Loading...

Ikan Mujair Bumbu Pesmol Malabar Ujung

Pesmol adalah Masakan Indonesia yang terbuat dari ikan. Pesmol ikan sering dijumpai di daerah Sunda Jawa Barat karena rasanya yang Gurih, Asam, manis, serta Pedas. Juga memiliki cita rasa tersendiri yang unik dan khas. Pepes ikan Mas duri lunak yang dibuat dengan dibungkus daun pisang dengan rasa gurih yang harum rempah.

Lokasi: Warung Sop Iga Mbak Par

Jl. Malabar Ujung, RT.03/RW.08, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16129

Harga: Rata rata Rp. 10.000/pcs

By: Rachmat Olie

------------------------

Nama "pesmol" hingga saat ini belum ditemukan asal-usulnya. Siapa tahu, mungkin dulu ada Nyonya Belanda yang menyebutnya sebagai visschotel (fish dish) yang karena diucapkan dari mulut ke mulut dengan berbagai logat kemudian menjadi pesmol. Bila diperhatikan sekilas, masakan pesmol sangat mirip dengan masakan yang di Jawa - khususnya Jawa Timur - dikenal sebagai ikan masak acar kuning.

Bedanya, bila di Jawa masakan itu bernuansa asam karena memakai sedikit cuka, dan dihias dengan berbagai sayuran seperti timun dan wortel, pesmol hanya memakai tomat iris di dalamnya. Sekadar informasi, ikan masak acar kuning di Jawa itu di Tatar Sunda disebut sebagai pesmol juga.. Pesmol mencuatkan nuansa gurih dari kemiri yang cukup banyak dipergunakan dalam bumbunya.

Harum kencur dan ketumbar juga merupakan penanda khas lainnya. Hanya dengan satu lauk saja, dijamin membuat nasi sebakul pun bakal tandas. (detik.com)

Gilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per UnitGilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per Unit
Merek Vipoo, bahan pembuatnya merupakan perpaduan alumunium dan Stainless Steel. Ringan namun kuat dan anti Karat. Untuk menggiling atau menghaluskan: daging, kacang, Ikan, Sayur pasta dan bumbu. Baca selengkapnya...