Ingin Membuat Sambel Terasi yang Enak? Mudah, Ini dia Resep dan Caranya

Aneka sambal di Indonesia memang sangat banyak dan ini menambah kekayaan kuliner otentik tanah air yang sangat disukai. Semua sambal tersebut pun memiliki citarasa yang nikmat, salah satunya adalah sambel terasi.

Mungkin anda sudah sangat familiar dengan sambel ini ya mengingat sambel ini mudah sekali dibuat dan juga praktis.

Sambal ini juga memiliki citarasa unik tapi tetap enak. Tak heran ya apabila sambel terasi seringkali masuk ke menu beberapa tempat makan, terutama untuk tempat makan yang menyediakan aneka sambal atau goreng gorengan. Nah, tak harus selalu beli, anda juga bisa lho membuat sambal terasi yang enak dan membuat ketagihan sendiri di rumah. Hal ini karena ternyata sangat mudah untuk menemukan bahan yang digunakan untuk membuat sambel terasi. Bagaimana caranya? Ini dia resep spesial sambal terasi yang mudah dan praktis.

 

Persiapkan Terlebih Dahulu Bahan Bahannya

Sebelum lanjut ke langkah atau cara membuat sambal terasi, kita harus menyediakan terlebih dahulu bahan bahan yang dibutuhkan seperti di bawah ini:

  • Cabe hijau besar 2 buah
  • Cabe merah keriting 8 buah
  • Cabe rawit merah 5 buah
  • Bawang merah 2 butir, potong potong
  • Bawang putih 5 butir, iris iris, dan goreng
  • Terasi goreng sebanyak 2 sendok teh
  • 1 buah tomat, belah menjadi dua bagian
  • Garam secukupnya
  • Gula merah atau gula jawa sebanyak 1 sendok makan
  • Minyak untuk menggoreng.
  • Jeruk sambel atau jeruk purut

Apabila semua bahan sudah siap di meja, maka kini anda siap untuk langsung membuat sambel terasi ini. Sebagai informasi, cabe cabe diatas dapat anda potong potong terlebih dahulu sebelum digoreng atau anda juga bisa langsung menggorengnya tanpa harus dipotong.

Selanjutnya, maka kita akan langsung membuat sambel terasi. Nah, berikut ini adalah langkah – langkahnya.

  1. Panasakan terlebi dahulu minyak goreng secukupnya di dalam wajan atau penggorengan
  2. Masukkan cabe merah, cabe merah keriting, cabe rawit, bawang mera, terasi, serta tomat dan goreng hingga layu dan agak kecoklatan
  3. Kemudian, angkat dan pindahkan ke dalam ulekan
  4. Tambahkan bawang putih yang sudah digoreng terlebih dahulu
  5. Lalu, ulek atau haluskan kasar terlebih dahulu bahan bahan tersebut
  6. Masukkan gula merah, garam, dan penyedap rasa sesuai dengan selera
  7. Ulek lagi hingga menjadi halus atau hingga memiliki tingkat kehalusan yang anda inginkan
  8. Tambahkan tomat dan ulek asal rata
  9. Kemudian, iris jeruk sambel atau jeruk purut menjadi dua bagian saja
  10. Peras sarinya diatas sambel terasi (pastikan bijinya tak ikut masuk) dan aduk aduk kembali sambal ini hingga jeruk merata

Sudah siap. Sambel terasi nikmat pun siap dihidangkan. Untuk membuat menu spesial sambal ini memiliki rasa yang lebih nikmat, anda bisa menyantapnya dengan aneka lauk pauk seperti ayam goreng / bakar, ikan goreng atau bakar, bebek goreng atau bakar, jeroan yang digoreng, tahu, tempe, pete, telur dadar, telur mata sapi, dan lain sebagainya.

Sambal terasi ini juga cocok disandingkan dengan beberapa olahan sayur seperti kangkung, sayur asem, sop, dll karena memang memiliki rasa yang enak. Sepiring nasi hangat akan membuat makan siang atau makan malam anda dengan sambel terasi ini terasa lebih nikmat.

Item terkait

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini