Cara Membuat Sambal Lemon Calamari yang Lezat

Pernahkah Anda mendengar sambal lemon calamari? Sambal tersebut berisi irisan cumi yang dimasak dengan sambal dan juga siraman air lemon yang nikmat.

Untuk itulah, sambal ini cukup populer karena kelezatannya dan bisa menjadi rekomendasi makan siang Anda sekeluarga agar lebih enak. Cumi memang selalu nikmat bila diolah menggunakan bahan apapun, sehingga menjadi favorit banyak orang.

Untuk membuat sambal lemon calamari juga tidak sulit. Anda hanya membutuhkan beberapa bahan saja yang mudah dicari. Untuk cumi atau calamarinya, Anda bisa membelinya di supermarket dengan membeli hanya beberapa gram saja untuk olahan sambal calamari Anda.

Bagi yang belum pernah memasak sambal tersebut, berikut adalah cara-cara yang tepat untuk membuat sambal calamari dengan lemon yang enak. Serta ketahuilah kandungan atau manfaat yang Anda dapatkan dengan mengkonsumsi calamari yang ada di dalam sambal tersebut.

 

Bahan-bahan Untuk Membuat Sambal Lemon Calamari

Untuk membuat sambal ini, tentu Anda membutuhkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya. Seperti yang sudah tertera di atas, untuk membuat sambal ini, Anda memerlukan bahan yang ringkas saja dan mencarinya pun tidak begitu sulit. Apa sajakah bahan-bahan tersebut? Berikut adalah daftarnya :

  • 500 gram cumi yang ukurannya cukup besar untuk bisa diiris seperti cincin.
  • 1 buah lemon.
  • 5 buah cabai rawit merah, Anda harus mencincangnya kasar dan jangan sampai terlalu lembut.
  • 2 buah cabai merah besar, cincang kasar juga.
  • 2 lembar daun jeruk yang cukup segar.
  • Daun seledri secukupnya dan dicincang kasar.
  • 4 siung bawang merah.
  • 3 siung bawang putih.
  • Garam secukupnya menurut selera.

Perlu Anda ketahui, bahan-bahan yang telah dicincang dengan kasar harus Anda pisahkan dengan bahan yang lain karena tahapannya bukan berada di urutan pertama.

 

Tata Cara Membuat Sambal

Setelah Anda mendapatkan semua bahannya, dan mempersiapkan seluruh bahan tersebut untuk dimasak, sekarang Anda harus melakukan tata cara membuatnya yang baik dan benar agar tidak menghasilkan sambal lemon calamari yang kurang sedap.

  1. Cara pertama, Anda harus mencuci cumi yang telah diiris dan rendamlah menggunakan air dan perasan air lemon selama 30 menit.
  2. Sementara cumi sedang direndam, Anda persiapkan bumbu lainnya yaitu dengan menghaluskan bawang merah dan juga bawang putih. Iris terlebih dahulu agr proses menghaluskannya dengan cobek bisa lebih mudah.
  3. Setelah halus, tumis bumbu halus tersebut dan taburi dengan bahan yang telah diiris kasar tadi.
  4. Masukkan irisan cumi dan daun jeruk, kemudian aduk hingga merata.
  5. Tambahkan sedikit air agar cumi jadi lebih empuk dan jangan lupa tambakan garam secukupnya.
  6. Tunggu hingga benar-benar matang dan sambal calamari dengan lemon siap untuk dihidangkan

 

Manfaat Calamari Pada Sambal

Calamari atau cumi memang mengandung banyak hal-hal yang bagus untuk tubuh. Jika Anda makan cumi, tidak akan menambah nilai kalori Anda. Karena cumi atau calamari rendah kalori, kaya nutrisi dan memiliki sumber protein yang bagus.

Selain itu, mengandung B6 yang sangat bagus untuk kesehatan jantung Anda, serta B12 yang juga membantu kesehatan saraf dan juga kesehatan darah. Tak lupa pula, rasa pedas pada sambal tersebut juga akan menghilangkan pikiran stres dan depresi Anda. Sehingga pikiran lebih ringan dan sejenak masalah hilang saat makan sambal lemon calamari yang sangat lezat.

Item terkait

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini