Cara Membuat Sambal Dabu Dabu Khas Manado yang Lezat

Manado terkenal akan banyak kuliner pedasnya, salah satunya tentu adalah sambel dabu dabu. Bagi anda pecinta sambal, pasti anda sudah tak asing lagi dengan sambal yang satu ini.

Rasanya pedas dan segar ditambah lagi dengan sensasi crunchy yang dimiliki karena sambal ini berbeda dengan aneka sambal lain yang ada di Indonesia. mengapa? Hal ini karena sambal dabu dabu tidak diulek melainkan hanya dicacah halus saja.

Ciri khas dari sambel ini adalah irisan tomat dan juga bawang merahnya yang pedas. Kemudian, rasa segarnya didapat dari air perasan jeruk nipis yang juga membuat sambal ini memiliki aroma yang harum. Nah, biasanya sambal ini dihidangkan bersama dengan ikan goreng, ikan bakar, dan juga hidangan seafood lainnya.

 

Membuat Sambal Dabu Dabu Sendiri di Rumah

Apabila anda penasaran dengan citarasa sambal ini, maka anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat sambal dabu dabu pun mudah dengan bahan bahan yang juga mudah ditemukan di pasar atau supermarket terdekat anda. di bawah ini adalah beberapa bahan yang harus anda siapkan:

  • Cabe merah segar dengan ukuran besar sebanyak 1 buah, cuci bersih dan buang bijinya
  • Cabe rawit segar sebanyak 5 buah. Sebaiknya anda pilih yang warna hijau
  • 5 siung bawang merah
  • Tomat merah segar sebanyak 1 buah. Cuci bersih dan buang bijinya.
  • Daun kemangi sebanyak 8 lembar
  • Air perasann jeruk nipis sebanyak 1 sendok
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Itula beberapa bahan bahan yang bisa anda siapkan untuk membuat sambel dabu dabu enak dan lezat.

 

Cara Membuat Sambal Dabu – Dabu sendiri di rumah

Selain bahan bahan yang mudah ditemukan, resep sambal dabu dabu ini juga sangat mudah untuk dibuat. Di bawah ini merupakan langkah atau cara cara untuk membuat sambal dabu dabu:

  1. Iris halus kecil kecil cabe rawit segar dan cabe merah yang sudah dipersiapkan tadi. Apabila anda ingin membuat rasa yang lebih pedas, maka anda bisa menambahhkan jumlah cabe yang digunakan
  2. Iris pula tomat yang sudah dibuang bijinya dengan bentuk dadu kecil kecil.
  3. Bawang merah dan daun kemangi yang sudah dipersiapkan pun bisa diiris kecil kecil atau tipis tipis.
  4. Lalu, siapkan wadah dan campurkan semua bahan bahan yang sudah dipotong tersebut mulai dari cabe rawit, cabe mera, bawang merah, daun kemangi, dan tomat
  5. Tambahkan garam, gula pasir, dan air perasan jeruk nipis kemudian aduk hingga merata
  6. Panaskan minyak goreng secukupnya di wajan atau penggorengan. Setelah minyak panas, tuangkan langsung diatas campuran bahan sambel dabu dabu yang sudah dibuat.
  7. Aduk kembali hingga minyak tercampur dengan rata.
  8. Setelah tercampur, pindahkan sambal dabu dabu ini ke dalam piring saji

Selesai. Sambal dabu dabu khas manado pun siap untuk dinikmati. Mudah bukan resep spesial sambal dabu dabu ini? anda bisa mencobanya sendiri di rumah sehingga anda pun memiliki pengalaman dalam mencicipi aneka sambal di Indonesia.

Di Manado, sambal dabu dabu biasa disajikan untuk dinikmati dengan ikan bakar, goreng, dan aneka hidangan seafood lainnya. apabila anda suka, anda juga bisa membuat variasi dengan menyantap sambel ini bersama menu lauk pauk yang lainnya.

Item terkait

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini