Sejarah Kerupuk Cabai, Salah Satu Aneka Snack Pedas Indonesia

Bagaimana Sejarah Kerupuk Cabai, Aneka Snack Pedas Indonesia? Kerupuk yang dahulu awal mulanya hanya dibuat oleh masyarakat miskin, namun kini sudah naik level menjadi salah satu aneka snack primadona yang disukai di berbagai kalangan masyarakat.

Selain itu, saat ini kerupuk sudah dikemas dengan menarik serta mempunyai bermacam varian rasa. Mulai dari rasa pedas, rasa asin, rasa gurih, rasa manis, dan lainnya. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan selera lidah setiap orang yang berbeda-beda.

Namun, salah satu varian rasa kerupuk yang paling populer di sebagian besar masyarakat Indonesia adalah rasa pedas. Pasalnya, rasa pedas ini merupakan salah satu cita rasa khas makanan Indonesia.

Sementara, salah satu kerupuk yang memiliki rasa pedas yaitu kerupuk cabai. Kerupuk cabai ini dibuat dari bahan dasar olahan kerupuk yang kemudian dicampur dengan jumlah cabai yang lumayan banyak. Selain itu, rasa pedas kerupuk juga bisa dihasilkan dari bumbu balado.

Selain itu, kerupuk cabai ini juga menjadi salah satu kerupuk asli Indonesia yang disukai oleh semua masyarakat. Mulai dari anak-anak hingga orang tua. Dan sangat populer di kalangan generasi millenial.

Beberapa hal itulah yang menjadi sejarah terciptanya kerupuk pedas yang terbuat dari cabai atau lebih dikenal dengan sebutan kerupuk cabai.

 

Variasi Kerupuk Cabai yang Populer di Indonesia

Jenis kerupuk yang terbuat dari cabai ini yang sangat terkenal yaitu keripik cabe dumai. Keripik cabe dumai ini juga memiliki sekitar dua puluh varian produk dengan berbagai keunggulannya masing-masing. Namun, jenis keripik cabai yang paling laku yaitu keripik cabe ika dan keripik cabe maisatun.

Kerupuk cabe dumai ini memiliki ciri khas cita rasa pedas sangat kuat. Namun, inilah yang menjadi keunggulan dari kerupuk ini. Kerupuk cabe dumai ini juga termasuk kuliner khas daerah Dumai, tepatnya di Riau. Selain itu, cita rasa pedasnya pun menjadikan kerupuk ini terkenal dan laku dijual hingga ke negara-negara tetangga.

Selain kerupuk cabe dumai yang sedang naik daun, ada juga keripik singkong balado yang berasal dan sangat terkenal di pulau Jawa. Selain itu, masih banyak lagi jenis kerupuk cabai dengan bahan dasar olahan kerupuk lainnya, dan dari berbagai daerah lainnya yang ada di Indonesia.

Namun, bahan dasar kerupuk yang paling cocok dijadikan kerupuk cabai adalah dari bahan dasar olahan kerupuk singkong. Karena kerupuk singkong memiliki tekstur ulet yang tidak mudah pecah. Sehingga, salah satu kerupuk pedas yang paling terkenal dari bahan dasar singkong adalah keripik cabe dumai dan keripik singkong pedas.

Selain itu jenis cabai yang digunakan tidak harus selalu menggunakan satu jenis cabai, ada berbagai varian cabai yang bisa digunakan mulai dari cabai merah, cabai rawit, hingga cabai hijau.

 

Kandungan Gizi Kerupuk Cabai

Kandungan gizi kerupuk cabai yaitu kaya akan serat dan karbohidrat, protein, vitamin yang lengkap, kalsium, zat besi, fosfor, dan kalium, dan lainnya. Berfungsi untuk menyehatkan mata, mencegah kolesterol, memperlancar detoksifikasi, dan menghindari stroke, sumber energi, dan lainnya. Namun, bagi Anda yang mempunyai penyakit maag, sebaiknya jangan makan kerupuk cabai yang terlalu banyak.

Nah, itu tadi sejarah kerupuk cabai yang paling digemari masyarakat Indonesia, terutama bagi anak millenial. Sebagai salah satu aneka snack yang sangat pedas, Apakah Anda tergoda untuk mencoba kerupuk cabai? Ada begitu banyak pilihan varian kerupuk cabai yang bisa Anda coba!

Item terkait

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini