Kelezatan Sambal Cibiuk, Warisan Ulama Di Kaki Gunung Haruman

Sambal cibiuk merupakan salah satu jenis sambal yang asli dari Desa Cibiuk, Garut Jawa Barat. Pasti para penggemar sambal asli Nusantara tidak asing lagi dengan sambal satu ini. Sambal ini sudah terkenal hingga hampir di semua daerah yang ada di Indonesia.

Sambal dengan cita rasa bumbu yang alami ini memang mempunyai bentuk yang unik, yaitu bumbunya tidak diulek halus.

Sambal ini sudah terkenal dari tahun 90’an bahkan sampai sekarang ini. Sekarang ini juga bisa anda jumpai resto yang namanya mengambil dari sambal cibiuk ini dan juga menjadikan sambal ini jadi menu andalan dari resto tersebut. Sambal dari Garut ini memang sudah terkenal sejak lama, sambal ini juga punya hubungan sejarah dengan salah satu penyebar islam yang ada di Garut.

 

Asal Usul Sambal Cibiuk

Tidak banyak masyarakat yang mengenal akan sejarah atau bahkan asal usul dari sambal ini. Pertama kali dibuat pada abad ke 18, pada jaman Syech Ja’far Shiddiq, salah satu toko penyebar Islam yang ada di Garut. Beliau memiliki andil mengajarkan tentang kegiatan ekonomi kepada para pengikut dan masyarakat. Beliau juga punya kebiasaan dalam menjamu tamu dengan memberikan makanan.

Anak dari Syech Ja’far Shiddiq yakni Nyimas Ayu Fatimah, adalah  penemu resep sambal ini. Pada mulanya hanya dikenal oleh para ulama saja, termasuk resepnya yang hanya diketahui oleh para keluarga ulama saja. Banyak mitos dan fakta mengenai sambal ini, misalnya saja hanya orang asli Cibiuk saja yang bisa membuat sambal ini terasa enak dan lezat.

 

Sambal Asli Cibiuk Segar dan Sedap

Sambal cibiuk yang sederhana ini memang merupakan ciri khas dari sambal asal Jawa Barat. Rasanya yang asam, segar dan juga pedas membuat setiap orang menyukai sambal ini. Membuatnya juga tidak sulit. Hanya perlu memilih bahan-bahan yang segar dan juga merupakan pilihan terbaik.

Agar resep sambal dari Garut ini otentik, maka anda harus memperhatikan beberapa hal penting misalnya saja dalam pemilihan cabai rawit yang jadi bahan utamanya. Sebaiknya pilih yang segar dan tua. Jangan sampai anda mencampur cabai tua dan yang masih muda, supaya baunya tidak langu. Selain itu pemilihan tomat hijau yang keras, hijau merata, mulus. Jangan gunakan tomat hijau yang berlubang.

 

Cita Rasa Unik Sambal Cibiuk

Sambal dari Cibiuk Garut ini memang mempunyai cita rasa yang unik, begitu pula dengan tampilannya. Beda dengan jenis sambal yang lainnya, sambal ini diulek dengan cara kasar. Semua jenis bahan yang digunakan hanya diulek agar isinya keluar dan pecah saja. Ciri khas lain yang bisa anda jumpai pada sambal ini ialah aromanya. Aroma yang khas dari sambal ini juga datang dari bumbu itu sendiri.

Komposisi bumbu itu punya aroma kuat tapi lezat. Seperti daun kemangi, terasi, dan kencur. Untuk terasi yang digunakan akan lebih baik jika terasi bakar. Bagi masyarakat Cibiuk itu sendiri, sambal ini memang sudah biasa hadir dengan menu hidangan lain. Sambal cibiuk ini sangat cocok jika dihidangkan bersama dengan ikan asin digoreng kering.

Item terkait

Tips & Trik Mengolah Daging

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Mobil Sejuta Umat

colt t 120

Colt T Series: Maha Karya Mitsubishi yang Tak Lengkang Oleh Waktu

Berbicara soal mobil tua, bukan saja tentang mobil-mobil mewah di zamannya yang menjadi tunggangan para elite, melainkan juga soal mobil-mobil yang rela dijadikan kuda beban. Salah satunya adalah Mitsubishi Colt T Series. Seri besutan pabrikan Jepang satu ini rasanya layak disebut sebagai kendaraan tangguh lintas medan dan zaman. Lebih dari itu, kiranya tak berlebihan menyebut Colt T Series sebagai maha karya Mitsubishi yang tak lengkang oleh waktu.


Sebutan ini tak terlepas dari kemampuan Mitsubishi Colt T Series yang siap melibas berbagai medan bahkan kekuatannya masih bisa diandalkan hingga kini oleh para ‘juragannya’. Seri yang baru saja disebut sejatinya bernama asli Delica di negeri asalnya. Nama yang terdengar manis di telinga itu adalah singkatan dari Delivery Car. Sebagaimana nama yang disematkan tersebut, pada kenyataannya Delica memang dikeluarkan Mitsubishi sebagai senjata untuk merebut pasar kendaraan angkutan.

Baca selengkapnya...

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini