Spesial Sambal Tomat Enak dan Cara Mudah Membuatnya

Siapa yang tak kenal dengan sambel tomat? Dari banyak aneka sambal yang ada di Indonesia, mungkin sambal ini merupakan salah satu yang paling terkenal.

Sambal yang mengandung tomat ini seringkali hadir di menu rumahan hingga selalu menjadi bintang di warung makan lamongan. Tahukah anda, ternyata sambal tomat itu terdiri dari 2 jenis yakni sambal tomat menta dan sambal tomat matang.

Lalu, seperti apakah cara membuat sambal tomat tersebut? Apakah cara dan bahan yang digunakan berbeda? Kita akan ketahui bersama di pembahasan berikut ini agar anda bisa membuat sambal tomat yang maknyus.

 

Resep Sambal Tomat Matang

Yang pertama kita akan membahas cara untuk membuat sambal tomat matang. Adapun bahan bahhan yang anda butuhkan antara lain adalah:

  • Tomat merah 1 buah’
  • Cabe rawit 10 buah
  • Cabe keriting merah 3 buah
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 1 siung
  • Garam dan gula secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk
  • Terasi yang dibakar atau digoreng
  • Minyak goreng

Apabila sudah lengkap, maka anda bisa membuat sambel tomat matang ini dengan langkah langkah mudah berikut:

  1. Pertama tama, goreng bahan seperti bawang merah, cabe rawit, bawang putih, tomat, dan cabe keriting hingga layu
  2. Kemudian, angkat dan letakkan pada cobek dan haluskan.
  3. Tambahkan garam, gula,terasi, dan kaldu sesuai selera
  4. Koreksi rasa dan tambahkan bumbu apabila rasanya belum sesuai keinginan anda
  5. Apabila anda ingin rasa sambel yang lebih segar, tambahkan air perasan jeruk limau
  6. Jika anda inin, tumis sambal tomat di minyak panas apabila anda ingin rasanya tambah mantap.

Nah, itu dia cara membuat sambal tomat matang yang enak.

 

Resep Sambal Tomat Mentah

Apabila anda bosan menyantap sambal yang matang, anda bisa juga membuat sambal tomat mentah. Bahan bahannya sama dengan sambal tomat matang seperti diatas, namun cara dan proses membuatnya yang sedikit berbeda. Berikut ini adalah cara untuk membuat sambal tomat mentah:

  1. Iris semua bahan yang sudah disiapkan dan kemudian potong tomat menjadi ukuran kecil kecil
  2. Lalu, masukkan bahan tersebut ke dalam cobek kecuali tomat dan ulek. Untuk membuat citarasa yang nikmat, akan lebih baik apabila terasi yang digunakan dibakar sebentar sebelum diulek.
  3. Jangan lupa untuk menambahkan gula, garam, dan kaldu sesuai dengan selera.
  4. Setelah halus, maka tambakan tomat yang sebelumnya sudah diiris iris ke dalam cobek dan kemudian ulek kembali hingga halus.

Itulah cara membuat sambal tomat mentah yang segar dan pedas. Untuk menambah cita rasa segar, seperti biasa anda dapat menambahkan air perasan jeruk limau sebelum sambal siap untuk dihidangkan.

Yang membedakan sambel tomat matang dan mentah adalah bahan bahan yang mana ada yang digoreng terlebih dahulu. Sementara, di sambal tomat mentahh semua bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabe dan tomat tak perlu digoreng. Baik sambel tomat matang atau mentah, semuanya cocok disantap untuk aneka lauk seperti lauk yang dibakar atau digoreng. Cukup dimakan dengan menggunakan nasi putih hangat maka sudah terasa nikmatnya.

Namun, sambal ini juga cocok dimakan dengan beberapa olahan sayuran seperti sayur beningatau bayam. Dijamin, makan siang atau makan malam anda akan semakin lezat dan memuaskan. Selamat mencoba di rumah.

Item terkait

Tips & Trik Mengolah Daging

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Mobil Sejuta Umat

colt t 120

Colt T Series: Maha Karya Mitsubishi yang Tak Lengkang Oleh Waktu

Berbicara soal mobil tua, bukan saja tentang mobil-mobil mewah di zamannya yang menjadi tunggangan para elite, melainkan juga soal mobil-mobil yang rela dijadikan kuda beban. Salah satunya adalah Mitsubishi Colt T Series. Seri besutan pabrikan Jepang satu ini rasanya layak disebut sebagai kendaraan tangguh lintas medan dan zaman. Lebih dari itu, kiranya tak berlebihan menyebut Colt T Series sebagai maha karya Mitsubishi yang tak lengkang oleh waktu.


Sebutan ini tak terlepas dari kemampuan Mitsubishi Colt T Series yang siap melibas berbagai medan bahkan kekuatannya masih bisa diandalkan hingga kini oleh para ‘juragannya’. Seri yang baru saja disebut sejatinya bernama asli Delica di negeri asalnya. Nama yang terdengar manis di telinga itu adalah singkatan dari Delivery Car. Sebagaimana nama yang disematkan tersebut, pada kenyataannya Delica memang dikeluarkan Mitsubishi sebagai senjata untuk merebut pasar kendaraan angkutan.

Baca selengkapnya...

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini