Kerupuk Getas Makanan Tradisional Pulau Bangka

Pulau Bangka tak hanya populer dengan pemandangan alam pantainya yang menakjubkan tapi juga makanan tradisional yang menggugah selera. Para pelancong umumnya membawa buah tangan berupa snack seperti kerupuk kemplang, kerupuk getas, serta cemilan berbahan ikan laut lainnya.

Hal tentu tak mengherankan mengingat hasil laut di kawasan tersebut cukup melimpah dengan kualitas yang baik. Tak hanya ikan-ikan laut tapi juga cumi, udang, dan kepiting yang tersedia cukup banyak. Untuk mendapatkan beragam cemilan tradisional Anda bisa singgah ke pusat oleh-oleh dan aneka makanan ringan yang tersedia cukup banyak termasuk di Pangkalpinang.

Makanan tradisional ini kebanyakan diproduksi pada sentra-sentra industri rumahan berskala kecil hingga menengah oleh penduduk setempat. Cemilan berbentuk bulat putih ini sudah sejak lama populer di kalangan masyarakat Bangka namun tidak diketahui siapa yang pertama kali menciptakannya. Citarasanya yang gurih membuat snack tradisional ini cocok dinikmati sebagai teman makan nasi atau disantap begitu saja sebagai penganan ringan.

Kerupuk getas juga kerap dinikmati dengan aneka makanan ringan lainnya, termasuk empek-empek dengan disiram cuka. Selain disebut kerupuk getas, masyarakat setempat juga menamai kerupuk ini keritek, dan sebagian masyarakat di Pulau Bangka menyebutnya peletek. Cara pembuatan makanan tradisional ini cukup unik, alih-alih dicampur dengan tepung terigu atau tapioca sebagaimana aneka snack tradisional lainnya, kerupuk getas adalah campuran daging ikan cincang dengan sagu rumbia.

Ikan yang digunakan umumnya adalah ikan tenggiri yang dikenal mempunyai kualitas daging yang baik, tebal, bertekstur lembut serta mempunyai aroma ikan yang kuat. Inilah sebabnya walaupun diberi campuran berbagai bumbu serta penyedap pada adonannya aroma ikan tenggiri tak bisa begitu saja hilang. Resep tradisional makanan ringan ini memang mempunyai komposisi jumlah ikan dan tepung sagu yang seimbang.

Pembuatan aneka snack tradisional Pulau Bangka memang sangat unik, termasuk kerupuk getas. Bila umumnya pada proses pembuatan kerupuk lainnya adonan harus dikukus dulu, dipotong-potong, dan dikeringkan di bawah terik sinar matahari baru dapat digoreng, proses tersebut tak berlaku untuk kerupuk getas. Adonan kerupuk getas dapat langsung dipotong-potong dan digoreng tanpa perlu dijemur terlebih dahulu.

Meskipun tanpa proses penjemuran dijamin kerupuk akan tetap renyah dan nikmat. Walaupun mudah ditemukan di berbagai toko aneka makanan ringan dan pusat oleh-oleh, kerupuk getas ternyata mempunyai kualitas dan harga yang berbeda-beda tergantung kadar ikan tenggirinya. Semakin banyak daging ikan tenggiri yang digunakan dalam adonannya, harganya tentu semakin mahal, namun rasanya semakin enak.

Nah, Anda bisa memilih produk yang paling sesuai dengan selera Anda. Tak ada salahnya memilih produk berkualitas terbaik bila Anda hendak memberi buah tangan kepada kerabat dan teman-teman yang tak bisa turut serta pada acara liburan Anda kali ini. Di pasaran ada dua macam kerupuk getas yang beredar, yaitu kerupuk getas bulat dan kerupuk getas panjang.

Tapi tak ada perbedaan terkait citarasanya, hanya bentuknya yang berbeda. Jadi Anda tak perlu khawatir. Produk kerupuk getas yang terkenal paling lezat dan berkualitas adalah yang diproduksi oleh masyarakat Belinyu. Kerupuk getas dapat dikatakan sangat membantu menambah penghasilan masyarakat setempat, umumnya di kawasan Kabupaten Bangka Tengah, yang mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan.

Item terkait

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini