Kelezatan Sambal Colo-colo dari Indonesia Bagian Timur

Orang Indonesia memang tidak akan enak makan bila tidak ada sambal di samping nasinya. Ada banyak jenis sambal di Indonesia salah satunya adalah sambal colo-colo.

Sambal ini sebenarnya sama dengan sambal-sambal yang biasa, hanya saja namanya yang asing. Sehingga banyak yang mengira resepnya sedikit berbeda dengan ada yang di pulau Jawa ataupun pulau-pulau yang lainnya.

Rasanya yang gurih, pedas dan asam memang sangat menggugah selera Anda ketika makan. Apalagi di Indonesia Timur memang banyak orang yang mengulah sagu, sambal ini sangat cocok bila dimakan menggunakan sagu dan ikan hasil tangkapan sendiri di Indonesia Timur.

Memang sambal ini berasal dari Maluku atau Ambon yang memang sama seperti Papua, sangat menyukai makanan dengan bahan dasar sagu. Sebagai pelengkap rasa, kebanyakan mereka menambahkan sambal tersebut. Cara membuatnya pun mudah dan Anda bisa membuatnya di rumah.

 

Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Sambal Khas Timur Ini

Mungkin banyak yang belum tahu jika sambal colo-colo ini adalah sambal yang memiliki berbagai versi. Memang sebelum Anda memasak sambal tersebut, ada baiknya untuk mengenal beberapa hal tentang sambal khas Timur tersebut. Versi yang berbagai macam memang tersebar di Nusantara. Apakah Anda pernah membuat sambal kecap? Sambal kecap juga termasuk colo-colo hanya ada penambahan kecap di dalamnya.

Sambal colo-colo ini juga dikenal sebagai sambal matah bila di Bali dan disajikan dengan berbagai macam daging seperti ayam, sapi ataupun kambing. Tapi berbeda dengan orang Timur. Selain menggunakan sagu, ada juga yang menggunakannya sebagai teman memakan ulat sagu.

Pasti Anda mendengarkannya saja sudah sangat jijik, apalagi melihatnya. Ulat sagu adalah ulat yang ditemukan di pohon sagu. Badannya gemuk dan cukup besar. Banyak orang timur yang membuatnya menjadi sate dan dimakan dengan sambal yang dikenal dengan colo-colo ini. Memang Indonesia kaya akan keberagaman.

 

Bahan-bahan Untuk Membuat Sambal Colo-colo

Bila Anda tertarik untuk memasak sambal ini, berikut adalah bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan untuk membuatnya :

  • 10 cabai rawit hijau
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 10 butir bawang merah
  • 2 buah jeruk nipis atau jeruk lemon
  • 1 buah tomat
  • Gula dan garam secukupnya.
  • 100ml air bersih.

Nanti untuk cabai, bawang merah harus diiris tipis-tips. Jangan sampai irisnya tebal-tebal karena semua bahan tersebut tidak dimasak, tapi dimakan mentah-mentah. Jadi, untuk bisa menikmatinya dengan lezat, harus diiris secara tipis-tips. Semua bahan mudah didapat dan harganya pun murah. Anda bisa membelinya di pasar untuk mendapatkan harga termurah.

 

Proses Pembuatan Sambal Colo-colo

Setelah semua bahan telah terkumpul, tentu tahap selanjutnya adalah proses pembuatannya, tak perlu memerlukan waktu yang lama. Akan tetapi, Anda mungkin akan menahan perihnya mata saat mengiris bawang merah yang berjumlah 10 butir itu. Langsung saja untuk ke proses pembuatan sambel ini :

Langkah pertama, seperti yang dijelaskan di atas, untuk bawah merah, cabai, dan tomat harus diiris. Irisnya harus tipis dan menyamping agar tampilannya juga bagus. Lalu, masukkan semua bahan yang telah diiris ke mangkuk. Langkah kedua, belah jeruk nipis menjadi 2 untuk kemudian diperas untuk mengambil airnya dan dicampur ke dalam mangkuk.

Kemudian langkah yang terakhir adalah masukkan gula dan garam secukupnya dan juga air. Aduk hingga merata dan sambal colo-colo siap untuk dihidangkan sebagai pendamping makanan untuk Anda.

Item terkait

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini