Gurih dan Pedasnya Resep Sambal Hijau yang Praktis untuk Dibuat Sendiri di Rumah

Apabila ditanya tentang sambal, maka mungkin kebanyakan yang ada di pikiran kita adalah sambel dengan warna merah dengan rasa pedas. Namun, ada juga lho sambal hijau yang ternyata memiliki cita rasa yang tak kalah sedap dan enaknya dengan aneka sambal lain yang sudah familiar di Indonesia.

Sambal ini memiliki rasa yang gurih dan juga pedas. Apabila anda memperhatikan, sambal ini seringkali dihidangkan di banyak rumah makan, terutama rumah makan padang. Mungkin sambal ini memang berasal dari Padang sehingga akan mudah ditemukan di remahh makan padang.

Sambal ini bisa dicocol atau dicampur dengan beragam lauk pauk seperti ati goreng, bebek goreng, ayam goreng, tahu dan tempe, serta beragam lauk pauk lainnya. penasaran seperti apakah cara membuat sambal hijau yang enak? Berikut ini adalah resepnya.

 

Resep spesial sambal hijau praktis dan pedasnya bikin ketagihan

Tentu saja sambal harus memiliki rasa yang pedas ya. Nah, kali ini kami akan membagikan resep sembal hijau yang mudah sekali dibuat namun tetap memiliki citarasa nikmat dan pedasnya akan membuat ketagihan. Berikut ini adalah bahan bahan untuk membuat sambal hijau istimewa:

  • Cabe hijau keriting sekitar 100 gram
  • 3 buah tomat hijau
  • 2 butir bawang putih ukuran sedang
  • 4 buah bawang merah ukuran sedang
  • Garam dapur secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk memasak sambal hijau
  • Air secukupnya untuk merebus tomat dan cabai.

Bahan membuat sambel hijau diatas memang sangat mudah ditemukan. Ada yang menarik dari membuat sambal ini dimana orang Minang percaya bahwa agar sambal tak membuat perut mulas, maka cabe tak akan diambil tangkainya ketika dimasak. Jadi, tangkai akan dibiarkan utuh pada saat membuat sambal hijau ini.

Anda bisa mencobanya juga di rumah, namun apabila anda tak ingin mengikutkan tangkainya pun tak jadi masalah.

 

Cara Membuat Sambal Hijau

Nah, sekarang saatnya eksekusi unttuk membuat sambel hijau enak ini. seperti apakah caranya? Berikut ini adalah cara cara lengkapnya:

  1. Pertama tama, cuci bersih terlebih dahulu beberapa bahan seperti tomat hijau dan cabe hijau dengan air mengalir
  2. Kemudian, panaskan air di dalam panci
  3. Setelah air mulai panas atau mendidih, masukkan cabe hijau, tomat hijau, bawang putih, dan bawang mera. Tunggu hingga latu.
  4. Setelah layu, angka dan tiriskan sebentar
  5. Siapkan ulekan atau cobek kemudian ulen bahan rebusan tersebut bersama dengan gula pasir dan garam dapur sesuai dengan selera anda.
  6. Biasanya, sambel hijau ini akan diulek dengan ciri khas agak kasar atau tidak terlalu halus.
  7. Setelah itu, siapkan wajan di penggorengan dan panaskan minyak
  8. Setelah minyak panas, maka masukkan sambal hijau tadi dan kemudian oseng oseng atau masak sebentar hingga sambel harum dan matang.

Sudah jadi. Sambal hijau yang nikmat siap untuk disajikan. Anda bisa menyantapnya sebagai cocolan atau menuangkannya diatas lauk pauk seperti ayam goreng/bakar, bebek, telur dan lain sebagainya. Apabila anda suka, anda juga bisa mencampurkan sambel hijau ini dengan ati goreng yang nikmat. Cocok disantap dengan nasi hangat saja atau ditambahkan pula dengan sayur daun ketela yang dimasak dengan santan seperti yang biasanya disajikan di rumah makan padang.

Item terkait

Tips & Trik Mengolah Daging

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Mobil Sejuta Umat

colt t 120

Colt T Series: Maha Karya Mitsubishi yang Tak Lengkang Oleh Waktu

Berbicara soal mobil tua, bukan saja tentang mobil-mobil mewah di zamannya yang menjadi tunggangan para elite, melainkan juga soal mobil-mobil yang rela dijadikan kuda beban. Salah satunya adalah Mitsubishi Colt T Series. Seri besutan pabrikan Jepang satu ini rasanya layak disebut sebagai kendaraan tangguh lintas medan dan zaman. Lebih dari itu, kiranya tak berlebihan menyebut Colt T Series sebagai maha karya Mitsubishi yang tak lengkang oleh waktu.


Sebutan ini tak terlepas dari kemampuan Mitsubishi Colt T Series yang siap melibas berbagai medan bahkan kekuatannya masih bisa diandalkan hingga kini oleh para ‘juragannya’. Seri yang baru saja disebut sejatinya bernama asli Delica di negeri asalnya. Nama yang terdengar manis di telinga itu adalah singkatan dari Delivery Car. Sebagaimana nama yang disematkan tersebut, pada kenyataannya Delica memang dikeluarkan Mitsubishi sebagai senjata untuk merebut pasar kendaraan angkutan.

Baca selengkapnya...

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini