Loading...

Lemang Bakar Rp35.000* Per Bambu

Open P.O lagi

LEMANG BAMBU BAKAR, Bisa pesan buat Lebaran Haji

Rp 35.000/bambu, Tinggi bambu 65cm

GRATIS ONGKIR

Japri 081284152975

 

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

 

--------------

 

Salah satu kekayaan tradisi kuliner di Indonesia yang banyak muncul saat Ramadan adalah lemang ketan. Makanan ini biasanya disajikan sebagai salah satu hidangan untuk berbuka puasa. Bahan-bahan pembuatan lemang sebenarnya sederhana saja, campuran beras ketan dan santan yang kemudian dimasak lewat proses pengasapan dalam batang bambu.

Lemang populer di berbagai daerah di Indonesia, seperti di Sumatera Barat yang dimakan dengan tape ketan. Beberapa daerah lain di Sumatera yang sering disebut sebagai tempat asal lemang yaitu Sumatera Utara dan Bengkulu.

Sulawesi Selatan juga menganggap lemang sebagai salah satu makanan khas di daerah tersebut dengan nama "lammanga". Di kalangan masyarakat keturunan Melayu dan Dayak di Kalimantan Barat dan Tengah, juga terdapat lemang yang dimakan dengan hidangan bercitarasa asin.

Proses pembuatan lemang tersebut terlihat gampang namun sulit dikerjakan. Karena proses pembuatan lemang tidak semata-mata membakar beras ketan. Namun terdapat beberapa tahapan dan proses agar lemang terasa lembut dan gurih. Bambu yang digunakan merupakan bambu pilihan, dimana bambu tersebut tidak boleh terlalu tebal tujuannya agar proses memasak lemang tidak memakan waktu yang begitu lama dan matangnya merata.

Pertama bambu di potong seukuran satu ruas bambu dengan panjang antara 30-40 centimeter. Selanjutnya bagian dalam bambu dibersihkan dengan menggunakan kain. Setelah bambu bersih setiap sisi dibagian dalam bambu diberi daun pisang. Setelah daun pisang terpasang degan rapi didalam bambu dimasukkan beras ketan dan disiram dengan santan kelapa.

Selanjutnya bambu-bambu yang telah berisi beras ketan dan disiram santan kelapa diletakkan di tungku yang dirangkai khusus untuk dibakar. Api yang digunakan untuk membakar kue lemang tersebut tidak boleh terlalu besar dan tidak boleh terlalu kecil. Selama proses pembakaran, posisi bambu harus terus di ubah agar ketan yang ada didalamnya masak merata.

Setalah ketan masak dengan ciri-ciri ketan yang berda di dalam bambu telah terlihat dari luar dan menggelegak, maka api dapat dipadamkan dan kue ketan harus didinginkan terlebih dahulu sebelum di angkat.

Proses pendinginan memakan waktu sekitar satu jam, dari awal proses pembuatan lemang sampai dengan proses pendinginan memakan waktu sekitar 2,5 sampai dengan 3 jam.

(pikiranrakyat.com)

 

 

  • Martabak Encek, Kuliner Bogor Yang Legendaris

    Kedai martabak memang banyak dimana-mana, namun tidak banyak yang bertahan cukup lama. Salah satu contohnya adalah Martabak Encek, yang tergolong kuliner legendaris, karena tetap eksis sejak membuka usahanya pada puluhan tahun yang lalu. Martabak Encek atau yang dikenal juga dengan nama dengan Martabak Bangka ini, sudah ada sejak tahun 1975 dan terus melayani para pembelinya hingga saat ini.

Cara Melanjutkan Bisnis Kuliner Yang Berasal Dari Warisan Keluarga

Warisan berasal dari bahasa Arab Al-miirats, bentuk masdar dari kata waritsa- yaritsu- irtsan-…

Mengolah Daging Sapi Yang Benar Itu Jangan Dicuci Dahulu Jika Tidak Langsung Dimasak

Cara mengolah daging sapi memang sangat beragam, mulai dari pemilihan daging sapi, pembersihan…

Kopdar dan Kongkow Komunitas Otomotif Lebih Nyaman di Kedai Kopi

Sebagai anak komunitas otomotif, pastinya anda pernah berpikiran untuk bisa kongkow-kongkow asik…

Lebih Enak Rambak Kulit Kerbau Atau Kulit Sapi?

Kerupuk kulit atau biasa disebut kerupuk rambak adalah pendamping makan yang terbuat dari limbah…
Enjoying Exotism of the Island of Gods and Eat with the King of Jungle

Bali Adventure – Enjoying Exotism of the Island of Gods and Eat with the “King of Jungle”

Bali Island is very famous for its exotism and natural beauty. It is the place where traditions, cultures, and modernity blend perfectly. The island offers visitors a thrilling adventure and there are many tourist destinations options to visit. Not only that but visiting Bali will provide you opportunities to look closer at the island’s wildlife. You can even eat in a restaurant with a companion of wild animals like a lion. Sounds fantastic? Yep, and Wana Bali Zoo Restaurant will make it…