Ayo Cicipi Makanan Tradisional Kerupuk Basah Khas Kapuas Hulu!

Pernah merasakan kerupuk basah? Bagi Anda yang belum, silakan mengagendakan untuk sekadar bermain ke daerah penghasil ikan air tawar terbesar di Kalimantan Barat, yaitu Kapuas Hulu.

Di sana, Anda akan menjumpai banyak pedagang yang menjual makanan tradisional kerupuk basah khas Kapuas Hulu. Kerupuk yang sangat berbeda dengan yang biasa ditemui di daerah Jawa maupun Sumatera.

Kerupuk basah khas Kapuas Hulu lebih mirip seperti pempek Palembang. Akan tetapi, bentuknya lebih panjang dan umumnya lonjong, berkisar sekitar 15 hingga 25 sentimeter, berdiameter kurang lebih 2 hingga 3 sentimeter.

Kerupuk basah milik Kapuas Hulu terbuat dari ikan asli yang dicampur sedikit tepung untuk memudahkan dalam pengolahan dan pembentukan. Terdapat dua jenis yang bisa Anda pilih ketika hendak mengonsumsinya, yaitu kerupuk basah ikan toman dan kerupuk basah ikan belida. Dua-duanya sangat mudah Anda temukan di hampir seluruh area pulau Kalimantan.

 

Bagaimana cara menikmatinya?

Nah, untuk dapat menikmati kerupuk basah pun cukup berbeda dengan kerupuk umumnya. Bila biasanya kerupuk hanya cukup kita makan untuk pendamping nasi atau lauk tambahan. Bahkan Anda dapat langsung merasakannya usai membeli di warung, tanpa harus bersusah payah memasaknya dulu.

Akan tetapi, untuk kerupuk basah khas dari Kapuas Hulu tersebut, Anda diharuskan untuk mengukusnya terlebih dahulu. Pasalnya kerupuk basah sangat cocok dinikmati di waktu masih panas dengan sambal khas Kalimantan. Ketika sudah mencicipinya, rasa kenyal ditambah manis dan pedas sambal akan terasa di lidah. Semua dapat bercampur jadi satu. Sangat pas untuk cemilan tambahan di waktu senggang dan menjadi teman berbincang bersama kerabat.

 

Harga Satu Porsi Kerupuk Basah Khas Kapuas Hulu

Nah, untuk dapat merasakan kenikmatan kerupuk basah dari Kapuas Hulu tersebut, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar sepuluh ribu hingga lima belas ribu rupiah per porsi. Tidak mahal, bukan? Cukup sebanding dengan citarasa yang ditawarkan ikan di dalam kerupuk.

 

Kerupuk Basah Dijadikan Oleh-oleh Tanpa Basi, Mungkin?

Selain dapat dikonsumsi di tempat, kerupuk basah khas Kapuas Hulu pun dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah, ketika mengunjungi Kalimantan. Meskipun terkenal basah, akan tetapi memiliki ketahanan yang cukup dan tidak akan basi selama dalam perjalanan.

Bahkan, para pedagang yang menyediakan penganan tersebut, akan membantu Anda membungkus dan menyiapkan kerupuk basah yang akan Anda beli tidak akan rusak maupun basah ketika sampai di daerah asal.

Para penjual kerupuk basah yang akan dijadikan oleh-oleh ke kampung halaman, biasanya akan melaburi kerupuk dengan tepung untuk menjaga daya tahannya. Banyaknya tepung yang menutup kerupuk tergantung berapa lama perjalanan yang akan Anda tempuh nantinya. Semakin lama, maka akan semakin banyak tepung yang dioleskan.

Ketika Anda sudah berada di daerah asal dan hendak mencicipinya, cukup bersihkan tepung bagian atas. Kemudian kukus dan nikmati selagi panas dengan sambal khas yang dapat Anda buat sendiri maupun dibeli langsung dari Kalimantan sebagai satu paket.

 

Nah itulah, uraian singkat mengenai makanan tradisional kerupuk basah khas Kapuas Hulu. Jangan lewatkan untuk menikmatinya dan menjadikan oleh-oleh bagi keluarga di kampung halaman. Rasakan dan bagikan cita rasa terenak dari kerupuk basah khas Kapuas Hulu.

Item terkait

Tips & Trik Mengolah Daging

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Mobil Sejuta Umat

colt t 120

Colt T Series: Maha Karya Mitsubishi yang Tak Lengkang Oleh Waktu

Berbicara soal mobil tua, bukan saja tentang mobil-mobil mewah di zamannya yang menjadi tunggangan para elite, melainkan juga soal mobil-mobil yang rela dijadikan kuda beban. Salah satunya adalah Mitsubishi Colt T Series. Seri besutan pabrikan Jepang satu ini rasanya layak disebut sebagai kendaraan tangguh lintas medan dan zaman. Lebih dari itu, kiranya tak berlebihan menyebut Colt T Series sebagai maha karya Mitsubishi yang tak lengkang oleh waktu.


Sebutan ini tak terlepas dari kemampuan Mitsubishi Colt T Series yang siap melibas berbagai medan bahkan kekuatannya masih bisa diandalkan hingga kini oleh para ‘juragannya’. Seri yang baru saja disebut sejatinya bernama asli Delica di negeri asalnya. Nama yang terdengar manis di telinga itu adalah singkatan dari Delivery Car. Sebagaimana nama yang disematkan tersebut, pada kenyataannya Delica memang dikeluarkan Mitsubishi sebagai senjata untuk merebut pasar kendaraan angkutan.

Baca selengkapnya...

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini