Loading...

Nasi Tutug Oncom Bakar Rp5.000* Per Porsi

Siapa tau aja ada yang lagi ngidam nasi tutug oncom nya siap di PO y kirim2 dan cod, g bakal nyesel deh soal rasa pasti ketagihan.

Info order 085831782429

*Harga dapat berubah sewakatu-waktu

 

----------------

 

Masakan Nasi Tutug Oncom merupakan salah satu kuliner indonesia khas Jawa Barat berupa nasi hangat dicampur dengan oncom bakar, disajikan dengan sedikit bawang goreng, irisan telur dadar, sambal terasi, lalapan, serta ikan asin goreng.

Sejarah masakan khas dari Tasikmalaya ini masih gelap, padahal sudah ada jaman dulu dan menjadi makanan wajib bagi orang Sunda sejak zaman dahulu. Namun menurut Pupuhu Caraka Sundanologi Bandung Adang S, sejak 1940-an nasi tutug oncom sudah disajikan sebagai teman sarapan. Awalnya, kata Adang, oncom tersebut hanya dibakar dan ditambah garam, tanpa diberi bumbu macam-macam.

Selanjutnya, oncom bakar tersebut lalu dijadikan teman makan nasi. Disajikan dengan teh tanpa gula, oncom bakar biasanya dimakan pada pagi hari sebagai teman sarapan. Adang mengungkapkan, orang Sunda jaman dulu, meski punya peliharaan ayam atau ikan, tidak pernah makan hewan peliharaan tersebut. Hewan-hewan tersebut baru dipotong saat Lebaran tiba. (bisnis.com)

 

Ketan Susu Jande Nusantara, Bukan Olahan Ketan Biasa

Beras putih telah menjadi makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Padahal masih banyak jenis beras lainnya, contohnya adalah beras ketan yang bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan. Salah satunya adalah ketan susu (tansu). Tansu sudah ada sejak dulu sebagai jajanan tradisional yang populer di Kota Malang, Jawa Tumur.