Memaknai Takjil Beserta Ragam Jenisnya yang Populer di Indonesia

Bulan Puasa bukan saja identik dengan rangkaian kegiatan ibadah yang lebih padat, melainkan juga banyak fenomena unik, seperti kemunculan berbagai jenis konsumsi pembatal puasa di pinggiran jalan atau di tempat-tempat yang memang disulap sebagai pasar ramadhan.

Bicara soal pembatal puasa, salah satu istilah yang pasti tidak asing di telinga masyarakat kita adalah takjil. Menariknya, istilah ini awalnya bukanlah nama jenis makanan. Takjil sendiri berasal dari sebuah kosakata bahasa Arab yang berarti ‘mempercepat’. Namun lama kelamaan terjadi pergeseran persepsi yang membuat pemaknaannya berubah menjadi hidangan untuk berbuka puasa.

Takjil sendiri umumnya akan disantap selepas meneguk air atau teh manis atau sebelum memakan makanan yang berat. Rasanya pun bisa manis atau gurih. Di Indonesia sendiri, ada lima model hidangan yang populer dijadikan sebagai takjil.

 

Aneka Es Manis

Jenis makanan yang satu ini adalah yang paling laris dibeli saat puasa. Hal ini biasanya disebabkan faktor dahaga yang dirasakan. Beberapa es yang populer diantaranya adalah es kelapa, es cendol/ dawet, selendang mayang, es pisang ijo, es kacang merah dan banyak lagi.

Tak heran pada bulan Ramadhan beberapa jenis buah-buahan begitu laris dijual untuk meramaikan isian minuman manis dingin ini, seperti blewah, timun suri, alpukat dan es kelapa. Tak ketinggalan cincau juga menjadi salah satu bahan campuran yang paling diminati.

 

Aneka Kolak

Kolak mungkin adalah salah satu makanan yang paling mudah ditemukan saat Ramadhan tiba. Banyak juga penjual takjil musiman yang menjajakan kolak sebagai dagangan mereka.

Jenis takjil yang satu ini umumnya berbahan dasar santan yang mendapatkan rasa manis dan kecoklatannya dari gula merah. Beberapa jenis kolak yang populer di Indonesia adalah kolak pisang, ubi, biji salak, labu dan kolang kaling. Uniknya di Gresik, terdapat menu kolak ayam yang berbeda dari kolak pada umumnya.

 

Aneka Bubur Manis

Kuliner bubur identik memiliki cita rasa yang gurih pada beberapa negara di luar negeri. Namun di Indonesia, olahan bubur manis juga tak kalah menggiurkan untuk dicicipi.

Pada bulan puasa, jenis bubur seperti bubur kacang hijau dan bubur ketan hitam dapat dengan mudah ditemui. Selain itu, ada juga bubur Madura yang merupakan perpaduan dari bahan keduanya.

Ada pula bubur kampiun yang berasal dari tanah Minang. Bubur ini memadukan 5 hingga 6 jenis bubur seperti sumsum, candil, kacang hijau, bubur ketan hitam, kolak pisang/ ubi, hingga bubur delima.

 

Aneka Gorengan

Gorengan adalah salah satu dari sekian banyak pilihan takjil yang memiliki cita rasa gurih. Jenis gorengan yang banyak dijajakan di pinggir jalan adalah tahu isi, bakwan dan risol. Biasanya jenis gorengan tersebut dinikmati dengan pelengkap sambal kacang dan lontong isi sebagai pendampingnya. Selain itu, ada juga beberapa jenis gorengan yang memiliki metode pembuatan yang sedikit lebih rumit, seperti risoles, sosis solo, dan pastel.

 

Aneka Kue Basah

Kue basah tidak hanya populer ditemukan saat bulan Ramadhan saja, tetapi juga pada waktu-waktu biasa. Beberapa kue basah tradisional yang mungkin bisa ditemukan dalam perburuan takjil umumnya berbahan dasar tepung beras, tepung ketan, tepung sagu, gula merah, santan, kelapa parut, singkong dan bungkusan daun pisang. Contohnya adalah lapis beras, aneka kue putu, naga sari, dan banyak lagi.

 

Kehadiran takjil sendiri menjadi salah satu hal yang eksistensinya tak dapat dipisahkan dari bulan suci. Bagi para pelaku usaha, keberadaan takjil menjadi keuntungan tersendiri dalam meraih rejeki di bulan yang penuh berkah. (AS)

Item terkait

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

  • Berbagai Makanan Khas Lebaran di Rumah Orang Betawi Berbagai Makanan Khas Lebaran di Rumah Orang Betawi
    Hari raya Idul Fitri merupakan salah satu momentum yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Di Indonesia, perayaan hari kemenangan ini tak terlepas dari aneka hidangan hingga cemilan yang tersaji di atas meja. Salah satunya adalah hidangan Lebaran khas orang Betawi yang merupakan suku asli di Jakarta.
    Read more...

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini