"BAJIGUR" Sudirman

Minuman herbal warisan leluhur dengan segudang manfaat untuk kesehatan

Bajigur adalah minuman tradisional khas masyarakat Jawa Barat. Bahan utamanya terdiri dari gula aren dan santan. Untuk menyempurnakan citarasanya, biasa ditambahkan sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili.

Minuman ini selalu disajikan dalam kondisi hangat, dijajakan bersama bandrek, kacang rebus, ubi rebus, klepon, dan lain sebagainya dalam satu gerobak. Bajigur paling pas untuk dinikmati kala hujan, cuaca dingin atau pada malam hari. Dan memang pada malam harilah bajigur ini terasa kelezatannya.

Sesuai dengan perkembangan jaman, bajigur ini mengalami juga kemajuan. Tak hanya mengenai tempat penjualan dan derajatnya saja, yaitu  dari dipikul-pikul orang ia meningkat kewarung kecil yang cukup bersih tempatnya, hingga ke restoran besar, bajigur kini juga dibuat dalam bentuk instan berupa bubuk. Sehingga kita bisa menikmatinya secara praktis kapanpun dan dimanapun dengan cara di seduh menggunakan air hangat, tanpa harus repot-repot membuat Bajigur secara tradisional.

Selain sensasi rasa menyegarkan, Bajigur ternyata tergolong minuman herbal warisan leluhur yang memiliki khasiat yang berguna bagi tubuh. Kandungan jahe didalamnya bisa membantu proses pelepasan hormon adrenalin sehingga bisa membantu dalam melebarkan pembuluh darah dan melancarkan alirannya. Dengan demikian Bajigur dapat menurunkan tekanan darah.

Bajigur juga terbukti mampu meringankan bahkan mengobati berbagai penyakit, diantaranya adalah:

  • Rematik; Kandungan nutrisi yang terkandung didalam Bajigur dapat menyembuhkan peradangan sendi pada pergelangan tangan, bahu, lutut, dan juga kaki.
  • Sembelit; dengan memperbaiki sistem pencernaan.
  • Menambah Nafsu Makan; berkat tonikum yang ada pada pandan,  bisa membantu untuk meningkatkan nafsu makan dan juga akan membantu menjaga kesehatan lambung secara tidak langsung.
  • Meregenerasi Kulit; Kandungan antioksidan yang ada pada bajigur ini ternyata bisa membantu untuk menjaga kesehatan kulit Anda.
  • Mencegah Jerawat; Hasil kerja dari senyawa yang meningkatkan sistem imun sehingga bisa mematikan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.
  • Memperkuat Tulang; Memenuhi kebutuhan kalsium didalam tubuh.
  • Menjaga Kadar Kolesterol; Kandungan niacin pada gula aren dapat menstabilkan sekaligus menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh.

 

Di Kota Bogor, penjual Bajigur ada di satu daerah yang namanya "Air Mancur". Kawasan ini sudah sejak lama menjadi lokasi penggemar kuliner dan nongkrong di Bogor. Alasannya karena memang di area tersebut terdapat cukup banyak tempat yang menawarkan jajanan ala kota hujan. Lokasinya  tepat di seberang taman Air Mancur dan berdekatan dengan lokasi toko martabak.

Penjual Bajigur baru membuka lapaknya pada sore hari antara pukul 16.00-02.00. Warung-warung tenda di kawasan ini sering juga dipakai banyak warga Bogor untuk menghabiskan malam. Pada malam minggu, tingkat keramaian bertambah, karena  banyak warga Bogor yang menikmati suasana malam disitu. Oleh karena itulah kawasan Air Mancur bisa dikata tidak pernah sepi dari pagi hingga hampir ke pagi lagi.

Bila anda ingin menikmati suasana malam di Bogor ditemani segelas Bajigur, kawasan Air Mancur harus menjadi tujuan yang anda pilih.

 

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Menu Spesial

 
nasi goreng daging sapi maranggi
 
Dibuat dari beras pilihan, dipadu dengan daging sapi has dalam (tenderloin) yang diolah dengan bumbu spesial Maranggi. Hanya Rp20.000,- Nikmati kelezatannya DISINI
 
 

Food Truck

Tak Cukup Modal Untuk Memulai Usaha Kuliner? Food Truck Adalah Pilihan Tepat!
-------------------------
Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan menggunakan kendaraan yang sudah dimodifikasi. food truck classicBisnis kuliner menggunakan Food Truck dianggap paling tepat bagi pengusaha pemula yang hendak membuka restoran atau kafe, namun terbentur modal yang tidak terlalu besar. Walaupun konsep ini di Indonesia baru dikenal beberapa tahun kebelakang. Food Truck memiliki sejarah yang sangat panjang. Simak kisahnya DISINI.