Trik Mudah Membuat Sambal Kacang yang Sehat

Sambal kacang adalah salah satu jenis sambal yang banyak dibuat oleh masyarakat Indonesia. Ada banyak sekali olahan yang menjadikan sambal satu ini sebagai pelengkap menu. Dari dulu hingga sekarang, sambel yang biasa dicampur air ini tidak pernah sepi peminat. 

Bahkan saat ini ada banyak produk modern yang menjadikan sambal ini sebagai komoditi. Hal ini tentu lebih dari sekedar bukti, kalau menu satu ini memiliki tempat khusus di hati masyarakat dalam negeri.

Menu-menu yang menggunakan sambal kacang sebagai pelengkap juga sangat beragam dari mulai makanan utama hingga camilan. Makanan dengan campuran kacang seperti ini memang sangat banyak penggemarnya. Selain gurih, kacang ini juga memiliki kadar protein yang sangat baik untuk kesehatan. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit informasi mengenai tips membuat sambel kacang yang lezat untuk anda.

 

Siapkan Bahan-bahan Untuk Membuat Sambel Kacang

Saat anda berencana untuk membuat sambal kacang ini, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang segar dan higienis. Sepintar apapun anda memasak, tidak akan berarti jika makanan tersebut menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Pastikan anda memilih bahan dengan teliti dan mencucinya terlebih dahulu, agar bakteri-bakteri yang ada pada bahan bahan tersebut bisa hilang, agar tidak berbahaya bagi kesehatan anda dan keluarga.

 

Pastikan Juga Alat-alat yang Digunakan Berada Dalam Kondisi Higienis

Setelah anda menyiapkan bahan bahan di atas, hal selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah dari segi alat alat yang akan anda gunakan nantinya. Ada beberapa alat yang mungkin akan anda butuhkan dalam proses pembuatan sambal satu ini. Contohnya seperti ulekan, ketel untuk memasak, dan berbagai peralatan lainnya. Agar bisa mendapatkan sambal yang higienis, maka anda juga harus memastikan kalau peralatan yang digunakan juga bersih. Kebanyakan orang seringkali menyepelekan peralatan ini. Padahal peralatan yang digunakan juga akan mempengaruhi kualitas sambel kacang yang anda buat.

 

Konsumsi dengan Bijak, Jangan Berlebihan

Jika anda sudah memenuhi syarat-syarat yang kami paparkan di atas, bisa dibilang proses persiapan untuk membuat sambal kacang ini sudah selesai anda lakukan. Langkah selanjutnya anda hanya tinggal melakukan pembuatan. Anda bisa meramunya sesuai selera, tapi pastikan anda memahami apa saja dampak negatif dari mengkonsumsi sambal secara berlebih.

Pertama, konsumsi sambal kacang berlebih akan bisa mengakibatkan anda terkena gastritis atau penyakit maag yang sangat akut. Saat anda mengalami penyakit satu ini, lambung anda akan serasa terbakar dan sangat perih sehingga bisa menyebabkan anda menjadi mual-mual dan muntah. Dampak dari hal ini, anda bisa terkena penyakit insomnia yang sudah pasti akan sangat merugikan anda. Ini akan membuat anda kehilangan nafsu makan dan menyebabkan penurunan berat badan secara signifikan.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, pastikan anda mengkonsumsi sambel kacang ini secara bijaksana dan jangan terlalu berlebihan. Sebenarnya sambal jenis apapun memiliki manfaat yang bagus terhadap kesehatan, jika anda mengkonsumsinya dalam porsi yang tepat dan tidak berlebihan.

 

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga artikel tentang sambal kacang ini bisa bermanfaat untuk anda.

Item terkait

Tips & Trik Mengolah Daging

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Mobil Sejuta Umat

colt t 120

Colt T Series: Maha Karya Mitsubishi yang Tak Lengkang Oleh Waktu

Berbicara soal mobil tua, bukan saja tentang mobil-mobil mewah di zamannya yang menjadi tunggangan para elite, melainkan juga soal mobil-mobil yang rela dijadikan kuda beban. Salah satunya adalah Mitsubishi Colt T Series. Seri besutan pabrikan Jepang satu ini rasanya layak disebut sebagai kendaraan tangguh lintas medan dan zaman. Lebih dari itu, kiranya tak berlebihan menyebut Colt T Series sebagai maha karya Mitsubishi yang tak lengkang oleh waktu.


Sebutan ini tak terlepas dari kemampuan Mitsubishi Colt T Series yang siap melibas berbagai medan bahkan kekuatannya masih bisa diandalkan hingga kini oleh para ‘juragannya’. Seri yang baru saja disebut sejatinya bernama asli Delica di negeri asalnya. Nama yang terdengar manis di telinga itu adalah singkatan dari Delivery Car. Sebagaimana nama yang disematkan tersebut, pada kenyataannya Delica memang dikeluarkan Mitsubishi sebagai senjata untuk merebut pasar kendaraan angkutan.

Baca selengkapnya...

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini