Sambal Khas Thailand, Sambal Bangkok Segar dan Pedas Jadi Pilihan

Siapa yang tidak tahu sambal bangkok? Sambal yang dari namanya saja sudah bisa ditebak sambal ini berasal dari Bangkok, Thailand. Sambal ini rasanya pedas manis asam, sangat cocok jika dikonsumsi oleh mereka yang tidak begitu suka sambal yang pedas.

Anda bisa mengatur sendiri tingkat rasa pedas yang diinginkan, selain itu anda juga bisa mengatur rasa manis dan juga asamnya sesuai dengan selera.

 

Sambal Bangkok Untuk Cocolan

Untuk anda yang gemar makan makanan pedas, baik itu hidangan masakan atau hanya camilan seperti gorengan, maka pasti rasanya tidak akan lengkap tanpa sambal yang biasa digunakan untuk cocolan. Salah satu jenis sambal yang biasanya dijadikan cocolan ialah sambal bangkok yang berasal dari negeri tetangga. Sambal ini sangat cocok dijadikan pelengkap untuk hidangan anda. Sambal ini juga cukup mudah dibuat.

Umumnya sambal yang berasal dari Thailand ini lebih banyak digunakan untuk cocolan, baik itu gorengan atau makanan yang lainnya. Yang banyak dijumpai adalah sambal yang digunakan untuk cocolan lumpia, gorengan, udang krispi atau ayam krispi dan makanan gorengan sejenisnya. Sambal yang rasanya pedas asam manis ini memang sangat cocok jika dimakan dengan hidangan yang garing dan krispi. Perpaduan rasa yang pas di lidah.

 

Bahan Sambal dari Bangkok Thailand

Untuk anda yang ingin membuat sambal dari Thailand ini bahan utamanya pastilah cabai. Anda bisa mencampur cabai rawit merah dan juga cabai merah keriting untuk mendapatkan warna yang cantik dan juga dengan rasa yang pas. Untuk rasa manis anda bisa menggunakan gula, sedangkan untuk rasa asamnya anda bisa menggunakan cuka, air asam jawa, atau bahkan menggunakan jeruk nipis juga bisa.

Anda bisa membuat sendiri sambal ala rumahan yang mudah, simple, dan juga praktis. Untuk bahan-bahnnya anda hanya perlu menyiapkan tomat ceri, garam, gula, air, tepung maizena, madu, saus tomat, minyak wijen, bawang putih dan juga jangan lupa cabai rawitnya. Anda bisa mengkreasikan sendiri resep sambal bangkok sesuai dengan keinginan.

 

Membuat Sambal Khas Bangkok Thailand

Untuk langkah membuat sambal dari Thailand ini pertama-tama haluskan bumbu seperti bawang putih, cabai rawit merah dan juga cabai rawit keriting. Setelah halus, anda bisa menumis sampai bumbu mengeluarkan aroma harum. Kemudian tomat yang sudah dihaluskan dimasukkan kedalam tumisan bumbu dan masak hingga mengental dan sedikit mengering. Jika sudah, anda bisa menambahkan gula, garam dan tambahkan air sedikit.

Jangan lupa terus mengaduk hingga air menyusut. Setelah itu anda bisa menuangkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air sedikit demi sedikit dan masak hingga mendidih. Jangan lupa untuk terus mengaduknya. Apabila sambal yang anda buat terlalu encer, maka anda bisa menambahkan larutan dari tepung maizena hingga tingkat kekentalannya sesuai dengan yang anda inginkan.

Langkah selanjutnya adalah mengkoreksi rasanya, jika sudah cocok maka anda bisa mematikan api dan menambahkan air perasan dari jeruk nipis dan kemudian diaduk lagi hingga rata. Tingkat rasa pedas, asa, dan manis bisa anda atur sendiri sesuai dengan selera yang anda inginkan. Anda bisa menambahkan cabai rawitnya jika ingin lebih pedas. Anda bisa menggunakan sambal bangkok untuk cocolan makanan lain, tidak hanya gorengan.

Item terkait

Tips & Trik Mengolah Daging

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Mobil Sejuta Umat

colt t 120

Colt T Series: Maha Karya Mitsubishi yang Tak Lengkang Oleh Waktu

Berbicara soal mobil tua, bukan saja tentang mobil-mobil mewah di zamannya yang menjadi tunggangan para elite, melainkan juga soal mobil-mobil yang rela dijadikan kuda beban. Salah satunya adalah Mitsubishi Colt T Series. Seri besutan pabrikan Jepang satu ini rasanya layak disebut sebagai kendaraan tangguh lintas medan dan zaman. Lebih dari itu, kiranya tak berlebihan menyebut Colt T Series sebagai maha karya Mitsubishi yang tak lengkang oleh waktu.


Sebutan ini tak terlepas dari kemampuan Mitsubishi Colt T Series yang siap melibas berbagai medan bahkan kekuatannya masih bisa diandalkan hingga kini oleh para ‘juragannya’. Seri yang baru saja disebut sejatinya bernama asli Delica di negeri asalnya. Nama yang terdengar manis di telinga itu adalah singkatan dari Delivery Car. Sebagaimana nama yang disematkan tersebut, pada kenyataannya Delica memang dikeluarkan Mitsubishi sebagai senjata untuk merebut pasar kendaraan angkutan.

Baca selengkapnya...

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini