Resep Sambel Dadak yang Segar dan Pedas untuk Dicoba Sendiri

Bagi anda yang suka dengan citarasa pedas, pasti anda sudah tak asing lagi dengan aneka sambal yang ada di Indonesia. Namun, bagaimana dengan sambal dadak?

Apakah anda pernah mendengar nama sambel ini sebelumnya? Kabarnya sambal ini dinamakan dadak karena dibuatnya secara ‘dadakan’ apabila ingin disantap.

Bagi anda yang mungkin kurang familiar dengan sambal khas Sunda ini sepertinya anda harus mulai untuk mencicipinya karena sambel ini sangat segar dan tentu saja pedas. Karena itulah, sambal dadak akan mudah sekali dijumpai pada tempat makan khas Sunda untuk menemani berbagai macam sajian seperti nasi tutug oncom, ayam goreng, lalapan dan lain sebagainya. Nah, agar anda bisa mencobanya sendiri di rumah, berikut ini kami akan membagikan cara membuat sambal dadak anti gagal.

 

Apa saja bahan bahannya?

Resep spesial sambal Dadak sangatlah mudah dan sederhana karena semua bahan dapat anda jumpai sehari hari. Beberapa bahan yang harus anda persiapkan antara lain adalah di bawah ini:

  • 5 buah cabe merah segar
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 4 butir bawang merah
  • 1 sdt terasi bakar
  • 1 sdt gula merah
  • 1 buah tomat merah
  • 1 sdt air jeruk limau

Apabila seluruh bahan sudah tersedia, maka kini anda bisa langsung membuat sambal dadak khas Sunda yang segar pedas ini. Jangan lupa untuk mencuci bersihbeberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal ini seperti cabe,,tomat, dan lain sebagainya.

 

Cara Membuat Sambal Dadak

Untuk membuat sambel ini, pertama tama anda harus mengiris terlebih dahulu bawang merah, cabe merah, dan juga cabe rawit yang sudah disiapkan tadi. Kemudian, ulek bahan tersebut bersama dengan garam, gula, dan terasi sesuai dengan selera. Lalu, tambahkan potongan tomat dan ulek kembali dengan tingkat kehalusan yang anda sukai. Biasanya sambal dadak ini dibuat dengan tekstur yang tak terlalu halus. Anda pun bisa membuatnaya seperti itu apabila anda suka. Namun, apabila memang anda menyukai sambal dengan tekstur yang halus, anda bisa juga mengulek sambal dadak hingga halus.

Jangan lupa untuk mencicipi sambal ini sebelum siap disajikan dan anda bisa menyesuaikan rasanya sesuai selera dengan menambahkan garam dan gula sendiri. Sebagai tambahan, anda bisa juga mengucuri air perasan jeruk limai untuk membuat citarasa sambal ini semakin segar. Setelah di kucuri dengan air perasan jeruk limau tersebut, aduk sambal hingga merata dan sambal ini siap menemani hidangan lainnya di meja makan.

 

Citarasa Sambal Dadak Khas Sunda

Setelah tahu resep sambal dadak, mungkin anda penasaran dengan bagaimanakan sebenarnya citarasa sambal dadak ini. Di kebanyakan rumah makan sunda, sambel dadak dibuat dengan dominan rasa yang gurih dan pedas. Namun, apabila anda memiliki selera rasa manis, mungkin anda bisa menambahkan lebih banyak gula pada saat membuat sambal ini. Tomat serta air perasan jeruk limau yang digunakan dalam sambal dadak juga membuat sambal ini terasa begitu segar.

Karena itulah, sambal dadak sangat cocok untuk menu makan siang dan makan malam anda. anda bisa menyantapnya bersama dengan ikan bakar, ayam goreng, plecing kangkung atau makanan lainnya. Bagi anda pecinta sayuran, enak juga untuk menyantap sambel ini bersama dengan lalapan seperti timun, selada air, buncis, dan lain sebagainya.

Item terkait

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini