Enam Penganan Lezat yang Menggunakan Sambal Oncom Sebagai Bahannya

Dari sekian banyak penganan lezat yang berasal dari Jawa Barat, sambal oncom adalah salah satu yang terpopuler dan banyak digandrungi oleh mereka para pecinta kuliner. Meskipun berasal dari limbah, penganan satu ini memiliki tekstur rasa yang begitu khas.

Jika anda bisa mengolahnya dengan baik, akan ada menu baru yang tidak kalah lezat dan tentu disukai oleh semua orang. Bukan tidak mungkin jika anda juga salah satu diantaranya bukan?

Percaya atau tidak, olahan yang dicampur dengan sambal berbahan oncom ini begitu mudah untuk ditemui baik di kaki lima, ataupun di rumah makan berkelas. Dari sini kita sudah bisa melihat kalau olahan dari oncom tidak bisa anda sepelekan begitu saja. Dikutip dari berbagai sumber, ada 6 penganan lezat yang menggunakan sambal oncom ini. Penasaran apa saja? Silakan anda cek ulasan di bawah ini.

 

Olahan Unik Makanan Comro

Olahan pertama yang bisa anda nikmati jika anda mencari makanan berbahan dasar sambal oncom adalah comro. Siapa yang tidak kenal makanan satu ini? Comro adalah sebuah olahan khas Sunda yang berasal dari singkatan “oncom dijero” yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah oncom di dalamnya. Olahan berbahan dasar singkong dan kelapa parut yang dikombinasikan dengan oncom pedas ini menjadi salah satu penganan terpopuler di Jawa Barat.

 

Serabi/surabi dengan Toping Oncom

Jika di wilayah lain ada serabi berbagai rasa dan topping, lain halnya dengan wilayah Jawa Barat yang merupakan kampung halaman dari serabi itu sendiri. Serabi di Jawa Barat sangat populer dengan guyuran sambel berbahan dasar oncom di atasnya. Kalaupun ada yang manis, topping yang akan digunakan adalah lelehan gula aren yang sangat manis dan membuat rasanya tambah lezat.

 

Makanan Khas Sunda Ulukutek Leunca

Menu lain yang tidak kalah populer dan menggunakan sambal oncom dan leunca sebagai bahan dasar pembuatannya adalah Ulukutek leunca. Menu satu ini sangat disukai oleh mayoritas penduduk Jawa Barat. Ulukutek Leunca merupakan salah satu menu wajib di setiap rumah makan khas sunda dan ada banyak sekali orang yang menjadikan menu satu ini, sebagai menu utama di keseharian mereka.

 

Nasi Uduk Sunda

Menu favorit yang menggunakan oncom pedas sebagai bahan dasar selanjutnya adalah nasi uduk Sunda. Masakan satu ini biasa dijajakan di pagi hari di daerah Jawa Barat. Kalau anda kebetulan berkunjung ke daerah sunda, anda boleh mencoba menu masakan satu ini. Menu satu ini merupakan kombinasi antara nasi yang dibumbui dengan rempah rempah dan santan dan dikombinasikan dengan sambal oncom yang sangat lezat.

 

Nasi Tutug Oncom

Tidak ada yang bisa menyangkal kalau nasi tutug oncom menjadi salah satu olahan nasi yang begitu populer di kawasan sunda. Ada banyak sekali restoran yang menyajikan menu satu ini di Indonesia. Terutama pada era mdern saat ini ketika informasi dengan mudahnya beredar melalui media sosial. Nasi tutug oncom menggunakan kombinasi nasi hangat dengan olahan oncom kering dan cabai yang diolah dengan sempurna di dalamnya.

 

Itulah 6 penganan lezat yang menggunakan sambel berbahan oncom sebagai salah satu bahan utama mereka. Mungkin olahan olahan di atas sulit untuk anda temukan di daerah lain. Tapi jika anda kebetulan berkunjung ke wilayah Jawa Barat, anda akan dengan mudah menemukan menu-menu dengan bahan dasar sambal oncom yang kami sebutkan di atas.

Item terkait

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini