Kerupuk Kulit Pisang Khas Bantul Yogyakarta

Kekayaan kuliner Indonesia rasanya memang tak ada habisnya dan ini didukung oleh orang-orang kreatif yang selalu giat berinovasi demi menampilkan produk kuliner yang lezat dan unik, salah satunya adalah kerupuk kulit pisang

Nah, bila Anda sudah cukup akrab dengan makanan tradisional keripik pisang kali ini kita akan berkenalan dengan bagian kulitnya yang ternyata juga dapat diolah menjadi penganan ringan kerupuk dengan citarasa yang tak kalah menggoda dan menyebabkan ketagihan.

Penemuan snack yang unik ini berawal dari kegelisahan seorang warga yang melihat banyaknya limbah kulit pisang yang selama ini hanya menjadi pakan ternak atau dibuang di tempat sampah.

Lasio yang merupakan warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta adalah orang yang pertama kali mencoba mengolah kulit pisang menjadi kerupuk pada April 2013.

Sebelumnya, Lasio yang juga menjabat sebagai ketua Koperasi Agro Murasa Boga Bantul telah berinovasi dengan aneka makanan ringan bonggol pisang aneka rasa. Ternyata pembuatan kerupuk kulit pisang juga cukup mudah, hampir sama dengan pembuatan aneka snack lainnya, hanya syaratnya bahan baku yang digunakan adalah kulit pisang yang masih hijau.

Sebelum diolah menjadi kerupuk kulit pisang dicuci sampai bersih dan direbus selama 30 menit kemudian ditiriskan. Setelah tiris kemudian dipotong-potong dan dihaluskan dengan blender untuk dikurangi kadar airnya.

Ampas kulit pisang kemudian dicampur dengan bahan-bahan lain, yaitu tepung tapioka, garam, dan bawang putih. Pada beberapa pusat produksi aneka makanan ringan ada juga yang menambahkan terasi, seledri, daun bawang, dan udang kering (ebi) agar citarasanya lebih lezat.

Berikutnya adonan dibentuk silinder dan dibungkus dengan daun pisang lalu dimasukkan kulkas selama 2 jam. Proses berikutnya adalah diiris-iris dan dikeringkan di bawah sinar matahari dan digoreng.

Walaupun bukan tergolong oleh-oleh makanan tradisional yang umumnya dicari wisatawan tapi kerupuk kulit pisang yang bisa didapatkan pada pusat penjualan aneka makanan ringan Bantul ini juga banyak diminati karena keunikannya.

Ada dua varian rasa yang dapat Anda peroleh, yaitu manis dengan sedikit rasa gurih dengan masih memunculkan aroma pisang dan rasa asin sebagaimana pada resep olahan di atas. Kerupuk kulit pisang cocok disantap sambil menyeruput teh di sore hari atau dihidangkan saat menggelar acara di rumah.

Tak hanya bercitara lezat dan unik, cemilan yang dapat dibeli pada pusat oleh-oleh dan aneka snack di kota Jogja ini juga kaya manfaat. Dari beberapa riset yang pernah dilakukan universitas-universitas populer di Indonesia, diketahui bahan tersebut mempunyai kandungan anti oksidan, yaitu polifenol, dan karotenoid yang dapat mengurangi efek buruk radikal bebas pada tubuh. Selain itu ditemukan pula senyawa yang dapat mencegah penyakit kencing manis, kanker, hingga gangguan pembuluh darah dan jantung.

Saat berupaya menciptakan varian inovatif aneka snack dari limbah kulit pisang ini, Lasio bukannya tak menemui tantangan, yaitu kulit pisang yang mudah hancur karena direbus. Inilah sebabnya dipilih kulit pisang yang masih hijau dari pisang yang masih mengkal. Selain itu Lasio juga mengalami kendala karena adonan yang telah dibungkus daun pisang sulit diiris dan ini diatasi dengan dibekukan dulu di kulkas.

Saat berkunjung ke Kabupaten Bantul jangan ragu untuk mampir berbelanja kerupuk kulit pisang dan beragam makanan tradisional lainnya sebagai buah tangan untuk kerabat dan sahabat Anda. Semoga bermanfaat!

Item terkait

Tips & Trik Mengolah Daging

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Mobil Sejuta Umat

colt t 120

Colt T Series: Maha Karya Mitsubishi yang Tak Lengkang Oleh Waktu

Berbicara soal mobil tua, bukan saja tentang mobil-mobil mewah di zamannya yang menjadi tunggangan para elite, melainkan juga soal mobil-mobil yang rela dijadikan kuda beban. Salah satunya adalah Mitsubishi Colt T Series. Seri besutan pabrikan Jepang satu ini rasanya layak disebut sebagai kendaraan tangguh lintas medan dan zaman. Lebih dari itu, kiranya tak berlebihan menyebut Colt T Series sebagai maha karya Mitsubishi yang tak lengkang oleh waktu.


Sebutan ini tak terlepas dari kemampuan Mitsubishi Colt T Series yang siap melibas berbagai medan bahkan kekuatannya masih bisa diandalkan hingga kini oleh para ‘juragannya’. Seri yang baru saja disebut sejatinya bernama asli Delica di negeri asalnya. Nama yang terdengar manis di telinga itu adalah singkatan dari Delivery Car. Sebagaimana nama yang disematkan tersebut, pada kenyataannya Delica memang dikeluarkan Mitsubishi sebagai senjata untuk merebut pasar kendaraan angkutan.

Baca selengkapnya...

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini