TRANSLATE

Bubur Ayam Tasik "Incu Kalektor" Gang Mesjid Cilendek Timur

Pagi ini melipir daerah gang masjid Cilendek timur. Icip-icip Bubur Ayam Tasik "Incu Kalektor" yang posisinya diantara RedDoorz dan AlfaMart. Sajian khas Tasik dengan buburnya yang gurih ditambah topping suiran Ayam, cakwe, daun bawang dan tambahan ati ampela serta telur rebus untuk menu komplit. Sepertinya ada krez krez asin caipo / tongcai namun tidak banyak. Saya sengaja tidak menanyakan dan minta tambah, karena akan balik lagi dengan minta topping caiponya lebih berlimpah (pengalaman kuliner Muhammad Ichwan Basir).

Bubur Ayam Tasik Incu Kalektor Gang Mesjiid Cilendek Timur Bogor 2Bubur ayam adalah salah satu jenis bubur nasi, dibuat dari beras yang dimasak dengan air yang banyak sehingga memiliki tekstur yang lembut dan berair. Bubur ayam biasanya disajikan dalam suhu panas atau hangat dengan irisan daging ayam dengan beberapa bumbu, seperti kecap asin dan kecap manis, merica, garam, dan kadang-kadang diberi kaldu ayam.

Dilengkapi juga dengan taburan daun bawang cincang, bawang goreng, seledri, tongcai (sayur asin), kacang tanah goreng, cakwe, dan kerupuk. Bubur ayam cocok bagi mereka yang kurang menyukai masakan Indonesia yang pedas, karena bubur umumnya tidak pedas; sambal atau saus cabe disajikan secara terpisah.

Bubur ayam kerap menjadi pilihan makanan untuk sarapan, tetapi bubur ayam sebenarnya dapat dimakan kapan saja. Selain sarapan, bubur ayam kerap menjadi pilihan hidangan hangat di tengah malam. Karena teksturnya yang lembut, disajikan hangat-hangat, serta memiliki kandungan gizi yang cukup baik, bubur ayam kerap dijadikan makanan bayi, anak-anak, atau orang sakit yang tengah dirawat untuk pemulihan.

Banyak jenis dan variasi bubur ayam yang ada, tetapi resep paling lazim adalah bubur ayam yang disajikan dengan potongan atau suwiran daging ayam, seledri, ditambah irisan cakwe sebagai pelengkap, lalu diberi kerupuk di atasnya. Kecap asin, kecap manis dan merica menjadi penambah cita rasa yang tak bisa dipisahkan dari makanan yang banyak digemari.

Seledri dan tongcai (sayuran yang diasinkan biasanya terbuat dari lobak) juga bisa ditambahkan untuk mempercantik tampilan dan rasa. Selain itu, bubur ayam dilengkapi pula dengan sate jeroan ayam seperti hati, empela, usus dan telur.

Bubur ayam lazim dijumpai di Indonesia, mulai dari dimasak sendiri di rumah, dijajakan di gerobak pedagang keliling, atau dihidangkan di rumah makan.

Dengan banyaknya orang yang menyukai masakan ini, para pembuat atau pedagang bubur ayam biasanya memiliki ide atau kreasi sendiri, misalnya Bubur Ayam Sukabumi biasanya menambahkan telur ayam kampung mentah yang ditimbun dalam bubur panas hingga termasak setengah matang.

Bubur Ayam Tegal yang menyajikan kuah bumbu kuning yang khas layaknya masakan dari daerah Tegal. Sate usus, hati dan ampela ayam biasanya ditambahkan sebagai hidangan tambahan bubur ayam. Bubur ayam adalah hidangan yang dapat kita tambahkan makanan lain ke dalamnya sesuai selera kita.

Bubur ayam juga menjadi kuliner favorit di Kota Tasikmalaya. Pedagangnya tersebar di banyak tempat di kota ini, mulai dari kelas kaki lima hingga rumah makan.

Satu yang paling terkenal dan legendaris adalah bubur ayam H. Zenal di Jalan Kalektoran Kota Tasikmalaya. Berdiri sejak tahun 1969, bubur ayam racikan H. Zaenal punya keistimewaan. Tekstur buburnya tidak terlalu kental dengan topping melimpah ruah berupa suwiran ayam kampung, ati ayam, cakwe, dan daun bawang.

Keseluruhan topping kabarnya mengisi 45% mangkuk, itu sebabnya harga seporsi bubur ayam H. Zaenal relatif lebih tinggi dibanding bubur di tempat lain. H. Zaenal pertama kali menjajakan buburnya di gerobak keliling pada tahun 1961-1968. Banyak warga menyukai bubur ayam buatannya hingga mendatangi rumah H. Zaenal bila mereka tidak mendapatkannya.

hal tersebut membuat H. Zaenal memutuskan untuk membuka warung bubur ayam sendiri di rumah. Sejak saat itu usahanya terus berkembang dan kini warungnya dikelola sang anak. Buka mulai pukul 6 pagi, warung ini tak pernah sepi membeli. Kalau sedang ramai, pengunjung harus kecewa kehabisan bubur meski waktu baru menunjukkan pukul 12 siang.


Cumi Bakar Bang Arel Ciomas

Icip-icip "Cumi Bakar Bang Arel" yang berlokasi di Ciomas tepatnya didepan Ruko Pizza Hut dan Yomart. Sate cumi kecil 5K dan Cumi Besar 15 K, ada yang pakai bakso. Setelah cumi dibakar dicelup dengan…

Makan Penis Kambing Bisa Bikin Kejantanan Pria Meningkat?

Hingga kini belum terdapat bukti klinis yang membuktikan kaitan antara konsumsi penis kambing dan seksualitas. Padahal, seringkali beredar rumor yang menyatakan bahwa konsumsi testis ataupun bahkan…

Resep dan Cara Membuat Kue Kontol Kambing Khas Malang

Bahan-bahan untuk membuat kontol kambing: 250 g kacang tolo (rendam semalaman kemudian cuci bersih), 3 sdm gula pasir, garam secukupnya.

Mie Ayam Yamin Bangkalan Jalan Mawar

Setelah penasaran sekian lama akhirnya bisa mencicipi mie ayam ini yang sempat viral du Bogor . Jenis mie ayam yamin yang tidak dipakai kan kecap manis. Harga 1 porsi mie ayam original 14ribu.…

Pempek Hendri K. Jalan KS Tubun

Nyobain pempek Hendri K., rekomendasi admin mba indah, yg berlokasi d depan alfamart jalan ks tubun pas tanjakan mau ke arah pandu raya d seberang mall jambu 2. Benar rekomended. Dan bagi yang kurang…

Bakso Mas Joko Pandu Raya Bogor

Nyobain bakso yg konon katanya bakso terenak ngalahin bakso reog. Bakso Mas Joko di jalan Pandu Raya. Bakso dagingnya juicy. Cuma agak berminyak pas dbelah baksonya. Seporsi bakso harga 20rb. Ada…

Shawarma Gang Sebelah SD Empang Seberang BTM

Masih edisi Bogor gerimis. Lepas beli pancong di gang sebelah SD Empang seberang BTM. Ada kudapan yang menggoda. Shawarma dan Kebab dengan kentang, salada dan pilihan topping daging Ayam , sapi atau…

Kwetiau Sapi Pontianak Ameng, Jalan Pandawa Bogor

Akhirnya kesampaian juga nyobain kwetiau sapi pontianak Ameng yang di jalan Pandawa Bantarjati, seberang jambu 2. Ternyata rasanya sesuai ekspektasi. Pesan kwetiau goreng sapi, porsinya banyak dan…

Pondok Pecel Madiun Tajur

Nemu restoran pecel di Tajur, Pondok Pecel Madiun. Katanya dulu di TMII dari th 88 tapi sekarang pindah ke Bogor. Buat pencinta masakan Jawa, boleh juga nih. Kami pesan Nasi Pecel Madiun, Lontong…

Tutut Kedai D'Opow Depan Ruko Pizza Hut Ciomas

Setelah pencarian panjang eh malah ketemu didekat Rumah. Saat balik dari kantor melintas depan ruko Pizza Hut Ciomas terlihat gerobag Kedai D'Opow yangg menyediakan Tutut dan kerang dengan janji pake…