Loading...

Ikan Bilih Rp185.000* Per Kilogram

Asli Singkarak, LamakBana, Tanpa Pengawet

Ongkir Rp9.000 per Kilogram

Lebih murah daripada harga eceran di Padang dan BUKITTINGGI, yang mencapai Rp200.000 per kg

Pesan: WA ke 0823-8733-0777

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

-------------

Bila berkunjung ke Danau Singkarak, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, tidak lah lengkap rasanya kalau belum menikmati ikan bilih yang rasannya gurih. Ikan bilih juga bisa dapat dikeringkan dan diasinkan sehingga awet untuk waktu yang lama.

Ikan bilih merupakan ikan endemik yang hanya ditemukan dan menjadi populasi ikan yang terbesar di Danau Singkarak. Ikan dengan nama latin Mystacoleuseus padangensis memiliki ukuran sedikit lebih besar dari ikan teri, berbentuk lonjong dan pipih dengan panjang 6-12 centimeter.

Harganya lumayan sehingga ikan bilih menjadi sumber pendapatan masyarakat sekitar danau. Bahkan, ikan itu sempat menjadi komoditas ekspor dan dijual ke luar negeri.

Sayangnya, ikan bilih kini terancam punah, dipicu oleh alat dan cara tangkap yang digunakan masyarakat yang tidak ramah lingkungan. Nelayan menggunakan jaring panjang, jaring lingkar, sistem alahan, jala lempar, lukah dan bahkan menggunakan setrum listrik yang mematikan semua ikan yang ada.

Tidak tanggung-tanggung jaring dan jala yang dipasang ukurannya sangat rapat sekitar 1-1,5 centimeter, sehingga bisa menangkap semua jenis ikan termasuk anakannya. Akibatnya, ikan bilih sulit melakukan regenerasi dan reproduksi. Padahal ikan itu memijah di usia 6 bulan (dewasa).

Ikan bilih memijah dengan cara menyongsong aliran air sungai dan bertelur disela-sela batu. Setelah 20 jam larva telur akan menjadi anakan dan kembali masuk ke danau untuk menjadi dewasa.

Tidak hanya itu, kelestarian ikan bilih juga terancam akibat  perilaku masyarakat yang membuang berbagai jenis limbah yang dihasilkan dari aktifitas pertanian, limbah domestik dari perumahan dan aktifitas pasar, ke danau Singkarak. (mongabay.co.id)

 

promo gratisUntuk membantu memulihkan kondisi ekonomi akibat Pandemi COVID-19, kami akan mempromosikan semua jenis produk anda di website ini secara GRATIS! 

Caranya, kirimkan data lengkap seperti nama produk, info singkat, foto, harga, cara order (WA, bukalapak, shopee, tokopedia, dll berikut link-nya) kepada kami via WA ke 0811112227

 

 

PEUYEUM, Delicious Fermented Food from West Java

Peuyeum, Fermented Cassava from West Java - Indonesia has several delicious fermented foods, one of which is peuyeum. It is fermented cassava usually eaten as snacks. Although it is a traditional West Javanese snack, similar food also is known in other parts of Java but it is called Tape. Bandung is surrounded by mountain and generally, have cold weather. Bandung is surrounded by mountain and generally, have cold weather.
Gilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per UnitGilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per Unit
Merek Vipoo, bahan pembuatnya merupakan perpaduan alumunium dan Stainless Steel. Ringan namun kuat dan anti Karat. Untuk menggiling atau menghaluskan: daging, kacang, Ikan, Sayur pasta dan bumbu. Baca selengkapnya...