Pernah Coba Sambal Terong? Ini Dia Kandungan Gizi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Sambal terong merupakan salah satu menu yang sangat populer di Indonesia. Menu sambal satu ini sangat digandrungi meskipun sangat sederhana. Alasannya banyak, dari mulai rasa yang begitu fantastis hingga biaya pembuatan yang sangat terjangkau.

Tak heran, jika menu satu ini seringkali dijadikan menu harian oleh mereka yang tinggal di wilayah Jawa Barat.

Selain kedua alasan di atas, tidak ada yang bisa menyangkal kalau ternyata kandungan gizi yang terkandung di dalam sambal terong memang sangat banyak. Hal ini tentunya di luar dugaan karena ternyata menu yang harganya ekonomis justru memiliki kandungan gizi yang setara dengan menu menu yang mahal. Berikut ini kandungan gizi dan manfaat yang terdapat pada sambal tersebut.

 

Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pertama yang akan Anda dapatkan pada saat Anda mengkonsumsi makanan satu ini secara rutin adalah menjaga kesehatan jantung Anda. Perlu Anda tahu, terong yang menjadi bahan utama penganan satu ini mengandung serat, vitamin B6 dan Vitamin C, kalium serta fituonutrien yang mampu memaksimalkan fungsi jantung dan menjaganya tetap sehat.

Terong juga memiliki kandungan flavonoid yang bisa mencegah jenis penyakit jantung yang sering menyerang. Kandungan satu ini juga memiliki fungsi untuk menurunkan tekanan darah secara signifikan. Tak heran jika pada ahli banyak yang mengatakan kalau konsumsi terong atau olahannya sangat cocok, untuk mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung atau hipertensi.

 

Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat lain yang dimiliki oleh sambal terong ini adalah mampu menurunkan kadar kolesterol di tubuh Anda. Beberapa peneliti di Departemen Penelitian Amerika Serikat menyatakan bahwa, terong ini sangat kaya dengan kandungan asam klorogenat. Senyawa satu ini terbukti mampu membuat berat badan orang yang mengkonsumsinya menurun secara signifikan. Tidak hanya itu saja, klorogenat juga memungkinkan Anda untuk terhindar dari kolesterol jahat.

Lepas dari hal ini, terong juga memiliki kandungan yang akan membuat daya imun Anda terhadap virus dan mikroba lebih kuat. Menurut penelitian lainnya, konsumsi terong secara rutin bisa memberikan dampak kesehatan yang fantastis untuk Anda.

 

Bisa Meningkatkan Kinerja dan Fungsi Otak

Tidak kalah penting, manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh terong ini adalah dari kulitnya. Berdasarkan penelitian yang valid, kulit terong ini memiliki kandungan nasunin yang sangat melimpah. Zat antioksidan satu ini sangat baik untuk menjaga kinerja otak Anda dan menjaganya tetap sehat. Terlebih lagi kulit pada sambal terong ini juga memiliki kandungan antosianin yang sangat bermanfaat untuk menjaga membran sel otak terjaga dari serangan radikal bebas.

Zat tersebut juga memiliki peranan besar untuk menjaga diri Anda terhindar dari peradangan saraf saraf di otak, sehingga menghindarkan Anda dari berbagai penyakit yang menyebabkan gangguan kognitif otak pada saat Anda mengalami pertambahan umur dan penuaan. Daya ingat Anda akan semakin kuat dengan konsumsi kulit terong secara rutin.

 

Mampu Mencegah Kanker

Manfaat besar lain yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi sambal terong ini adalah mampu menghindarkan Anda dari resiko terkena kanker. Tidak banyak yang tahu kalau terong memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Zat ini memiliki fungsi sebagai antioksidan yang akan menghindarkan Anda dari resiko terkena kanker dan menghambat penyebarannya.

 

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Perlu Anda tahu, konsumsi terong secara rutin tidak akan membahayakan apa pun pada tubuh Anda dan malah sebaliknya, justru ada manfaat luar biasa dari penganan satu ini. Karenanya bagi Anda yang suka makan sambal terong, Anda sudah selangkah lebih sehat dibanding mereka yang tidak menyukainya. Semoga bermanfaat.

Item terkait

Tips & Trik Mengolah Daging

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Mobil Sejuta Umat

colt t 120

Colt T Series: Maha Karya Mitsubishi yang Tak Lengkang Oleh Waktu

Berbicara soal mobil tua, bukan saja tentang mobil-mobil mewah di zamannya yang menjadi tunggangan para elite, melainkan juga soal mobil-mobil yang rela dijadikan kuda beban. Salah satunya adalah Mitsubishi Colt T Series. Seri besutan pabrikan Jepang satu ini rasanya layak disebut sebagai kendaraan tangguh lintas medan dan zaman. Lebih dari itu, kiranya tak berlebihan menyebut Colt T Series sebagai maha karya Mitsubishi yang tak lengkang oleh waktu.


Sebutan ini tak terlepas dari kemampuan Mitsubishi Colt T Series yang siap melibas berbagai medan bahkan kekuatannya masih bisa diandalkan hingga kini oleh para ‘juragannya’. Seri yang baru saja disebut sejatinya bernama asli Delica di negeri asalnya. Nama yang terdengar manis di telinga itu adalah singkatan dari Delivery Car. Sebagaimana nama yang disematkan tersebut, pada kenyataannya Delica memang dikeluarkan Mitsubishi sebagai senjata untuk merebut pasar kendaraan angkutan.

Baca selengkapnya...

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini