Loading...

Cinnamon Roll Rp20.000* Per Kotak

Cinnamon Roll dengan krim keju dan krim moka coklat Rp20.000 per kotak

Tersedia juga: 

Cinnamon bread   Rp30.000/Kotak 
Roti Kismis  Rp30.000/Kotak
Roti Kismis Cinnamon  Rp35.000/Kotak
Roti Sobek Coklat  Rp30.000/Kotak
Roti Sobek Tanpa Isi  Rp20.000/Kotak

 

Hubungi kami:

"KARENA CINTA BAKERY"

Silahkan Klik->  0813 7830 3594

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

 -------------------------

Cinnamon roll adalah roti berbentuk melingkar berdiameter antara 5 hingga 10 cm, dengan topping taburan kayumanis bubuk di antara lingkarannya. Berdasarkan catatan sejarawan kuliner, Cinnamon Roll berasal dari Swedia, bahkan karena kepopulerannya tanggal 4 Oktober dirayakan sebagai "kanelbullens dag" (hari cinnamon roll).

Di Eropa Utara dan Amerika Utara roti ini memiliki sebutan yang berbeda yaitu cinnamon bun, cinnamon swirl, atau cinnamon snail. Bentuknya hampir sama persis dengan Cinnamon Roll.

Cinnamon roll dibuat dari tepung terigu, gula, telur dan mentega. Setelah menjadi adonan kemudian dipipihkan dengan rolling pin (gilingan kue). Selanjutnya diolesi mentega tipis-tipis, kayumanis bubuk dan gula ditaburkan di atasnya, kemudian digulung menjadi silinder, dipotong-potong melintang dan dipanggang dengan gulungan menghadap ke atas.

Pengaruh teknik pemanggangan dan penggunaan bahan-bahan ala Swedia dan Danish dapat terlihat jelas dalam pembuatan kue ini. Namun, American Institute of Baking memperkirakan bahwa roti Chelsea Inggris sebagai prototipe Cinnamon Roll modern. Perdagangan rempah dari Asia Tenggara juga menyempurnakan resep ini. Sebab, kayu manis tidak tumbuh di negara-negara Eropa.

Di Indonesia, Cinnamon Roll telah lama menjadi kudapan yang umum disajikan di berbagai hotel. Namun kini kembali populer karena beberapa alasan yaitu: cita rasanya yang familier dengan selera masyarakat, kerumitan pembuatannya memancing rasa penasaran di kalangan ibu rumah tangga. serta bisa dibuat dengan berbagai kreasi.

Cinnamon roll bisa dibuat dengan tiga jenis adonan, yaitu adonan roti, puff pastry, dan danish pastry.  Masing-masing adonan akan menghasilkan ekstur yang berbeda.

Adonan roti adalah adonan standar untuk pembuatan Cinnamon Roll yang hasilnya sama seperti tekstur roti pada umumnya 

Adonan puff pastry, akan menghasilkan Cinnamon Roll dengan tekstur renyah yang berlapis-lapis, karena mengandalkan teknik lipat serta penggunaan lapisan lemak korsvet. 

Sedangkan, untuk adonan danish pastry, akan menghasilkan Cinnamon Roll tekstur yang lebih empuk dibandingkan dengan adonan roti karena menggunakan ragi yang membuatnya mengembang.

Tak banyak yang menjual Cinnamon Roll. Yang paling terkenal adalah Saint Cinnamon, sebuah kedai asal Kanada yang memiliki banyak gerai di ibukota. Cinnamon Roll ala kedai ini berbentuk persegi, dengan tampilan berwarna ciklat mengkilat pada permukaannya karena diberi glaze plus bintik-bintik cokelat dari kayumanis bubuk gaya Amerika Utara. 

Sementara bagian sisinya berwarna putih, sepertinya karena beberapa roti dipanggang secara bersamaan hingga menempel dalam satu loyang, baru kemudian dipisahkan setelah matang. Aroma kayumanis dari roti ini bernuansa halus menggugah selera, dengan tekstur agak basah dan cukup lembut, citarasa manisnya terasa pas.

Kemudian ada cinnamon roll versi bakery Pand'Or.  Dibuat dengan gaya Swedia, berbentuk bundar dan dipanggang satu persatu. Tampilannya berwarna cokelat dan bagian tengahnya yang ditaburi irisan almond tampak membumbung.

Ada lagi cinnamon roll rumahan buatan Janice Crawford, produknya dibuat bergaya Boston Cake dari Finlandia. Konsumen Janice adalah sesama bule dan para ekspatriat di bazar-bazar hotel.

Dijual dalam bentuk lingkaran yang terdiri dari beberapa gulung Cinnamon Roll yang dipanggang, kemudian dikemas dalam plastik dan dimasukkan di lemari pendingin. Tersedia juga versi satuan dengan aneka bentuk dan ukuran, mulai dari yang bundar berdiameter 4-10 inci (10-25 cm), hingga yang persegi ukuran 9x13 cm.

Cinnamon Roll ala Jeniice berwarna pucat dan tak perlu dipanaskan jika akan dinikmati. Cukup didiamkan beberapa saat di suhu ruangan sehingga menjadi empuk. Aroma kayumanis cukup kuat, tekstur rotinya terasa basah dan lembut, dan bagian atasnya diberi icing tipis.

Cinnamon Roll enak dinikmati dengan secangkir kopi!

 

Gilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per UnitGilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per Unit
Merek Vipoo, bahan pembuatnya merupakan perpaduan alumunium dan Stainless Steel. Ringan namun kuat dan anti Karat. Untuk menggiling atau menghaluskan: daging, kacang, Ikan, Sayur pasta dan bumbu. Baca selengkapnya...