Loading...

Kerupuk Gendar Rp5.000

KERUPUK GENDAR BERKAH 2, RASA YANG SUDAH TERUJI (AGEN TUNGGAL untuk jenis gendar ini)

 

Wilayah: Bogor, Cibinong, Citeuereup, Sentul, Cileungsi, Gunung Putri, Cipanas, Cianjur

KAMI TERUS MENERIMA RESELLER BARU & KEAGENAN

Untuk Informasi harga Telp/WA 081992345646 - Catur Widianto

Maps https://maps.app.goo.gl/kfJpRjYGyweVFnpy5

(kami menyediakan Tester , kunjungi tempat kami)

Terimakasih untuk Semua Reseller yang sdh mau Mengembangkan Usaha Kami.

Kami Menerima Pesanan KATERING & RUMAH MAKAN

 

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

----------------

Selama ini, pembuatan kerupuk gendar tidak bisa dipisahkan dari bleng, yaitu campuran garam mineral dengan konsentrasi tinggi. Bleng adalah bentuk tidak murni dari boraks yang memiliki efek tidak baik bagi kesehatan dalam jangka panjang karena dapat menyebabkan kerusakan ginjal hingga kematian.

Melihat realitas tersebut, Dwi Wahyuningrum (D3 Teknologi Hasil Pertanian 2017), Irfina Widya Istiqomah (Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian 2017), dan Arifah Eviyanti (D3 Agribisnis) yang merupakan mahasiswi dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo ini membuat inovasi pengenyal adonan pengganti bleng.

Bahan baku yang digunakan adalah bagian dalam kulit jeruk pamelo yang bertekstur seperti gabus (albedo). Bagan ini kemudian dikeringkan dan diekstrak dengan menggunakan pelarut Asam Sitrat sebanyak lima persen. Kemudian dicuci dengan Etanol 70 persen dan 96 persen.

Senyawa pektin yang terdapat didalamnya dapat digunakan sebagai pengenyal kerupuk. Pektin adalah senyawa karbohidrat kompleks yang terdapat pada dinding sel tumbuhan yang sifatnya dapat menyerap air sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengental seperti bleng. Jeruk pamelo atau disebut juga bali merah, didapat dari Magetan, yang memang sudah dikenal sebagai produk unggulan kota tersebut.

Penggunaan pektin kulit jeruk pamelo selain lebih aman, biaya yang dikeluarkan bisa bersaing dengan produk kerupuk dengan bleng. Karena bahan bakunya berasal dari pemanfaatan limbah yang belum termanfaatkan, itu dapat menekan biaya produksi. Tekstur yang didapat pun sama dengan kerupuk gendar biasanya, dan dapat bertahan hingga 2 bulan dengan penyimpanan yang baik

 

("Inovasi Pengenyal Adonan Pengganti Bleng untuk Kerupuk Gendar" - jawapos.com)

  • Martabak Encek, Kuliner Bogor Yang Legendaris

    Kedai martabak memang banyak dimana-mana, namun tidak banyak yang bertahan cukup lama. Salah satu contohnya adalah Martabak Encek, yang tergolong kuliner legendaris, karena tetap eksis sejak membuka usahanya pada puluhan tahun yang lalu. Martabak Encek atau yang dikenal juga dengan nama dengan Martabak Bangka ini, sudah ada sejak tahun 1975 dan terus melayani para pembelinya hingga saat ini.

Cara Melanjutkan Bisnis Kuliner Yang Berasal Dari Warisan Keluarga

Warisan berasal dari bahasa Arab Al-miirats, bentuk masdar dari kata waritsa- yaritsu- irtsan-…

Mengolah Daging Sapi Yang Benar Itu Jangan Dicuci Dahulu Jika Tidak Langsung Dimasak

Cara mengolah daging sapi memang sangat beragam, mulai dari pemilihan daging sapi, pembersihan…

Kopdar dan Kongkow Komunitas Otomotif Lebih Nyaman di Kedai Kopi

Sebagai anak komunitas otomotif, pastinya anda pernah berpikiran untuk bisa kongkow-kongkow asik…

Lebih Enak Rambak Kulit Kerbau Atau Kulit Sapi?

Kerupuk kulit atau biasa disebut kerupuk rambak adalah pendamping makan yang terbuat dari limbah…
Enjoying Exotism of the Island of Gods and Eat with the King of Jungle

Bali Adventure – Enjoying Exotism of the Island of Gods and Eat with the “King of Jungle”

Bali Island is very famous for its exotism and natural beauty. It is the place where traditions, cultures, and modernity blend perfectly. The island offers visitors a thrilling adventure and there are many tourist destinations options to visit. Not only that but visiting Bali will provide you opportunities to look closer at the island’s wildlife. You can even eat in a restaurant with a companion of wild animals like a lion. Sounds fantastic? Yep, and Wana Bali Zoo Restaurant will make it…