Cara Sederhana Membuat Sambal Kecap Untuk Teman Makan

Sambal kecap adalah salah satu jenis sambal yang tidak asing untuk orang Indonesia. Di berbagai penjuru Indonesia pastinya paham dan tahu dengan sambal jenis ini.

Terlebih lagi cara membuatnya mudah dan sangat enak bila dicampur dengan nasi hangat dan berbagai hidangan makanan lainnya. Belum diketahui sambal ini asalnya dari mana, namun yang jelas dari dulu memang sudah ada.

Untuk pembuatan sambal ini sendiri memang tidak membutuhkan waktu yang lama, karena bahannya yang ringkas dan rata-rata tidak ada yang dimasak untuk membuatnya. Mungkin kebanyakan dari Anda juga ada yang tidak bisa makan, tanpa adanya sambal sebagai salah satu menu makanan Anda. Meskipun mudah, tapi apakah ada yang belum tahu cara membuatnya? Berikut adalah cara-caranya.

 

Cara Membuat Sambal Kecap yang Mudah

Jika Anda berpikir bahwa membuat sambal kecap sulit, itu salah besar. Bahkan kurang dari 15 menit saja, Anda suda bisa menghidangkan sambal tersebut sebagai salah satu menu makanan Anda. Meski membuatnya tidak sulit dan bahan-bahan yang diperlukan tidak banyak. Tapi perlu Anda ketahui, rasa dari sambal ini sungguh nikmat dan luar biasa bila dihidangkan dengan berbagai jenis makanan apapun. Mari, kita buat sambal sederhana ini :

Untuk bahan yang diperlukan adalah :

  1. 5 buah cabai rawit merah.
  2. 3 siung bawang merah.
  3. 1 buah tomat segar
  4. 75 ml kecap manis atau secukupnya
  5. Dan 1 buah jeruk nipis.

Setelah semua bahan telah Anda dapatkan, sekarang tinggal eksekusi bahan tersebut untuk menjadi sambal nikmat yang akan menggugah selera makan Anda :

  1. Langkah pertama, iris cabai rawit, tomat dan juga bawang merah sesuai dengan selera Anda. Tapi untuk bawang merah, cobalah iris melintang agar terlihat lebih rapi.
  2. Masukkan semua irisan tersebut ke dalam sebuah wadah, masukkan 75ml kecap atau secukupnya sesuai selera Anda.
  3. Belah jeruk nipisnya dan peras untuk diambil airnya untuk dimasukkan ke campuran sambal.
  4. Aduk hingga merata, dan sambal kecap pun siap dihidangkan untuk Anda.

Bagaimana, mudah, bukan? Bahkan 10 menit saja sudah selesai dan sudah bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga.

 

Makanan Pendamping Sambal Kecap

Pastinya jika menikmati sambal, tidak akan lengkap bila tidak ada makanan pendampingnya. Untuk sambal dari kecap manis, hampir semua makanan bisa dijadikan pendampingnya. Berikut rekomendasi makanan pendamping :

  1. Ayam goreng.
  2. Sate kambing paling nikmat dengan sambal ini.
  3. Sate ayam
  4. Tahu isi dan jenis gorengan lainnya.
  5. Nasi panas dan juga sayur-sayuran.
  6. Mendhoan
  7. Kerupuk

Masih banyak makanan lain yang bisa dijadikan makanan pendamping untuk sambal ini. Anda bisa memilihnya sesuai keinginan Anda.

 

Manfaat Sambal dari Kecap untuk Kesehatan

Ternyata dibalik dari sambal ini, terdapat manfaat yang tersembunyi terutama manfaat untuk kesehatan. Bagi orang yang suka sambal kecap dinilai akan terhindar dari penyakit kanker, melancarkan sirkulasi darah, terhindar dari penyakit jantung dan juga bisa menurutkan berat badan. Luar biasa, bukan?

Kemudian untuk kecap manis sendiri memiliki kandungan yang bagus juga untuk kesehatan. Kecap berasal dari kedelai yang mengandung protein dan bagus untuk membantu pertumbuhan bagi anak dan remaja. Belum lagi adanya zat besi juga bagus untuk membantu sirkulasi darah. Ternyata, selain enak, sambal kecap sangat bagus untuk kesehatan asal kita makan sesuai dengan aturan.

Item terkait

Tips & Trik Mengolah Daging

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Mobil Sejuta Umat

colt t 120

Colt T Series: Maha Karya Mitsubishi yang Tak Lengkang Oleh Waktu

Berbicara soal mobil tua, bukan saja tentang mobil-mobil mewah di zamannya yang menjadi tunggangan para elite, melainkan juga soal mobil-mobil yang rela dijadikan kuda beban. Salah satunya adalah Mitsubishi Colt T Series. Seri besutan pabrikan Jepang satu ini rasanya layak disebut sebagai kendaraan tangguh lintas medan dan zaman. Lebih dari itu, kiranya tak berlebihan menyebut Colt T Series sebagai maha karya Mitsubishi yang tak lengkang oleh waktu.


Sebutan ini tak terlepas dari kemampuan Mitsubishi Colt T Series yang siap melibas berbagai medan bahkan kekuatannya masih bisa diandalkan hingga kini oleh para ‘juragannya’. Seri yang baru saja disebut sejatinya bernama asli Delica di negeri asalnya. Nama yang terdengar manis di telinga itu adalah singkatan dari Delivery Car. Sebagaimana nama yang disematkan tersebut, pada kenyataannya Delica memang dikeluarkan Mitsubishi sebagai senjata untuk merebut pasar kendaraan angkutan.

Baca selengkapnya...

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini