Resep Sambal Belut yang Enak dan Kaya Akan Gizi

Belut adalah sejenis hewan yang bentuknya seperti ular, namun sangat lezat bila dimakan. Jika biasanya Anda menggorengnya, bagaimana dibuat sambal belut?

Mungkin bagi orang Jawa terasa sedikit asing dengan sambal jenis ini. Sambal ini memang berasal dari pulau Lombok. Tapi kini sudah banyak orang yang membuka usaha ini karena cukup laris dan diminati konsumen.

Sambal belut adalah makanan sederhana yang penuh dengan kenikmatan. Terlebih lagi bila Anda pecinta makanan pedas, sudah pasti akan sangat menikmati makanan ini. Kandungan belut juga sangat bergizi entah untuk perempuan ataupun laki-laki.

Sebenarnya untuk membuat sambal ini cukup mudah mudah dan tak terlalu sulit. Tapi yang membuat ragu bila membuat sendiri adalah pengolahan belutnya. Sebagai gambaran, inilah resep membuatnya dan beberapa hal tentang sambal dengan belut ini.

 

Resep Mudah Membuat Sambel Belut

Bagi Anda, ibu rumah tangga yang bingung mau menghidangkan apa untuk makan siang suami, jangan bingung. Buat saja sambal belut, memang sambal ini sangat cocok bila dijadikan makan siang. Karena mampu mengembalikan energi yang telah hilang setelah lama bekerja. Berikut adalah resep yang mudah untuk Anda ikuti agar bisa membuat sambal tersebut untuk keluarga :

Untuk porsi, sesuaikan dengan jumlah keluarga Anda. Bila 1 keluarga ada 4 orang, durasi memasaknya kira-kira 60 menit dan berikut adalah bahan utamanya :

  • 250 gram ikan belut.
  • Minyak goreng secukupnya.

Setelah itu, siapkan bahan-bahan yang lain sebagai pembuat sambal :

  • 8 buah cabai merah besar dan digoreng.
  • 20 cabai rawit atau secukupnya lalu digoreng.
  • 2 siung bawang putih.
  • 1 sendok garam.
  • Dan ½ the vetcin.

Setelah semua bahan terkumpul, sebelum tahap membuat sambal belut Anda harus mengolah belutnya terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, Anda perlu merendam belut yang sudah dimatikan dengan campuran air perasan jeruk nipis atau abu gosok. Itu bertujuan agar lendirnya hilang. Nah, setelah direndam dan lendirnya hilang, belah belut untuk mengeluarkan isi perutnya dan dicuci hingga bersih. Ikuti beberapa langkah-langkah berikut ini :

  • Potong-potong daging belut yang sudah dibersihkan menurut selera Anda, kemudian goreng hingga matang.
  • Haluskan bumbu sambal dengan cobek ataupun alat lainnya, setelah lembut baru campurkan suwiran daging belut. Aduk hingga merata.
  • Sambal belut pun siap dihidangkan.

 

Manfaat Belut yang Bisa Anda Dapatkan di Sambal

Jika Anda memakan sambal ini, maka akan ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan, seperti kalori yang bagus untuk menambah tenaga pada tubuh. Mampu membuat sehat mata, saraf dan juga menetralkan tekanan darah otak. Jangan lupa, ada kandungan fosfor yang bagus untuk menambah kekuatan tulang Anda serta zat besi yang bisa mencegah anemia dan hemoglobin yang rendah. Meskipun manfaatnya banyak, tapi Anda harus makan sesuai dengan porsinya saja.

 

Tips Usaha Sambal dari Belut Agar Laris

Agar usaha Anda bisa laris dengan olahan sambal dari belut, tips yang harus Anda lakukan :

  1. Pelajari resep dengan baik dan benar hingga benar-benar layak dihidangkan ke orang lain.
  2. Siap modal utama untuk membuat sambal.
  3. Mencari supplier atau pemasok daging belut dengan kualitas yang bagus.
  4. Mencari tempat untuk usaha atau membukanya lewat online.
  5. Konsisten dan jangan mudah menyerah.

Untuk membuka usaha sambal belut hingga sukses memang perlu kesabaran. Maka yang terpenting, usaha dan semangat terus ada di dalam diri Anda.

Item terkait

Tips & Trik Mengolah Daging

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Mobil Sejuta Umat

colt t 120

Colt T Series: Maha Karya Mitsubishi yang Tak Lengkang Oleh Waktu

Berbicara soal mobil tua, bukan saja tentang mobil-mobil mewah di zamannya yang menjadi tunggangan para elite, melainkan juga soal mobil-mobil yang rela dijadikan kuda beban. Salah satunya adalah Mitsubishi Colt T Series. Seri besutan pabrikan Jepang satu ini rasanya layak disebut sebagai kendaraan tangguh lintas medan dan zaman. Lebih dari itu, kiranya tak berlebihan menyebut Colt T Series sebagai maha karya Mitsubishi yang tak lengkang oleh waktu.


Sebutan ini tak terlepas dari kemampuan Mitsubishi Colt T Series yang siap melibas berbagai medan bahkan kekuatannya masih bisa diandalkan hingga kini oleh para ‘juragannya’. Seri yang baru saja disebut sejatinya bernama asli Delica di negeri asalnya. Nama yang terdengar manis di telinga itu adalah singkatan dari Delivery Car. Sebagaimana nama yang disematkan tersebut, pada kenyataannya Delica memang dikeluarkan Mitsubishi sebagai senjata untuk merebut pasar kendaraan angkutan.

Baca selengkapnya...

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini