Sambal Teri Medan yang Menggugah Selera Makan Anda

Sambal teri Medan pastinya tidak asing lagi, kan? Meski namanya Medan, tapi sudah banyak orang yang menemukannya di seluruh Indonesia.

Terlebih lagi ada banyak orang yang juga menjualnya secara online, sehingga sangat mudah untuk memesannya. Rasanya yang lezat memang sangat disukai oleh banyak orang sebagai lauk makan siang ataupun makan malam.

Sambal teri Medan juga sangat cocok bila disandingkan dengan nasi panas saja. Untuk membelinya, mungkin harganya cukup mahal. Tapi ini akan murah bila Anda membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang Anda beli sendiri dari pasar.

Selain rasanya yang lezat, sambal ini juga kaya akan kandungan yang bergizi karena terdapat teri di dalamnya. Nah, jika Anda ingin mencobanya, jangan ragu untuk membuat sendiri di rumah. Bahan dan semuanya mudah ditemukan dan pastinya lebih murah dibandingkan dengan membeli yang sudah jadi.

 

Cara Membuat Sambel Teri Medan yang Nikmat

Untuk membuatnya, Anda memang memerlukan beberapa bahan untuk menghasilkan sambal teri Medan ini. Untuk bahan utamanya, Anda membutuhkan 300gram teri yang sudah dicuci bersih, kemudian ada daun salam sebagai penambah aroma sambal agar lebih nikmat.

Sementara itu, untuk bahan-bahan yang lain untuk bumbu halus ada :

  • 10 buah atau sesuai selera cabai rawit merah
  • 2 buah bawang putih.
  • 3 buah bawang merah
  • Garam dan gula pasir secukupnya.

Jumlah bahannya memang sedikit, sehingga Anda bisa mengolahnya dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Kemudian cara memasaknya adalah dengan tahapan seperti berikut ini :

  1. Pertama, goreng teri Medan hingga benar-benar matang, kemudian tiriskan.
  2. Kedua, haluskan semua daftar bumbu halus lalu tumis hingga benar-benar matang.
  3. Ketiga, masukkan daun salam lalu tambahkan garam dan gula secukupnya serta aduk hingga matang.
  4. Masukkan teri yang sudah digoreng tadi dan aduk hingga merata. Anda bisa menambahkan gula ataupun garam lagi jika rasanya belum pas.
  5. Setelah matang, tuangkan ke piring saji dan siap untuk disantap.

 

Fakta Di Balik Teri Medan

Dari namanya, sambal teri Medan pasti Anda akan bilang bahwa teri tersebut berasal dari Medan. Ternyata itu salah besar. Teri Medan aslinya berasal dari Lampung. Mungkin mengetahui fakta ini banyak yang kaget, kenapa aslinya dari lampung? Bukankah lebih baik bila dinamai dengan teri Lampung?

Jadi, di Bandar Lampung terdapat Pulau Pasaran yang memang memproduksi teri besar-besaran. Dari sana memang harganya murah, tapi oleh warga Medan dibeli dan diproduksi sendiri dengan membangun brand atau nama.

Lampung juga pernah membuat brand untuk hasil teriknya, yaitu Teri Siger. Namun, hal itu tidak bertahan lama, yang berjaya malah yang ada di Medan. Bahkan dikirim hingga ke pulau-pulau lain di Indonesia, sehingga dikenal dengan teri Medan.

 

Khasiat Teri yang Terdapat Pada Sambal Teri Medan

Rasanya yang pedas dan gurih, sambal teri dari Medan ini juga mengandung banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Karena adanya asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan juga otak.

Tidak hanya itu, terdapat kandungan juga kalsium yang bagus untuk tulang Anda, memiliki sumber protein dan rendah akan merkuri. Bentuk teri memang kecil, tapi khasiatnya tidak main-main. Terlebih lagi dibuat sambal teri Medan yang nikmatnya sungguh tiada tara sebagai lauk nasi panas.

Item terkait

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini