Lezatnya Sambal Korek yang Melegenda di Nusantara

Sambal korek adalah sambal yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Mau makan dengan ayam goreng ataupun bebek goreng, pasti yang dicari adalah sambal ini.

Kenikmatan yang tidak ada habisnya dari dulu, hingga sekarang memang menjadi primadona dan disukai dari berbagai generasi. Tak salah jika sambal ini tetap eksis meski banyak makanan dari negeri barat telah menguasai juga di Indonesia.

Pembuatan sambal korek sendiri juga tidak lah sulit. Hanya butuh bahan sedikit dan waktu yang tak lama pula, membuat sambal ini menjadi salah satu menu makan Anda. Tak ada yang tidak mengenal sambal ini. Kebanyakan orang Indonesia pastinya sudah makan sambal ini, entah bikin sendiri ataupun makan di rumah makan.

Bila Anda bingung mau makan apa siang ini, cobalah untuk membuat sambal tersebut sebagai salah satu menu pendamping untuk makan siang Anda. Anggap saja sebagai pemulih tenaga setelah capek bekerja.

 

Resep Sambal Korek yang Enak

Sambal ini memang dikenal oleh banyak orang Indonesia sebagai sambal sederhana yang memiliki kualitas rasa yang luar biasa. Gorengan, daging, ataupun lalapan akan merasa 2x lebih sedap jika ditambah sambal yang dinamai korek ini. Hanya sedikit cocolan ke sambal, rasa makanan bertambah lezat.

Berikut adalah resep membuatnya :

Siapkan : 10 cabai rawit merah, 1 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, ½ sendok teh garam dan minyak goreng secukupnya. Bahannya memang sedikit dan mudah ditemukan meski di dapur Anda sekalipun. Jadi bisa buat dalam waktu mendadak bila makanan Anda tidak terlalu enak bila tidak ada persediaan sambal. Berikut adalah cara membuatnya :

  1. Langkah pertama, Anda harus mengupas bawang merah dan putihnya dan iris untuk mempermudah proses penghalusan menggunakan ulekan.
  2. Langkah kedua, haluskan cabai rawitnya, bawang merah, bawang putih dan garam secukupnya hingga benar-benar halus.
  3. Panaskan minyak goreng hingga benar-benar panas.
  4. Tuangkan minyak panas tersebut ke dalam ulekan yang berisi sambal yang sudah dihaluskan lalu aduk hingga merata.
  5. Sambal siap untuk disajikan

 

Rahasia Agar Sambal Korek Bisa Enak

Cita rasa sambal yang dinamai korek ini memang tidak dipungkiri lagi. Sudah lezat, membuatnya pun tidak memerlukan waktu yang lama. Anda pasti akan suka dengan sambal ini untuk sahabat makan. Tapi perlu Anda ketahui, sambal ini kadang tidak menghasilkan sambal yang enak karena tata cara membuatnya yang kurang benar.

Pastikan semua bahan, terutama bawang merah harus porsinya pas, boleh lebih tapi tidak boleh kurang karena akan mengurangi aroma sambalnya. Pada saat menghaluskan sambal, jangan memakai blender, usahakan dengan cara manual yaitu dengan ulekan. Usahakan minyak yang dituangkan benar-benar matang dan panas, karena kematangan minyak juga mempengaruhi tekstur sambalnya.

 

Perbedaan Sambal Korek dan Sambal Bawang

Kebanyakan orang bilang bahwa sambal ini dengan bawang itu sama. Padahal ada perbedaan diantara kedua sambal tersebut. Perbedaannya, jika korek adalah sambal dengan komposisi bahan yang lebih ringkas. Sementara untuk sambal bawang, komposisi bahannya sedikit lebih banyak.

Tidak hanya itu, korek adalah sambal mentah karena tidak melalui proses penumisan, sementara untuk sambal bawang itu matang dan harus ditumis terlebih dahulu, sehingga sambal bawang kadang bisa bertahan lebih lama bila dibandingkan dengan sambal korek. Namun, keduanya sama-sama enak.

Item terkait

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

  • Berbagai Makanan Khas Lebaran di Rumah Orang Betawi Berbagai Makanan Khas Lebaran di Rumah Orang Betawi
    Hari raya Idul Fitri merupakan salah satu momentum yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Di Indonesia, perayaan hari kemenangan ini tak terlepas dari aneka hidangan hingga cemilan yang tersaji di atas meja. Salah satunya adalah hidangan Lebaran khas orang Betawi yang merupakan suku asli di Jakarta.
    Read more...

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini