Loading...

Kentang Mustofa Rp35.000* Per Toples

Kentang Mustofa, persiapan buat temen makan ketupat...

Kuy... Dilist biar gak kehabisan.

Tanya tanya wa.me/6281219870577

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

------------

Kentang Mustopa atau Mustofa tergantung di mana tempat penyebutannya, adalah jenis makanan yang sudah lama terkenal di Jawa Barat, terutama di daerah Ciamis dan Tasikmalaya. Pada tahun 90-an, Kentang Mustopa sudah menjadi primadona oleh-oleh bagi pelancong yang berkunjung ke daerah tersebut yang diproduksi oleh industri rumah tangga di daerah Ciamis.

Kentang Mustopa sebenarnya adalah olahan kering kentang yang diberi sambal, biasa disajikan menjadi menu tambahan saat Lebaran atau hajatan, karena dapat dipadukan dengan lauk apapun. Makanan ini juga awet, sehingga cocok sebagai bekal perjalanan untuk dimakan dengan nasi hangat. 

Meskipun tampilannya sederhana, tapi tak banyak orang yang bisa membuatnya karena kurang sabar dan telaten. Kunci dari kerenyahan kentang Mustopa adalah perendaman bahan yaitu kentang dengan air kapur sebelum diolah. Pada proses penggorengan kentang pun sebaiknya dengan minyak yang amat panas, sehingga kentang garing dengan sempurna.

Kentang Mustopa kini dijumpai hampir di seluruh Indonesia. Tapi tahukah anda siapa yang nama makanan ini sebagai Kentang Mustopa?

Adalah Ir. Soekarno, Presiden pertama Indonesia yang menamakan olahan kentang garing ini dengan nama Kentang Mustopa. Mustopa adalah nama Koki atau Chef Istana Cipanas yang memiliki nama lengkap Opo Mustopa.

Sebenarnya, Kentang Mustopa adalah kentang sisa olahan dari menu makanan yang disajikan kepada Presiden dengan cara memotong-motongnya seukuran korek api, kemudian digoreng garin dan dilumuri bumbu balado.

Pada suatu hari, entah kenapa kentang olahan Chef Mustopa itu tidak tersaji dimeja hidangan Sang Proklamator tersebut. Mendapati ada hal yang kurang, Pak Presiden bertanya kepada pramusaji, “Kentang Mustopa, mana?”

Sejak itulah nama tersebut populer dari mulut ke mulut untuk menyebut olahan kentang garing yang diberi sambal. 

 

(enjoyindonesia.id)

Gilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per UnitGilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per Unit
Merek Vipoo, bahan pembuatnya merupakan perpaduan alumunium dan Stainless Steel. Ringan namun kuat dan anti Karat. Untuk menggiling atau menghaluskan: daging, kacang, Ikan, Sayur pasta dan bumbu. Baca selengkapnya...