Kerupuk Palembang Bikin Nagih

Kerupuk adalah jenis kuliner yang menyebar ke berbagai daerah seperti di pesisir Kalimantan, Sumatera sampai dengan Semenanjung Melayu. Masyarakat melayu yang memiliki kekayaan laut seperti ikan dan udang kemudian membuat kerupuk dengan bahan baku tersebut.

Setelah sekian lama, makanan ini mulai disukai oleh orang-orang di mancanegara, utamanya sejak zaman kolonialisme Hindia Belanda. Bahkan kerupuk juga sudah dianggap sebagai pelengkap yang wajib ada pada makanan tradisional terutama kuliner Nusantara yang mereka makan. Walaupun mulanya kerupuk tersebut dianggap sebagai pelengkap, tetapi perlahan kerupuk tersebut mendapatkan tempat sendiri di hati orang-orang Eropa.

Bagi orang-orang mancanegara, aneka snack kerupuk sudah menjadi suatu hal yang melekat serta menarik minat mereka sebab kerupuk tersebut telah dianggap sebagai identitas kuliner Indies atau Hindia Belanda. Bahan dasar kerupuk ada berbagai macam mulai dari kulit, tepung kanji atau tepung singkong, tepung terigu, daging, udang dan juga ikan. Sedangkan untuk jenisnya juga ada berbagai macam tergantung dari bahan pembuatannya, misalnya seperti kerupuk udang atau juga kerupuk ikan.

Untuk nama dagang kerupuk juga diambil dari bahan tambahan misalnya seperti kerupuk udang, kerupuk ikan dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, nama kerupuk juga diambil dari tempat buatannya seperti kerupuk Malang, kerupuk sukorejo atau juga kerupuk palembang.

 

 

Kerupuk Palembang

Sekali mencium aroma dan melihat bentuknya, tentunya tahu orang sudah mengetahui bahwa kerupuk tersebut adalah kerupuk Palembang. Kerupuk Palembang memang sudah terkenal akan rasanya yang gurih tiada duanya. Kerupuk palembang tersebut memiliki bentuk, cara memasak dan juga aroma masing-masing. Sedangkan cara penyajiannya ada dua yakni digoreng dan dibakar. Berikut ini adalah beberapa jenis kerupuk Palembang.

 

 

Kemplang bakar

Namanya diambil sebagaimana cara pembuatannya. Cara pembuatan kerupuk kemplang yaitu dengan dipukul yang bertujuan untuk meratakan adonan. Awalnya, dibuat dari bahan dasar ikan belida serta tepung tapioka. Akan tetapi, saat ini ikan belida sudah sulit untuk didapatkan sehingga kemplang tersebut dibuat menggunakan ikan tenggiri. Kerupuk kemplang biasanya dinikmati dengan sambal khusus.

 

 

Kemplang kancing

Jenis kerupuk Palembang yang selanjutnya yaitu kemplang kancing. Dinamakan kerupuk kemplang kancing karena bentuknya yang lebih kecil mirip kancing, dibandingkan dengan kerupuk kemplang pada umumnya. rasanya juga tidak kalah gurih dan memiliki tekstur yang renyah. Cara pembuatan kemplang kancing tersebut yaitu dengan cara digoreng. Sedangkan bahan pembuatan kerupuk kemplang kancing tersebut adalah ikan tenggiri, ikan belida serta ikan gabus.

 

 

Kerupuk keriting

Kerupuk Palembang bukan hanya berbentuk bulat saja, namun juga yang memiliki bentuk bundar keriting. Kerupuk berbentuk bundar keriting tersebut mempunyai banyak nama di antaranya yaitu keriting, acak, mawar serta sanggul. Sebagaimana umumnya kerupuk palembang, kerupuk keriting tersebut juga dibuat dari bahan dasar ikan. Cara membuatnya kerupuk dengan memakai mesin yang memiliki lubang kecil-kecil untuk mengalirkan adonan kerupuk yang bentuknya masih cair hingga terbentuk pola seperti rambut keriting.

 

 

Pilus

Pilus merupakan salah satu makanan ringan yang memiliki bentuk kecil dan bulat. Pilus tersebut saat dimakan memang terasa  sangat renyah dan gurih. Pilus cocok sebagai pendamping makan nasi.

 

 

Nah, itulah info singkat tentang berbagai macam kerupuk Palembang dengan rasanya yang gurih dan bikin ketagihan.

Item terkait

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

  • Peuyeum, Fermented Delicacies for West Java Peuyeum, Fermented Delicacies for West Java
    Peuyeum, Fermented Cassava from West Java - Indonesia has several delicious fermented foods, one of which is peuyeum. It is fermented cassava usually eaten as snacks. Although it is a traditional West Javanese snack, similar food also is known in other parts of Java but it is called Tape.
    Read more...

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini