Kerupuk Pangsit Adalah Kuliner Hasil Modifikasi Dari Makanan Tradisional Cina

Mengonsumsi bakso atau mie rasanya memang kurang lengkap bila tak ditambah pangsit atau kerupuk pangsit. Walaupun sudah dikenal sejak dulu faktanya pangsit dan kerupuk pangsit bukanlah makanan tradisional asli Indonesia, melainkan berasal dari Tiongkok yang tepatnya mulai dibuat sejak zaman Dinasti Tang (618-906).

Dahulu hidangan ini disebut wonton dan pangsit, termasuk kerupuk pangsit adalah perkembangan dari kuliner ini setelah tiba di Indonesia pada saat banyak pedagang dari Cina yang datang untuk melakukan ekspor dan impor barang-barang. Saat ini tak sulit untuk menemukan pangsit yang diolah menjadi aneka snack di berbagai toko makanan ringan.

Sejarah makanan tradisional asal Tiongkok ini cukup panjang, bahkan termasuk dari namanya. Pangsit berawal dari sebuah penganan yang disebut jiaozi atau dumpling, yaitu adonan tepung terigu yang dicampur air dan diuleni untuk menghasilkan kulit yang sangat tipis. Kulit tersebut lalu dibentuk seperti kantong dan diberi bahan isian.

Kuliner ini adalah pendamping sup tradisional yang umum disajikan pada acara Festival Musim Semi serta peringatan tahun baru. Jiaozi dulu adalah dumpling dengan sedikit isian, namun seiring perubahan zaman, isiannya semakin tebal untuk menambah kenikmatan citarasa hingga akhirnya diberi nama pangsit, sebagaimana yang kita kenal ini.

Makanan tradisional dari Tiongkok ini biasanya diisi dengan daging cincang kemudian dibungkus dengan lembaran kulit yang dibuat dari tepung terigu. Isian pangsit pun semakin beragam, selain daging sapi atau babi cincang orang Indonesia juga kerap menambahkan udang dan sayuran.

Agar citarasanya semakin lezat ditambahkan pula bumbu-bumbu sesuai selera orang Indonesia, seperti cincangan bawang putih dan garam. Kuliner pangsit begitu populer, hingga beberapa Negara juga mempunyai aneka snack berupa pangsit tapi dengan versinya masing-masing. Di Jepang misalnya pangsit disebut dengan gyoza dengan bentuk dan proses pengolahan yang tak terlalu berbeda jauh.

Saat ini Anda juga bisa mendapatkan kulit pangsit instan di supermarket-supermarket untuk membuat dumpling dan tinggal memberi bahan isian. Berikutnya pangsit dimasak dengan cara dikukus atau digoreng sehingga menjadi pangsit kering atau kerupuk pangsit.

Ada kerupuk pangsit tanpa isian yang berukuran besar atau kecil yang bisa dipilih sesuai keinginan Anda di berbagai pusat penjualan aneka makanan ringan. Kerupuk pangsit baik dengan isian atau yang hanya berupa gorengan kulit pangsit saja mempunyai penggemarnya sendiri-sendiri dan nikmat disantap pada berbagai kesempatan

Harga kerupuk pangsit pun cukup terjangkau, cukup rogoh kocek 5 ribu rupiah saja untuk mendapatkan sebungkus kerupuk yang gurih dan renyah. Masyarakat Indonesia memang kreatif dalam menciptakan kuliner baru dan aneka snack, termasuk kerupuk pangsit yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah tepung terigu dengan tambahan bubuk kaldu instan, irisan daun seledri atau bawang, serta garam. Setelah dicampur air dan diuleni hingga kalis, berikutnya adonan digiling sampai tipis dengan alat khusus atau digilas menggunakan botol kecap.

Proses berikutnya adalah mengiris adonan sesuai bentuk yang diinginkan kemudian digoreng dalam minyak panas sampai matang. Ciri-ciri kerupuk pangsit yang sudah matang adalah berwarna kuning keemasan.

Anda bisa langsung menghidangkannya atau menambahkan bubuk perasa instan, seperti rasa keju, balado, ayam, pedas, dan lain-lain. Agar tampil lebih kekinian sebagaimana snack-snack yang populer sekarang ini, Anda juga bisa menyediakan varian kerupuk pangsit pedas dengan level-level tertentu.

Item terkait

Tips & Trik Mengolah Daging

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Mobil Sejuta Umat

colt t 120

Colt T Series: Maha Karya Mitsubishi yang Tak Lengkang Oleh Waktu

Berbicara soal mobil tua, bukan saja tentang mobil-mobil mewah di zamannya yang menjadi tunggangan para elite, melainkan juga soal mobil-mobil yang rela dijadikan kuda beban. Salah satunya adalah Mitsubishi Colt T Series. Seri besutan pabrikan Jepang satu ini rasanya layak disebut sebagai kendaraan tangguh lintas medan dan zaman. Lebih dari itu, kiranya tak berlebihan menyebut Colt T Series sebagai maha karya Mitsubishi yang tak lengkang oleh waktu.


Sebutan ini tak terlepas dari kemampuan Mitsubishi Colt T Series yang siap melibas berbagai medan bahkan kekuatannya masih bisa diandalkan hingga kini oleh para ‘juragannya’. Seri yang baru saja disebut sejatinya bernama asli Delica di negeri asalnya. Nama yang terdengar manis di telinga itu adalah singkatan dari Delivery Car. Sebagaimana nama yang disematkan tersebut, pada kenyataannya Delica memang dikeluarkan Mitsubishi sebagai senjata untuk merebut pasar kendaraan angkutan.

Baca selengkapnya...

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini