dikenal dengan Soto Mie Agih dan terletak di Jalan Suryakencana No. 313, gang Aut, Bogor. Di kedai ini, Anda bisa menyantap soto mie yang benar-benar autentik sehingga siapa saja yang pernah makan pasti ingin kembali dan menyantap hidangan nikmat ini lagi.

 

Rasa dan Harga Soto Mie Agih

Anda mungkin akan sedikit kebingungan dengan konsep dari soto mie. Dalam pikiran Anda, soto mie akan dibayangkan sebagai mie dengan kuah soto yang penuh rempah dan segar ketika diberi perasan jeruk nipis. Soto mie di Bogor tidak demikian, yang Anda dapatkan adalah mie kuning kenyal yang akan disiram kuah kaldu yang sangat gurih. Mirip sekali dengan pangsit meski sedikit diberi modifikasi pada bagian topingnya.

Mie yang telah diberi kuah biasanya diberi toping irisan daging babi/daging ayam tergantung permintaan pelanggan. Selanjutnya ada daun bawang iris, potongan lobak, dan kikil dari sapi jika Anda ingin tambahan isian. Semuanya dihidangkan hangat-hangat dengan acar dan sambal yang diolah dengan sangat sempurna.

Sebagai salah satu makanan enak di Bogor, satu porsi soto mie Agih dibanderol sekitar Rp25.000,00. Harga ini sebanding dengan rasa yang diberikan serta banyaknya komponen daging yang menyusunnya. Sekali mencoba, Anda tidak akan menyesal.

 

Demikianlah uraian singkat tentang soto mie Agih yang sangat terkenal itu. Jangan lupa memasukkan soto mie Agih sebagai salah satu destinasi wisata kuliner Bogor kamu ya!

Hashtag