"ES PALA" Pak Ujang

Jenis minuman tertua di Bogor yang tak lekang dimakan jaman

Es Pala, konon kabarnya sudah ada sejak tahun 1950-an, dan citarasanya masih diakui hingga lintas generasi. Salah satu kedai penjual pala yang bertahan hingga turun temurun adalah "Es Pala Pak Ujang". Kisahnya berawal dari dekade tersebut, di satu lokasi yaitu Jalan Suryakencana Bogor yang saat itu merupakan pusat keramaian, karena terdapat bioskop dan lapangan olahraga.

Pada tahun 1970, kedai ini pindah lokasi di Perempatan Gang Aut, dan terus bertahan sampai sekarang.  Kedai tergolong sederhana, namun selalu ramai. Utamanya saat matahari bersinar terik. Kedai Es Pala Pak Ujang, melayani pembeli untuk menikmati es pala ditempat, tetapi juga para penggemar yang ingin membawa pulang. Hebatnya,  minuman tradisional buatan kedai  ini seringkali disajikan pada berbagai acara penting, seperti wisuda, rapat, pernikahan, hingga menjamu wisatawan.

Rahasia kelezatannya, berasal dari bahan baku buah pala yang istimewa, yaitu  jenis buah Pala Hutan. Dibandingkan dengan buah pala yang biasa, Pala Hutan memiliki tekstur daging buah yang lembut, serta sari buah yang lebih segar. Proses pembuatannya tergolong mudah, buah Pala yang akan digunakan dibersihkan terlebih dahulu, tanpa perlu mengupas kulitnya.

Tujuannya adalah untuk tetap mempertahankan khasiatnya, yaitu menyingkirkan racun dari tubuh, mengatasi gangguan pencernaan, tenggorokan gatal, kurang tidur, kurang nafsu makan dan mengatasi bau mulut. Kemampuan tersebut berasal dari antioksidan yang terkandung didalam daging buahnya termasuk pada bagian kulit luarnya.

Buah Pala yang sudah bersih kemudian direndam larutan garam selama beberapa jam agar getahnya keluar. Proses selanjutnya membersihkan air garam yang telah bercampur getah, lalu dijemur diterik matahari untuk memperkuat citarasa dan aroma wanginya. Untuk menyajikannya, perlu terlebih dahulu meracik larutan gulanya. Yaitu dengan cara merebus gula pasir, garam dan telur ayam untuk menciptakan rasa gurih. Proses ini memakan waktu antara 2-3 jam. Kemudian disaring agar tampilannya bersih.

 

Pada siang hari yang panas, bukan saja tampilan yang sangat menggoda, citarasanya juga luar biasa. Kesegaran khas dari buah pala tersebut sangat terasa, bercampur manisnya gula racikan. Tak heran jika Es Pala hingga kini tetap diburu oleh wisatawan.

 

Sumber: travel.kompas.com

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Menu Spesial

 
nasi goreng daging sapi maranggi
 
Dibuat dari beras pilihan, dipadu dengan daging sapi has dalam (tenderloin) yang diolah dengan bumbu spesial Maranggi. Hanya Rp20.000,- Nikmati kelezatannya DISINI
 
 

Food Truck

Tak Cukup Modal Untuk Memulai Usaha Kuliner? Food Truck Adalah Pilihan Tepat!
-------------------------
Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan menggunakan kendaraan yang sudah dimodifikasi. food truck classicBisnis kuliner menggunakan Food Truck dianggap paling tepat bagi pengusaha pemula yang hendak membuka restoran atau kafe, namun terbentur modal yang tidak terlalu besar. Walaupun konsep ini di Indonesia baru dikenal beberapa tahun kebelakang. Food Truck memiliki sejarah yang sangat panjang. Simak kisahnya DISINI.