Loading...

Bakpao Tumpah Isi Ayam Rp12.000* Per Piece

Bakpao Tumpah. Based on PO

 

BAKPAO ISI:

  • Ayam:  Rp12.000
  • Coklat: Rp10.000
  • Kacang merah, kacang hijau kupas dan kacang tanah:  Rp11.000

 

BISA DIORDER BY DM:

  • Instagram @semuadafoodandbeverage

 

Atau WA (Chat Only) 0817-900-2256

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

---------------------------

Bakpao adalah bahasa Hokkian untuk makanan tradisional khas Tionghoa, selain sebutan menurut dialek Hanzi: 肉包, hanyu pinyin: roubao dan dalam bahasa Hakka / Khek yaitu nyukppao / yugppao. Di Indonesia makanan ini dipopulerkan oleh orang Tionghoa di Indonesia yang mayoritas menggunakan bahasa Hokkian, maka sebutannya adalah Bakpao.

Istilah Bakpao berasal dari dua suku kata yaitu "Pao" yang berarti bungkusan, dan "Bak" yaitu daging. Jadi Bakpao memiliki arti sebagai bungkusan (berisi) daging. Pada awalnya bakpao menggunakan daging babi, tetapi dapat diisi juga dengan bahan lainnya yaitu daging ayam (dinamakan kehpao), sayur-sayuran, serikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau, dan sebagainya, sesuai selera.

Sedangkan kulitnya dibuat dari adonan tepung terigu yang diberi ragi agar mengembang. Baru kemudian dikukus hingga matang. Untuk membedakan, bakpao diberi tanda berupa titik yang berwarna yang berbeda-beda tergantung isiannya.

Konon kabarnya, Bakpao pertama kali ditemukan oleh Zhuge Liang (181-234), seorang anggota militer Tiongkok. Saat ia bersama dengan prajuritnya harus mencari akal bagaimana caranya melewati sebuah sungai berbahaya, yang mensyaratkan pengorbanan kepala manusia agar selamat.

Zhuge kemudian memerintahkan tentaranya untuk memburu binatang, yang nantinya akan dibungkus dalam adonan tepung yang dibentuk serupa kepala manusia. Ide tersebut kemudian menjadi cikal bakal Bakpao, sejak saat itu pula resep bakpao mulai menjadi bagian dari masyarakat Tiongkok, yang seiring perjalanan waktu juga dikenal di Indonesia dengan isian yang telah disesuaikan.

Selain lezat, kudapan yang dikukus ini tergolong kuliner sehat karena hanya sedikit mengandung minyak.

 

 

  • Martabak Encek, Kuliner Bogor Yang Legendaris

    Kedai martabak memang banyak dimana-mana, namun tidak banyak yang bertahan cukup lama. Salah satu contohnya adalah Martabak Encek, yang tergolong kuliner legendaris, karena tetap eksis sejak membuka usahanya pada puluhan tahun yang lalu. Martabak Encek atau yang dikenal juga dengan nama dengan Martabak Bangka ini, sudah ada sejak tahun 1975 dan terus melayani para pembelinya hingga saat ini.

Cara Melanjutkan Bisnis Kuliner Yang Berasal Dari Warisan Keluarga

Warisan berasal dari bahasa Arab Al-miirats, bentuk masdar dari kata waritsa- yaritsu- irtsan-…

Mengolah Daging Sapi Yang Benar Itu Jangan Dicuci Dahulu Jika Tidak Langsung Dimasak

Cara mengolah daging sapi memang sangat beragam, mulai dari pemilihan daging sapi, pembersihan…

Kopdar dan Kongkow Komunitas Otomotif Lebih Nyaman di Kedai Kopi

Sebagai anak komunitas otomotif, pastinya anda pernah berpikiran untuk bisa kongkow-kongkow asik…

Lebih Enak Rambak Kulit Kerbau Atau Kulit Sapi?

Kerupuk kulit atau biasa disebut kerupuk rambak adalah pendamping makan yang terbuat dari limbah…
Enjoying Exotism of the Island of Gods and Eat with the King of Jungle

Bali Adventure – Enjoying Exotism of the Island of Gods and Eat with the “King of Jungle”

Bali Island is very famous for its exotism and natural beauty. It is the place where traditions, cultures, and modernity blend perfectly. The island offers visitors a thrilling adventure and there are many tourist destinations options to visit. Not only that but visiting Bali will provide you opportunities to look closer at the island’s wildlife. You can even eat in a restaurant with a companion of wild animals like a lion. Sounds fantastic? Yep, and Wana Bali Zoo Restaurant will make it…