Kerupuk Tahu Citarasanya Gurih dan Lezat

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak pebisnis makanan yang membuat aneka makanan ringan dengan beragam inovasinya. Tentunya aneka snack yang dibuat selezat mungkin agar banyak peminatnya. Meskipun banyak makanan modern yang muncul, namun ada juga makanan tradisional yang masih eksis hingga sekarang seperti keripik tahu. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai kerupuk tahu, simak penjelasan berikut:

Banyaknya Penggemar Kerupuk Tahu

Kerupuk memiliki banyak sekali penggemar dari beragam kalangan. Begitupun dengan kerupuk tahu. Hal ini karena rasa dari kerupuk sangat enak dan gurih serta karena harganya sangat murah. Meskipun kandungan nutrisi yang dimiliki tidak terlalu tinggi, namun kerupuk menjadi makanan tradisional favorit. Bahkan beberapa orang ada yang merasa bahwa tidak afdol jika makan tidak didampingi dengan kerupuk.

Ada juga beberapa orang yang pada saat tidak didampingi kerupuk merasa nafsu makannya menjadi turun. Kerupuk juga bisa dimakan sebagai cemilan. Jadi, kerupuk tidak hanya nikmat dimakan sebagai pendamping makanan utama saja. Bahkan kerupuk juga banyak yang dijadikan sajian pada saat lebaran. Banyaknya penggemar dari kerupuk membuat para pengusaha banyak yang membuka binis kerupuk dengan berbagai variannya.

Ada aneka makanan ringan berupa kerupuk yang menjadi favorit masyarakat seperti kerupuk tahu. Kerupuk diidentikkan sebagai makanan yang dikonsumsi oleh rakyat jelata. Namun, pada prakteknya kerupuk menjadi makanan yang tidak mengenal strata. Pada dasarnya pembuatan kerupuk dicampur dengan tepung tapioka. Namun, tidak semua jenis kerupuk dibuat dengan campuran tepung tapioka.

 

 


Komposisi Kerupuk Tahu

Meskipun aneka snack berkembang namun kerupuk tahu tetap tidak kehilangan penggemarnya. Sebenarnya ada berbagai macam cara mengolah kerupuk tahu. Pemilihan proses pengolahan kerupuk tahu tergantung dari setiap tempat yang membuatnya.  Terdapat beberapa komposisi umum yang digunakan pada proses pembuatan kerupuk tahu, diantaranya yaitu:

  • Tahu.
  • Tepung tapioka.
  • Tepung terigu.
  • Berbagai macam bumbu.
  • Minyak nabati.

 

 


Pentingnya Memperhatikan Pengolahan Kerupuk Tahu

Setiap makanan tradisional terutama makanan ringan kerupuk memiliki proses pengolahan yang beragam. Pada proses pengolahan kerupuk tahu harus sangat diperhatikan agar mendapatkan kerupuk tahu dengan produk terbaik. Jadi, penting untuk memperhatikan proses pengolahan kerupuk tahu. Ada beberapa halyang perlu diperhatikan agar kerupuk tahu terbaik bisa diproduksi, diantaranya yaitu:

 

  1. Pengolahan dari kerupuk tahu harus dibuat dengan bahan-bahan yang berkualitas. Seperti misalnya tahu dan tepung tapioka pilihlah yang berkulitas baik. Jadi, jangan sampai asal dalam memilih bahan baku tahu yang tepat untuk pembuatan kerupuk mengingat tahu merupakan perasa utama dari kerupuk ini.
  2. Proses pembuatan kerupuk tahu dilakukan dengan alat-alat yang memadai dan ditangani oleh para ahli yang memang memahami proses pengolahan kerupuk tahu.
  3. Perhatikan quality control dalam pengolahan kerupuk tahu agar kerupuk rasa tahu yang dihasilkan terbaik.
  4. Pastikan produk kerupuk tahu yang dihasilkan sehat dan higienis supaya aman saat dikonsumsi.
  5. Jika kerupuk tahu akan dipasarkan, maka bungkuslah dengan kemasan plastik yang tidak mudah bocor. Plastik yang memiliki ketebalan terlalu tipis bisa membuat kerupuk tahu yang dibungkus menjadi rawan terhadap kebocoran. Hal ini bisa membuat kerupuk menjadi tidak renyah lagi dan lembab. Simpan kerupuk tahu dalam kemasan plastik pada suhu ruangan yang normal.

 

 

Itulah penjelasan singkat mengenai banyaknya penggemar kerupuk tahu, komposisi kerupuk tahu dan pentingnya memperhatikan pengolahan kerupuk tahu.Dari berbagai macam aneka makanan ringan atau aneka snack yang sekarang ini berkembang, Kamu bisa memilih kerupuk tahu sebagai salah satu pilihan. Semoga dengan adanya penjelasan tersebut bisa memberikan manfaat untuk Kamu.

Item terkait

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

  • Peuyeum, Fermented Delicacies for West Java Peuyeum, Fermented Delicacies for West Java
    Peuyeum, Fermented Cassava from West Java - Indonesia has several delicious fermented foods, one of which is peuyeum. It is fermented cassava usually eaten as snacks. Although it is a traditional West Javanese snack, similar food also is known in other parts of Java but it is called Tape.
    Read more...

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini